Sukses

Ini Deretan Mobil yang Dinaiki Para Kepala Negara di KTT G20

Otosia.com, Jakarta Pada gelaran Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, sejumlah kepala negara terlihat menaiki kendaraan khusus yang didatangkan dari negaranya. Padahal Indonesia sebagai tuan rumah sudah menyediakan mobil mewah sebagai sarana transportasi para tamu VVIP.

Kepala negara yang membawa mobil sendiri seperti Presiden Amerika Serikat Joe Biden dengan limousine “The Beast”. Sementara Presiden China Xi Jinping juga terlihat menggunakan limousine khusus Hongqi N701.

Selain kedua presiden tersebut, ternyata beberapa tamu lainnya juga ditemukan menggunakan kendaraan sendiri.

Berikut daftarnya:

Video Terpopuler saat Ini

 

 

 

 

 

1. Audi A8L Security

Pertama adalah Audi A8L Security. Sedan premium asal Jerman ini digunakan oleh Presiden Uni Emirat Arab Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan saat ia hadir di Indonesia.

Mobil ini tergolong spesial dibanding Audi A8 biasa. Selain mempunyai wheelbase lebih panjang, Audi A8L Security dilengkapi kaca anti peluru, mempunyai sistem pemadam api di berbagai tempat, ban run flat tire khusus, dan bahkan sistem sirkulasi udara.

Jantung pacunya berasal dari Audi S8. Artinya sedan ini dibenamkan mesin 4.000cc twin turbo dengan semburan tenaga 563 hp dan torsi 800 Nm. Dengan segala tambahan fitur, sedan ini tercatat mempunyai berat 3.875 kg.

2. Mercedes-Benz Maybach S600 Guard

Kedua adalah Mercedes-Benz Maybach S600 Guard. Sedan premium ini digunakan oleh Presiden Turki Recep Tayip Erdogan selama KTT G20 berlangsung.

Sama seperti Audi A8L Security, Mercedes-Benz Maybach S600 Guard mendapatkan banyak ubahan. Sebagai contoh mobil ini sudah tahan peluru dan ledakan, serta interior yang lebih mewah dan eksklusif.

Mobil ini dipersenjatai mesin 6.000cc V12 dengan semburan tenaga 523 hp dan torsi puncak sebesar 830 Nm. Bobot mobil ini dikabarkan mencapai 5.6 ton, namun masih sanggup berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 7.9 detik.

3. Toyota Land Cruiser 200

Berikutnya adalah Toyota Land Cruiser J200 GX-R. Mobil ini digunakan oleh Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan Perdana Menteri Inggris Raya Rishi Sunak saat tiba di Bali.

Toyota Land Cruiser 200 GX-R banyak digunakan sebagai mobil VIP. Sebagai contoh, situs armoredlandcruiser.com menjelaskan berbagai perubahannya, seperti kaca dan bodi anti peluru, bagian pintu dan pilar mobil dibuat lebih kuat, dan berbagai sistem keamanan lainnya.

Toyota Land Cruiser ini mengusung mesin 5.700cc V8 naturally aspirated. Secara standar dapur pacunya menghasilkan output 381 hp dan torsi 543 Nm.

4. Mercedes-Benz G-Class

Sama seperti Kepala Negara Turki, Presiden Prancis Emmanuel Macron juga terlihat menggunakan mobil Mercedes-Benz di KTT G20. Namun mobil pilihannya bukan sedan mewah, melainkan SUV premium bergaya retro Mercedes-Benz G-Class.

Mobil dengan nama populer “Geländewagen” ini bukan sekadar G-Class biasa, namun versi khusus bernama "G-Guard". Mobil ini mendapatkan beragam perubahan untuk membuatnya lebih aman dan tangguh, termasuk bodi anti peluru. Alhasil bobot G-Class ini naik dari 2.4 ton menjadi sekitar 3.57 ton hingga 3.97 ton.

Mercedes-Benz G-Class G-Guard mengambil basis dari G500 standar. Versi ini dilengkapi mesin 5.500cc V8 dengan semburan tenaga 388 hp dan torsi 530 Nm. Mercedes-Benz mengklaim segala perubahan pada mobil ini masih mempertahankan kemampuan off-road yang mumpuni, sekaligus bisa mencapai kecapatan maksimal 160 km/jam.

5. Genesis Electrified G80

Terakhir adalah Genesis Electrified G80 yang disediakan oleh tuan rumah Indonesia. Beberapa petinggi negara terpantau menggunakan mobil listrik ini, mulai dari Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni, Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen hingga Menteri Luar Negeri Brasil Carlos Alberto Franco Franca.

Bekerjasama dengan Hyundai Motor Group, secara total ada 128 unit Genesis G80 Electrified disediakan. Sebanyak 44 unit adalah versi standard base, sedangkan 84 unit sisanya merupakan varian long wheel base.

Sedan premium ini dibekali sepasang motor listrik dengan total tenaga sebesar 364 hp dan torsi 700 Nm. Seluruh tenaga disalurkan ke setiap roda (AWD) dengan klaim jarak tempuh sejauh 520 km melalui baterai bawaan berkapasitas 87.2 kWh.

Loading