Sukses

Detik-detik Seorang Wanita Terobos Iring-iringan Mobil Jokowi, Ketahui Tugas-tugas Paspampres

Otosia.com, Jakarta Kejadian yang cukup menghebohkan dialami oleh Presiden Jokowi saat melakukan perjalanan di Bali. Tanpa diduga ada seorang wanita yang menerobos paspampres dan langsung mendekati mobilnya.

Video yang memerlihatkan kejadian ini diunggah oleh akun Instagram @andreli_48 pada Kamis (17/11/2022). "Ini perempuan siapa sih?," tulis akun tersebut.

Wanita berambut panjang itu terlihat bersalaman dan menarik tangan Jokowi. Seketika paspampres langsung bereaksi mengadangnya.

Video Terpopuler saat Ini

Paspampres Bertindak

Sayang tarikan wanita itu cukup kuat hingga paspampres cukup kesulitan. Meski tubuhnya ditarik berulang kali tangan wanita tersebut tak kunjung melepaskan Jokowi.

Tak lama ada anggota lain yang datang dan langsung melepaskan tangan wanita itu. Setelah terlepas wanita itu langsung berjalan ke pinggir jalan raya.

Aksi ini sebenarnya membuat seorang pria ingin ikut-ikutan bersalaman dengan Jokowi. Hanya saja paspampres bisa bertindak cepat dengan mengadangnya.

Bersalaman

Sementara itu, melalui akun Instagram pribadinya @pramonoanungw pada Kamis (17/11/2022), Sekretaris Kabinet Pramono Anung menjelaskan secara rinci detik-detik insiden viral tersebut.

Saat kejadian ia satu mobil dengan Jokowi. Kemudian ada wanita berbaju putih yang meminta bersalaman den meminta kaus kepada Presiden Jokowi.

Tindakan paspampres yang menarik tubuh wanita itu pun sempat ditegur Jokowi, diminta untuk tidak berlebihan.

"Presiden meminta kepada paspampres untuk tak berlebihan dan meminta kepada wanita tersebut untuk melepas tangannya," katanya.

Hanya saja karena tak mau melepaskan tangannya, paspampres langsung menarik paksa wanita itu.

Tugas Paspampres

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomo 59 Tahun 2013 pasal 1, paspampres bertugas melaksanakan pengamanan fisik langsung jarak dekat setiap saat kepada Presiden dan Wakil Presiden, Mantan Presiden dan Mantan Wakil Presiden beserta keluarganya serta Tamu Negara setingkat Kepala Negara/Kepala Pemerintahan serta tugas protokoler kenegaraan dalam rangka mendukung tugas pokok TNI.

Dalam pasal 3 disebutkan, pengamanan yang dimaksud meliputi, pengamanan pribadi, instalasi, kegiatan, penyelamatan, makanan, medis, berita, dan pengawalan.

Lebih lanjut, pengamamanan ini dilakukan secara meletak dan terus menerus di manapun presiden berada.

Komentar Netizen

Video viral yang telah disukai lebih dari 1 ribu kali tersebut mendapatkan beragam komentar dari netizen. Banyak dari mereka menyayangkan paspampres kecolongan dalam bertugas.

"Mungkin paspampres bisa contoh pengawalan dengan cara lari mengikuti mobil, sama seperti yg di lakukan Kim jong unch," tulis rzkasoul

"Ko bisa sih ya sampe bisa masuk gitu tangannya Paspampres nya gimana itu kaya kurang cekatan gitu gak gercep takutnya kan bawah Sajam gitu bahaya," jelas imanvrmnsyah

"Sebelum mobil presiden lewat harusnya sudah bisa diantisipasi group di depannya," komentar ismembot

"SOP nya buka nya di dor ya?saya nanya," ungkap hans_do

"Nti paspampres ny salah pgng nti dikira pelecehan. Klo mnrt sya ya paspampres ny kecolongan.bs smpe situ," tulis cicifahda

Video

 
 
 
View this post on Instagram

 

Loading