Sukses

Honda Pamerkan HR-V Versi Listrik yang Lebih Mewah dan Canggih, Bakalan Masuk Indonesia?

Otosia.com, Jakarta Honda bisa dibilang belum banyak berpartisipasi di segmen Electric Vehicle (EV). Banyak produk mereka saat ini masih menggunakan mesin bensin konvensional atau mesin hybrid yang lebih hemat bahan bakar.

Secara global, mobil listrik murni Honda yang dijual saat ini adalah Honda e. Sementara di awal tahun 2024, Honda akan mulai menjual SUV EV terbarunya Honda Prologue.

Selain dua mobil tersebut, Honda juga meluncurkan e: NS1 dan e: NP1. Kedua mobil ini merupakan versi EV dari HR-V terbaru dan dijual khusus untuk pasar China. Honda e: NS1 diproduksi oleh Dongfeng Honda, sedangkan e: NP1 dibuat oleh GAC Honda. 

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini
 

HR-V EV di Thailand

Tidak sebatas di Tiongkok saja, ternyata HR-V EV kemungkinan besar juga akan hadir di negara Asia lainnya.

Melansir paultan.org, Jumat (2/12/2022), Honda baru saja memamerkan SUV e:Prototype di Thailand. Layaknya mobil konsep, SUV e:Prototype belum dijual ke publik dan masih dalam tahap pengembangan.

Pada dasarnya SUV ini adalah Honda e: Ny1, sebuah mobil konsep yang memakai wujud Honda HR-V tapi dengan mesin EV. SUV ini pertama kali tampil publik pada bulan Maret silam dan akan dijual sebagai model global.

 

Tampilan Familiar

Honda SUV e:Prototype minim perbedaan dengan Honda HR-V pada umumnya. Fascia depan mobil ini masih menggunakan desain lampu dan desain bumper serupa, namun dengan grill depan tertutup total.

Sisi samping juga tidak terlihat adanya perbedaan signifikan, mulai dari bentuk overfender sederhana dan gagang pintu baris kedua diletakkan di area kaca. Yang berbeda adalah bentuk dan ukuran pelek lebih besar.

Sektor buritan juga terlihat khas seperti Honda HR-V terbaru. Lampu belakang berbentuk pipih dengan LED bar yang menyambung dari kiri ke kanan. Lalu bentuk atap dan pintu bagasi dibuat lebih menekuk, menunjukkan gaya tampilan mobil coupe.

 

Performa

Lantaran masih sebatas mobil konsep, spesifikasi Honda SUV e:Prototype masih menjadi misteri. Namun, mengingat basisnya sama dengan HR-V, boleh jadi crossover ini mempunyai performa sama seperti Honda e: NS1 atau e: NP1 di negeri tirai bambu.

Kedua SUV itu tersedia dalam dua pilihan spesifikasi performa. Pertama adalah motor listrik tunggal yang menghasilkan tenaga 182 PS dan torsi 310 Nm. Baterai bawaannya berukuran 53.6 kWh dan diklaim bisa menjelajah hingga 420 km.

Sedangkan model berikutnya menggunakan motor listrik dengan daya 204 PS dan torsi puncak yang sama. Versi ini mengusung baterai berkapasitas 68.8 kWh dengan jarak tempuh 510 km. Kecepatan maksimal kedua varian HR-V EV ini bisa mencapai 150 km/jam.

 

Masuk Indonesia?

Honda HR-V Electric belum diketahui apakah akan masuk pasar Indonesia atau tidak. Yang pasti, PT Honda Prospect Motor (HPM) dipastikan menyiapkan dua mobil berbasis listrik untuk tahun depan.

Kedua mobil ini digadang-gadang adalah Honda CR-V e:HEV dan Honda Accord e:HEV yang diperkenalkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 beberapa waktu lalu.

“Tahun depan dua varian hybrid dan produk e (elektrik) lainnya di tahun-tahun berikutnya, termasuk produksi lokal,” tukas Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM.

 
Loading