Sukses

Viral Warga Cegat Ambulans Bantuan Gempa Cianjur, Kini Diamankan Polisi dan Minta Maaf

Otosia.com, Jakarta Kejadian miris terjadi saat bencana gempa Cianjur. Bagaimana tidak ada oknum warga yang nekat mengadang laju ambulans, mereka meminta bantuan diturunkan di tempat mereka.

Video yang memerlihatkan insiden ini diunggah oleh akun Twitter @Kangjaill pada Rabu (23/11/2022). "Kita dijegat ya..orang orang ini minta bantuan diturunin disini," tulis akun tersebut.

Padahal ambulans yang dibawa oleh pemilik akun tidak berhenti di tempat tersebut. Mereka hendak mengirim bantuan ke ujung desa dari lokasi kejadian.

"Sementara kita Mau ke ujung ..orang orang ini brentiin semua mobil yang ada tanpa terkecuali ambulan Lokasi tidak jauh dari SMP Terbuka Cigunang Rancagoong. Hati hati buat semua relawan..," tulisnya lagi.

Video Terpopuler saat Ini

Pilih Mundur

Dalam video terlihat ada beberapa pria yang mengadang laju ambulans. Kemudian salah satu dari mereka berbincang dengan sopir dan seketika pemilik akun memutuskan untuk mundur mencari jalan lainnya.

"Kita mundur aja, gak usah kasih bantuan," kata pemilik akun.

Kemudian pemilik akun dan sopir ambulans mencari jalan menuju ke Desa Sarampad Cigunang. Menurutnya, desa tersebut terdampak paling parah dari gempa yang terjadi.

Pelaku Minta Maaf

Setelah video yang memerlihatkan pengadangan ambulans ini viral, pihak kepolisian dari Polres Cianjur langsung bergerak cepat. Pelaku pengadangan berhasil diamankan dan meminta maaf.

"Terimakasih atas gerak cepatnya aparat Kepolisian dari Polres Cianjur ya g langsung mengamankan para pembegal logistik. Ini nanti kasian ke warga yg menjadi korban yg benar benar membutuhkan.Gara gara ini kita jadi mundur dan berputar hingga 5 jam Baru sampe lokasi," tulis pemilik akun.

Dalam video yang diunggah, ketiganya tampak lesu ketika diamankan polisi. Selain meminta maaf, ketiganya juga berharap aksi tak terpuji yang mereka lakukan tak ditiru oleh warga lainnya.

"Kami meminta maaf sebesar-besarnya kepada semua masyarakat Cianjur yang resah atas perbuatan kami tersebut. Kami mengakui perbuatan tersebut salah, serta tidak akan mengulanginya lagi. Untuk warga Cianjur yang terkena gempa agar tak mengikuti perilaku kami tersebut," katanya.

Reaksi Netizen

Video yang telah disukai lebih dari 19 ribu kali ini mendapatkan beragam komentar netizen. Banyak dari mereka yang geram dengan oknum warga nekat mengadang ambulans

"Kok gitu yah...dulu bencana lebih besar di kabupaten sinjai sulsel, gak ada model2 kek gini...," tulis Hendra Aziz Pella

"Entah kenapa disetiap ada musibah selalu ada saja oknum preman yg suka mengambil keuntungan... Miris. Sepertinya memang harus dikawal TNI," ungkap Puja Kelam

"Jawa barat mah emg gitu mayoritas org2 nya, pemalas dan suka pungli. Gw yg ada darah sunda aja ogah wisata or hiking daerah jabar. Jawa tengah lebih tentram buat dikunjungi," komentar mahesa indra kamil

"Tetap semangat kang, jaga emosi dn keshatan. Memang disitu letak cobaannya. Wallahu'alam," jelas pujakesuma

"Entah karena egois takut gak kecukupan, atau memang mau ambil keuntungan di atas musibah saudara2nya sendiri. 😔," tulis Avakocheng_bisaapa

Video

 

  • Kabupaten Cianjur di Jawa Barat (Jabar) mengalami gempa bumi tektonik yang terjadi di darat, di kedalaman 10 Kilometer, Senin (21/11/2022).
    Gempa Cianjur
  • Viral
Loading