Sukses

Toyota Innova Zenix Luncur, Varian Diesel Disuntik Mati?

Otosia.com, Jakarta PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan generasi baru Toyota Kijang Innova Zenix, Senin kemarin (21/11/2022). Salah satu MPV andalan Toyota ini mendapatkan perubahan signifikan, terutama dari platform yang digunakan.

Toyota Kijang Innova Zenix dirancang untuk memaksimalkan kenyamanan dan efisiensi berkendara. Dengan demikian MPV ini menggunakan platform baru, mesin yang lebih irit dan tersedia dengan varian hybrid.

Perubahan ini cukup kontras dibanding model sebelumnya yang mengkombinasikan kenyamanan dan daya tahan.

Video Terpopuler saat Ini

 

 

 

 

Varian diesel hilang

Hadirnya mesin hybrid juga menggantikan posisi varian diesel sebagai pilihan premium pada lini produk Innova. Hideki Mizuma, Chief Engineer All New Kijang Innova Zenix, menjelaskan bahwa Innova Zenix terbaru harus mempunyai mesin yang lebih ramah lingkungan.

Menurut dia mesin bensin hybrid yang lebih efisien dengan emisi karbon yang lebih rendah dibandingkan tipe diesel sebelumnya.

“Satu target yang saya bikin adalah menurunkan emisi untuk meningkatkan lingkungan hidup. Oleh karena itu Innova baru ini ada jenis hybrid-nya,” beber Hideki, di sela-sela peluncuran Innova terbaru, Senin (21/11/2022).

Khusus pasar fleet

Bagi yang masih meminang varian diesel, Toyota masih menjual Kijang Innova reborn. Model lawas ini akan tersedia dalam pilihan mesin bensin atau diesel, serta bisa dipinang dengan transmisi manual atau otomatis.

Meski demikian Toyota tidak menjual seluruh line-up dari Innova reborn, melainkan sebatas model termurah Innova G.

Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director TAM, mengatakan bahwa model ini dikhususkan untuk memenuhi permintaan dari pasar fleet yang masih tetap tinggi.

“Khusus konsumen fleet masih membutuhkan model yang lama. Jadi kita masih menjual model yang lama tipe G, baik yang bensin maupun diesel,” tukas Anton.

Spesifikasi Toyota Innova Zenix

Toyota Kijang Innova Zenix mendapatkan perubahan total, baik dari bagian luar mobil hingga teknologi keselamatan yang lebih mumpuni.

Kijang Innova terbaru ini mengusung tampilan serba gagah, layaknya sebuah crossover Toyota terkini. Setiap model Kijang Innova Zenix sudah dilengkapi lampu-lampu LED, serta pilihan pelek dari 16 inci untuk tipe G dan naik menjadi 18 inci untuk varian Q Hybrid.

Lalu bagian interior mobil ini juga menjadi lebih premium melalui beragam fitur barunya, seperti panoramic sunroof, dasbor modern, AC otomatis digital, head unit multifungsi, serta captain seat di baris kedua dengan senderan paha ottoman.

Toyota Kijang Innova Zenix juga mendapatkan peranti keselamatan terkini, termasuk Toyota Safety Sense (TSS) 3.0. Artinya mobil ini sudah dilengkapi fitur seperti Lane Keep Assist, Collision Mitigation Braking System dan Dynamic Radar Cruise Control.

Performa dan harga

All New Toyota Kijang Innova Zenix tersedia dengan dua pilihan mesin. Pertama adalah mesin bensin M20A-FKS yang menghasilkan output sebesar 174 PS dan torsi puncak mencapai 205 Nm.

Opsi mesin berikutnya adalah jeroan hybrid berkode M20A-FXS. Mesin ini dapat menyemburkan tenaga 152 PS dengan torsi 187 Nm. Sedangkan motor listrik bawaannya mempunyai tenaga sebesar 113 PS dan torsi 206 Nm.

Setiap model menggunakan penggerak roda depan (FWD) dengan pilihan transmisi terbatas pada CVT, tanpa adanya pilihan girboks manual.

All New Toyota Kijang Innova Zenix dijual mulai dari Rp 419 juta hingga Rp 611 juta untuk tipe termahal Q Hybrid.

Loading