Sukses

Toyota Innova Hybrid Kabarnya Luncur Pekan Depan, Intip Bocoran Spesifikasinya

Otosia.com, Jakarta Setelah remi meluncurkan bZ4X, PT Toyota Astra Motor (TAM) berencana meluncurkan lagi satu mobil baru dengan basis elektrik pada pekan depan.

Mobil yang bakal diluncurkan nanti diduga kuat sebagai Toyota Kijang Innova Hybrid yang selama ini disamarkan kemunculannya. Kehadiran MPV tersebut akan berlangsung pada hari Senin tanggal 21 November 2022 mendatang.

“Melalui surat ini, PT. Toyota-Astra Motor mengundang rekan-rekan media untuk menghadiri acara Global Premiere of The New Toyota Electrified Vehicle yang akan dilaksanakan pada Senin, 21 November 2022,” tulis undangan resmi yang diterima Otosia.com, Senin (14/11/2022).

Video Terpopuler saat Ini

 

Bocoran Spesifikasi

Meski Toyota Innova hybrid terciduk dengan kamuflase, beberapa bocoran spesifikasinya telah tersebar di internet.

Informasi yang beredar di dunia maya, Innova akan mengandalkan mesin baru berteknologi hybrid. Mesin baru ini digunakan untuk menekan emisi, sekaligus meningkatkan efisiensi. Varian hybrid ini juga dikabarkan akan menggantikan pilihan mesin 2.400cc diesel yang digunakan saat ini.

Spesifikasi mesin hybrid masih menjadi teka-teki. Namun berbagai situs di luar negeri memprediksi bahwa mesin baru ini berkapastias 2.000cc bensin.

Mesin Paling Mendekati

Spesifikasi paling mendekati adalah mesin M20A-FKS yang digunakan pada Toyota Voxy terbaru di Indonesia. Mesin itu menghasilkan tenaga 170 PS di 6.600 rpm dan torsi puncak 202 Nm pada 4.800 rpm.

Sedangkan varian hybrid dari mesin ini berkode M20A-FXS dan hanya ditemukan pada Toyota Corolla Hybrid, Toyota Corolla Cross Hybrid dan Toyota C-HR Hybrid di Eropa.

Untuk Corolla Cross Hybrid, spesifikasi jantung pacunya bergantung pada sistem penggerak roda. Penggerak roda depan (FWD) menghasilkan output 178 PS dengan torsi 202 Nm, sedangkan varian penggerak empat roda (4WD) menyemburkan tenaga 152 PS dan torsi puncak 190 Nm.

Sasis TNGA

Penggunaan mesin hybrid juga berkaitan dengan platform baru yang digunakan. Toyota Kijang Innova generasi anyar akan mengusung sasis Toyota New Global Architecture (TNGA) yang lebih ideal untuk ditanamkan pada model hybrid atau listrik.

Lebih tepatnya sasis TNGA-C yang digunakan pada lini produk Toyota Corolla saat ini. Dengan demikian sasis MPV ini sudah tidak lagi body on frame, melainkan menjadi monocoque dengan penggerak roda depan (FWD).

Model Toyota dengan platform TNGA sudah banyak dijual di Indonesia saat ini, mulai dari Corolla Altis, Corolla Cross, CH-R, Camry, All New Voxy, GR Yaris, hingga All New Land Cruiser 300.

 

Panoramic Sunroof

Salah satu fitur kenyamanan yang dipastikan hadir adalah panoramic sunroof. Bagian ini terlihat dari teaser terbaru yang diunggah pada situs resmi toyota.astra.co.id.

Bagian dalam Innova hybrid terlihat terbuka melalui kaca besar di bagian atap. Sementara di sisi samping panoramic sunroof, Toyota juga menyematkan sepasang ambient lighting untuk meningkatkan nuansa premium.

Dari deretan produk Toyota di Indonesia saat ini, hanya Toyota Alphard dan Vellfire yang mempunyai panoramic sunroof. Sebelumnya Toyota Voxy sempat mendapatkan fitur ini, namun menghilang pada saat model terbarunya debut bulan Februari lalu.

Loading