Sukses

Limousine Tiongkok Presiden Xi Jinping di Bali Kental Style Rolls Royce

Otosia.com, Jakarta Presiden Amerika Serikat ke-46 Joe Biden kemarin malam (13/11/2022) mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Setibanya di bandara, ia terlihat menggunakan mobil kenegaraan berupa limousine dengan julukan “The Beast”. Kendaraan mewah yang digunakan Joe Biden mengambil tampang Cadillac CT6.

Sementara spesifikasi detailnya masih misterius, hanya beberapa fitur keamanan yang diketahui. 

Video Terpopuler saat Ini

Kehadiran Presiden China

Setelah Joe Biden, beberapa petinggi negara lainnya juga terlihat sudah mendarat di Bali.

Salah satunya adalah Presiden China Xi Jinping, Pimpinan negara tirai bambu ini menyusul sehari setelah Joe Biden tiba di Bali.

Usai menuruni pesawat Air China yang ditungganginya, Presiden Xi Jinping terlihat memboyong limousine khusus negaranya yang diberi nama Hongqi N701. Limousine yang ditumpangi Xi Jinping terlihat menuju arah keluar bandara, dikawal oleh mobil lain.

Melansir carnewschina.com, Selasa (14/11/2022), limousine ini pertama kali diperkenalkan di Tiongkok pada bulan Juli 2022 lalu.

Desain

Desain N701 cenderung sleek dan discreet, mengusung tampilan serba mewah. Fascia depan didominasi oleh grill bergaris vertikal yang besar, menyambung ke lampu depan pipih. Bagian bawah bumper terlihat aksen krom memanjang.

Sisi samping melanjutkan nuansa premiumnya dengan banyak warna krom, termasuk pelek bawaannya. Sektor ini juga menunjukkan bahwa N701 mempunyai bagian penumpang belakang lebih panjang dan besar.

Penggunaan warna krom juga diteruskan ke sektor buritan, mencakup lampu belakang dan bumper. Beberapa detail tampilan lainnya termasuk sepasang knalpot menyerupai bentuk trapresium dan antena sirip hiu di atapnya.

Desain Familiar

Desain serba premium ini sekilas terlihat merupakan hasil dari campuran berbagai mobil premium lainnya, seperti Toyota Century, Mercedes-Benz dan Rolls-Royce. Khusus merek yang ketiga bisa menjadi alasan kenapa Hongqi N701 cukup terlihat familiar sebagai mobil premium.

Aroma mobil Eropa begitu kental pada mobil Xi Jinping karena sang desainer berasal dari Inggris. Mengutip situs faw.com, Giles Taylor, mantan desainer Rolls Royce, sejak bulan September 2018 telah menjadi Global Vice President of Design and Chief Creative Officer (CCO) untuk brand Hongqi milik FAW di Tiongkok.

Beberapa desain mewahnya tercerminkan pada produk Hongqi saat ini, mulai dari sedan Hongqi H9 hingga SUV elektrik Hongqi E-HS9.

Spesifikasi Misterius

Sama seperti “The Beast” milik Amerika Serikat, spesifikasi Hongqi N701 masih belum banyak terungkap. Bahkan beberapa spekulasi terhadap spesifikasi mobil ini terbilang minim di internet.

Situs Car News China memprediksi mobil ini dibenamkan mesin V12 atau V8 yang bertenaga di dalam kap mesinnya. Sebagai patokan, SUV Hongqi LS7 mengusung mesin 4.000cc V8 turbo dengan output 360 hp dan torsi 550 Nm.

Beberapa spekulasi lainnya adalah bodi dan kaca anti peluru untuk melindungi penumpang di dalamnya.

Yang menarik nama “N701” berupa kode sebutan untuk mobil ini, bukan nama resminya. Hongqi juga dikabarkan cuma memproduksi N701 sebanyak 50 unit untuk 10 tahun kedepan.

Loading