Sukses

Toyota Kijang Innova Zenix Debut di India dengan Fitur Lebih Komplet, Usung Nama “HyCross”

Otosia.com, Jakarta Belum lama ini, PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan Toyota Kijang Innova Zenix. Model ini menjadi generasi ke-7 dan menjadi Kijang Innova paling berbeda dibanding model-model sebelumnya.

Mobil keluarga andalan Toyota ini mendapatkan beragam perubahan signifikan, mulai dari segi tampilan hingga mesin yang digunakan. Bahkan, untuk pertama kalinya, Kijang Innova tersedia dengan mesin hybrid.

Kini mobil yang sama baru saja meluncur di India. Melansir toyotabharat.com, Senin (28/11/2022), Toyota Kijang Innova Zenix di negeri Bollywood mengusung nama “Innova HyCross”.

Video Paling Dicari saat Ini

 

 

 

 

 

Eksterior

Secara tampilan, Innova Zenix dan Innova HyCross tidak memiliki perbedaan signifikan.

Tipe termahal kedua mobil ini mengandalkan konsep desain yang sama, mulai dari fascia depan yang gagah dengan DRL LED segaris, sisi samping bergaya SUV dan lampu belakang yang mirip dengan kepunyaan Toyota Rush.

Deretan fitur eksterior Innova HyCross juga sebanding dengan Innova Zenix, seperti lampu depan dan belakang LED, grill besar mirip seperti kepunyaan Innova reborn, serta pelek model jari-jari berukuran 18 inci.

Yang berbeda adalah pilihan warnanya. Innova HyCross tersedia dengan opsi warna biru tua bernama Blackish Ageha Glass Flake dan warna coklat muda Avant Garde Bronze Metallic.

Interior

Interior Toyota Innova HyCross sekilas terlihat mirip dengan Kijang innova Zenix di Indonesia. MPV 7 penumpang ini mendapatkan desain dasbor baru, head unit floating, kursi baris kedua captain seat dengan ottoman dan panoramic sunroof.

Namun di luar kesamaan beberapa aspek, Innova HyCross di India ternyata lebih lengkap dari segi fitur.

Sebagai contoh Innova Zenix di Indonesia tidak mendapatkan jok depan elektrik dengan memory seat. Kemudian kursi baris pertama HyCross sudah dilengkapi ventilated seats dan baris kedua disediakan kerai privasi manual.

Terakhir versi India mendapatkan sistem audio premium 9 speaker dengan subwoofer buatan JBL, berbeda dengan Kijang Innova di Indonesia yang mendapatkan sistem audio standar.

Keselamatan

Soal keselamatan kurang lebih sama di antara kedua Innova ini. Versi India maupun Indonesia secara standar mendapatkan dua airbags, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, ABS, EBD, sensor parkir dan kamera belakang.

Lalu model menengah ke atas mulai tersedia dengan kamera 360, sensor parkir depan, dan jumlah airbags meningkat menjadi 6 buah.

Tipe termahal dengan mesin hybrid disematkan peranti keselamatan aktif Toyota Safety Sense (TSS). Artinya MPV ini sudah mempunyai fitur seperti Lane Keep Assist, Collision Mitigation Braking System, Adaptive Cruise Control dan lainnya.

Performa

Pilihan mesin antara Toyota Kijang Innova Zenix dan Toyota Innova HyCross tidak memiliki perbedaan signifikan. Keduanya sama-sama tersedia dengan opsi mesin bensin atau mesin bensin hybrid.

Artinya versi bensin non-hybrid mengandalkan mesin 2.000cc M20A-FKS yang menghasilkan output sebesar 174 PS dan torsi puncak mencapai 205 Nm.

Sedangkan varian hybrid mengusung jeroan 2.000cc M20A-FXS. Mesin ini dapat menyemburkan tenaga 152 PS dengan torsi 187 Nm. Sedangkan motor listrik bawaannya mempunyai tenaga sebesar 113 PS dan torsi 206 Nm.

Setiap model menggunakan penggerak roda depan (FWD) dan hanya tersedia dengan pilihan transmisi otomatis CVT, tanpa adanya opsi girboks manual.

Harga

Harga Toyota Innova HyCross belum diungkapkan ke publik. Namun mobil ini diprediksi akan dijual mulai dari 2.200.000 Rupee atau Rp 423,6 juta (dengan kurs 1 Rupee = Rp 192,54), hingga tipe termahal mencapai 3.300.000 Rupee atau Rp 577,6 juta.

Sebagai komparasi, Toyota Kijang Innova Zenix di tanah air dibanderol dari Rp 419 juta untuk tipe termurah Innova Zenix G, hingga Rp 611 juta untuk tipe termahal Q Hybrid TSS Modellista.

Loading