Sukses

Viral Rombongan Jeep Rubicon Maksa Masuk Bromo, Catut Nama Khofifah hingga Cekcok dengan Petugas

Otosia.com, Jakarta Rombongan mobil mewah Jeep Rubicon memaksa masuk Kawasan Wisata Bromo. Hanya saja jalan menuju ke sana ditutup oleh petugas dan akhirnya terjadi cekcok di antara mereka.

Video yang memerlihatkan kejadian ini diunggah oleh akun TikTok @widiandharmasingg pada Selasa (22/11/2022). "Terjadi Lagi Rombongan Mobil Robicon Memaksa Masuk Bromo dengan dalih ada acara undangan Gubenur," tulis pemilik akun.

Dari video yang diunggah, salah satu pria dari rombongan Rubicon berdiskusi dengan petugas. Ia mengaku mendapatkan undangan tanggal 20 November bersama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawangsa.

Video Terpopuler saat Ini

Acara Tanggal 3 Desember

Padahal menurut petugas acara akan digelar pada tanggal 3 Desember mendatang. Kemudian petugas meminta rombongan Rubicon putar balik karena memang tidak ada acara di Bromo.

Akhirnya pria perwakilan rombongan Rubicon dan petugas Kawasan Bromo cekcok. Beruntung pihak-pihak di sekitarnya memisahkan hingga tak terjadi keributan lebih parah.

"Tanggal 20 sama acaranya Gubernur, makanya kita datang," kata perwakilan Rubicon.

Memang Dilarang Masuk

Kepala Sub Bagian Data, Evaluasi, Pelaporan dan Humas TNBTS, Sarif Hidayat membenarkan kejadian sebagaimana dalam video tersebut. Rombongan tersebut berusaha memasuki kawasan lautan pasir dan sekitarnya.

"Itu kejadian Sabtu, 19 November pukul 13.33 WIB, ada rombongan kendaraan jenis rubicon dan landcruiser mencoba masuk kawasan (laut pasir dan sekitar)... Dan dicegat oleh petugas TNBTS," ungkap Sarif Hidayat, Selasa (22/11) yang dikutip dari Merdeka.com.

Sarif menjelaskan bahwa semua komunitas kendaraan memang dilarang masuk ke Bromo pasca kasus ratusan Pajero masuk ke lautan pasir pada Agustus 2022. Sejak peristiwa itu, TNBTS tidak mengeluarkan Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi (Simaksi).

Dijelaskan oleh Sarif, sebelumnya memang diterbitkan Simaksi dengan sejumlah syarat dan ketentuan yakni tidak lebih dari 20 kendaraan dan 40 orang, serta tidak di waktu-waktu hari libur atau week end.

"Tapi pada perkembangannya di lapangan ada 'kesulitan' bahkan 'konflik', sehingga kemudian kebijakan tersebut kami kaji dan evaluasi kembali," jelasnya.

Sehingga ditegaskan bahwa memang semua kendaraan dilarang memasuki kawasan tersebut.

Tanggapan Pemprov

Menanggapi hal ini, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Pemprov Jatim Ali Kuncoro mengungkapkan tidak ada agenda Gubernur Khofifah di kawasan TNBTS pada tanggal 20 November 2022.

"Terkait video yang viral itu, kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim bahwa tidak ada acara tanggal 20 lalu. Apalagi sampai memaksa menerobos masuk. Memang rencana ada fashion show di Bromo, tetapi dilaksanakan tanggal 3 Desember 2022," katanya di Surabaya, dilansir dari Antara, Selasa (23/11/2022).

Ali menandaskan, selain karena Fashion Show Bromo baru diadakan 3 Desember mendatang, Gubernur Khofifah juga tidak pernah membenarkan perilaku yang tidak mematuhi peraturan.

"Kalaupun memang diundang, arahan dari Ibu Gubernur agar tetap taat peraturan. Kalau tidak boleh pakai mobil pribadi di lautan pasir, ya harus pakai mobil jeep yang telah disediakan. Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Jadi harus menghormati ketetapan selama itu memang benar," ujarnya.

Reaksi Netizen

Video viral yang telah disukai lebih dari 35 ribu kali ini mendapatkan beragam komentar netizen. Banyak dari mereka yang bingung dengan peraturan masuk ke kawasan Bromo.

"kalo penutupan resmi harusnya ada polisi yang bantu jaga biar gak adu argumentasi gitu dunk pak Dinas mungkin seperti itu," tulis oriuntung

"Wisata ora gor bromo jon," jelas Street food dunia

"wes rasido lahh Nang Bromo...di batalne," ungkap Mr barox

"aku aja orang bromo masuk bawa mobil pribadi isek ruwet mau masuk. peraruran ya peraturan bro," komentar achiy bromo

"mau nanya itu sewa hardtop kan uda mahal terus hardtop nya tahun tua kalo sampe ada kecelakaan masuk jurang kira2 ada asuransinya tidak ?," tulis Toys Madness

Video

@widiandharmasingg Terjadi Lagi Rombongan Mobil Robicon Memaksa Masuk Bromo dengan dalih ada acara undangan Gubenur .... #kofifahindarparawansa #kofifah #jatim #bromo #Tengger #fj40 #Hartop #detikcom #pasuruan #bromotenggersemeru #bromo #fyp #fypシ ♬ suara asli - Widian Dharma Singgi

 

Loading