Sukses

Toyota Rush Lama Tanpa Perubahan, Digantikan Yaris Cross?

Otosia.com, Jakarta Toyota Rush sudah cukup lama mengaspal di Indonesia. Pada tahun 2017, LSUV andalan Toyota mengusung tampilan lebih modern dibanding model sebelumnya.

Mobil ini terakhir mendapatkan update pada tahun 2021, di mana tipe termahal TRD Sportivo digantikan dengan Gazoo Racing (GR). Transisi brand ini juga menghadirkan beberapa ubahan minor, seperti bodykit baru dan aksesori lainnya.

Namun secara keseluruhan, Toyota Rush yang dijual saat ini masih menggunakan spesifikasi yang sama seperti tahun 2017 silam.

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini

 

 

 

 

Toyota Rush FWD

Lantaran Toyota Rush sudah cukup lama tidak mendapatkan perubahan signifikan, waktu pergantian model mobil ini turut dinanti. Terlebih lagi Toyota Avanza tahun lalu berubah total dengan sasis, interior baru dan bahkan menjadi penggerak roda depan (FWD).

Dengan demikian, banyak orang berspekulasi bahwa Toyota Rush terbaru juga akan mendapatkan ubahan yang sama, terutama beralih menjadi FWD. Berganti ke penggerak roda depan akan mempunyai banyak keunggulan, mulai dari kenyamanan hingga efisiensi.

Toyota Yaris Cross pengganti Rush

Meski informasi terkait isu ini sangat terbatas, banyak yang menduga Toyota Yaris Cross akan menjadi mobil pengganti Toyota Rush di Indonesia.

Ukuran bodi yang kecil, desain bergaya SUV dan ground clearance yang tinggi menjadi daya tarik utama mobil ini, terbilang cocok untuk pasar Indonesia yang menyukai mobil berpenampilan SUV.

Sebelum memasuki pasar tanah air, Yaris Cross kemungkinan besar menerima penyesuaian. Paling utama adalah mengubah bentuk bodi menjadi lebih panjang untuk mengakomodir 7 penumpang, lantaran Yaris Cross saat ini merupakan SUV 5 penumpang.

Tanggapan Toyota

Desas-desus terkait Toyota Yaris Cross sebagai pengganti Toyota Rush kemudian diteruskan ke Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM).

Anton enggan berkomentar mengenai hal tersebut. Ia mengatakan bahwa pengenalan model baru Toyota Rush merupakan bagian dari rencana strategi produk Toyota kedepannya.

“Saya tidak bisa berkomentar untuk future product strategy ya Mas,” tukas Anton kepada Otosia.com, Rabu (30/11/2022).

Spesifikasi Toyota Yaris Cross

Toyota Yaris Cross debut secara global pada tahun 2021 kemarin. Mobil ini diperkenalkan sebagai SUV perkotaan dengan bodi serba kompak, nyaman dan mempunyai mesin yang irit bahan bakar.

Yaris Cross disematkan mesin 1.500cc Dynamic Force Hybrid dengan semburan tenaga 92 hp dan torsi 120 Nm. Sedangkan motor litrik bawaannya menghasilkan 80 hp dan torsi 141 Nm. Total kombinasi antara mesin dan motor listrik tercatat di angka 116 hp.

Di Inggris, mobil ini dibanderol mulai dari 24.350 GBP atau Rp 459,1 juta (dengan kurs 1 GBP = Rp 18.856,57) untuk tipe termurah dengan penggerak roda depan (FWD). Sedangkan varian penggerak empat roda (AWD) dijual 30.975 GBP atau Rp 584 juta.

Loading