Sukses

Isu Dicaplok Indomobil, Jerman Sertifikasi 6 Bengkel Body & Paint Mercedes-Benz

Otosia.com, Jakarta PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) meresmikan sekaligus melakukan program sertifikasi bengkel Body & Paint. Sertifikasi ini dilakukan langsung oleh staf ahli Mercedes-Benz AG, Jerman yaitu Michael Voigtmann, Technical Consultant Body & Paint Mercedes-Benz AG.

“Kami telah menjalankan program ini sejak tahun 2016 dan kami terus memastikan bahwa semua pusat Body & Paint bersertifikat dapat bekerja sesuai dengan standar keselamatan dan kualitas pabrikan Mercedes-Benz. Tahun ini, kami telah menambah dua bengkel Body & Paint dan harapan kami kedepannya akan tersedia semakin banyak bengkel Body & Paint bersertifikasi di Indonesia,” ujar Choi Duk Jun, President Director PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia. 

 

 

 

Video Terpopuler saat Ini

Diagnosa Kerusakan

Program sertifikasi ini merupakan program global yang disusun secara khusus untuk dapat diterapkan di seluruh jaringan bengkel Body & Paint Mercedes-Benz. Hal tersebut meliputi proses perbaikan, kualifikasi teknisi, standar peralatan, material perbaikan yang dibutuhkan dan hingga proses dokumentasi dan administrasi.

Sebelum melakukan perbaikan, Body & Paint Consultant akan melakukan diagnosa kerusakan dan menginformasikan perbaikan yang dibutuhkan secara menyeluruh kepada pemilik kendaraan. Estimasi biaya perbaikan menggunakan sistem Audatex yang independen dan dapat memberikan biaya perbaikan secara transparan.

Departemen body melanjutkan pekerjaan dengan upaya mengembalikan bentuk part kembali utuh seperti sediakala, hal ini sangat membutuhkan keahlian khusus dan juga peralatan dengan teknologi terkini, serta kemudian dilanjutkan oleh departemen paint untuk melakukan proses pengecatan yang bertujuan mengembalikan warna original kendaraan tersebut, bersama dengan mitra penyedia cat premium pilihan yang disetujui oleh Mercedes-Benz AG.

Teknologi Cat

Teknologi cat premium yang digunakan adalah teknologi terkini dengan bahan dasar air (Waterborned), dan cat pelapis akhir (clear coat) dengan formulasi khusus yang tahan terhadap goresan. Pada akhirnya seluruh pekerjaan diperiksa secara seksama sebelum diserahkan kepada pemilik kendaraan.

Bengkel Body & Paint tersertifikasi juga dilengkapi dengan layanan antar jemput kendaraan sesuai dengan kebutuhan pelanggan, layanan 24h Roadside assistance pada hotline 1-5000-50, kerja sama dengan asuransi ternama sehingga pelanggan tidak perlu repot dalam urusan administrasi klaim asuransinya, serta dilengkapi dengan 2 tahun garansi terhadap hasil pekerjaan

“Berbekal program sertifikasi bengkel Body & Paint dan dukungan penuh dari Mercedes-Benz AG, kami yakin dapat memberikan ketenangan dan kenyamanan kepada para pelanggan setia Mercedes-Benz, hal ini dilakukan sebagai upaya kami untuk memastikan bahwa kendaraan Mercedes-Benz tetap memiliki nilai maksimal sebelum atau pun sesudah perbaikan dilakukan,” kata Brea Adi Sarsa, Deputy Director of Customer Services PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia.

Adapun 6 bengkel Body & Paint yang telah tersertifikasi dengan standar Mercedes-Benz di Indonesia:, yakni  PT Panji Rama Otomotif, Jl. Boulevard Utara Commercial de Park, Lot 2 No. 16, BSD City, PT Cakrawala Automotive Rabhasa, Jl. Denpasar Raya Blok D-2, Kav. 12, Karet Kuningan, Setiabudi, PT Dipo Angkasa Motor, Jl. Pluit Selatan No. 1 C, Penjaringan, PT Citrakarya Pranata, Jl. Soekarno-Hatta Km. 6 No. 727, PT Mercindo Autorama, Jl. Mampang Prapatan No. 69-70, dan PT Suri Motor Indonesia, Jl. T.B. Simatupang Kav. 5, Cilandak Barat.

 

Diambil alih

Indomobil GroupPT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) dikabarkan akan diambil alih oleh Indomobil Group sebagai distributor mobil Mercedes-Benz di Indonesia. Padahal agen pemegang merek (APM) ini baru saja memperkenalkan Maybach GLS dan S-Class sebagai produk terbarunya.

Peralihan ini berpotensi memberikan pengaruh terhadap harga jual Mercedes-Benz bekas. Sampai saat ini, mayoritas mobil Mercedes-Benz di Indonesia dibuat di pabrik perakitan di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat.

President Director MBDI Choi Duk Jun, sampai saat ini belum memberikan jawaban ats isu akusisi oleh Indomobil

Pabrik Perakitan

Mengutip liputan6.com, Mercedes-Benz sendiri di pasar otomotif nasional tidak hanya menjual mobil. Brand ini juga memiliki pabrik perakitan di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat yang digunakan untuk membuat berbagai macam model mewah di pasar Indonesia.

Jika nantinya MBDI benar dibeli oleh Indomobil, apakah fasilitas perakitan ini juga akan diambil alih atau memang sebatas bisnis penjualan saja yang berubah perusahaan, dan dipegang oleh Indomobil.

Sebagai informasi, Indomobil sendiri bukan pemain baru di industri otomotif nasional. Beberapa merek juga ada di bawah bendera Indomobil ini, seperti Nissan, Suzuki, Hino, dan juga Kia.

Sedangkan untuk merek mobil premium sendiri, Indomobil baru mengambil Jaguar Land Rover dan Citroen. Sementara di roda dua, Indomobil juga mengambil alih Harley-Davidson yang akan dilakukan mulai 2023.

Loading