Sukses

Kaleidoskop Otosia 2022: Sempat Hengkang, 3 Merek Mobil Ini Balik Kucing ke Indonesia

Otosia.com, Jakarta Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menilai penjualan mobil nasional masih bisa tumbuh signifikan sampai akhir tahun nanti.

Gaikindo sendiri meyakini bahwa target awal 900 ribu unit bakal terlampaui tahun ini. Bahkan melihat perkembangan penjualan sampai September 2022, Ketua I Gaikindo Jongkie Sugiarto optimistis bahwa tahun 2022 bisa mencapai 950.000 unit.

Keyanikan tersebut didorong banyak faktor, salah satunya hadirnya banyak produk-produk baru dari sejumlah merek dan pemberian insentif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) untuk kendaraan bermotor yang berakhir kuartal ketiga lalu.

Selain faktor di atas, kembalinya tiga brand ke Indonesia turut memberikan gairah pasar kendaraan roda empat di tanah air sampai akhir tahun. Ketiga merek tersebut adalah Chery, Subaru, dan Citroen.

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini

1. Chery

Brand otomotif terkemuka asal China, Chery sudah menyatakan kembali berniaga di Indonesia setelah hengkang tahun 2016 silam, Saat masuk Indonesia tahun 2006, ketika itu Chery bernaung di bawah bendera Indomobil Group.

Kabar kembalinya Chery ke pasar otomotif Indonesia disampaikan secara resmi oleh Chery pada perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) HybrId 2022 yang diadakan di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

“Momentum IIMS Hybrid 2022 ini merupakan debut nasional Chery untuk pasar Indonesia, dan Anda akan melihat banyak evolusi yang terjadi pada Chery. Kami tidak hanya akan menawarkan produk-produk yang patut Anda pertimbangkan, tapi kami juga memiliki rencana yang komprehensif untuk ikut memperkuat industri otomotif Indonesia," papar Tao Yong, President Director PT Chery Motor Indonesia.

Chery menargetkan untuk membangun lebih dari 100 jaringan showroom di seluruh Indonesia dalam waktu dua tahun, yang mencakup kota-kota besar dan wilayah seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Bali. Selain itu, Chery juga akan mendirikan pusat suku cadang di empat pulau utama di Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi agar pasokan suku cadang dan layanan purna jualnya lebih cepat terpenuhi dan memberikan kenyamanan bagi konsumen.

 

Indonesia Basis Produksi Chery di ASEAN

Chery mempersiapkan Indonesia sebagai jembatan menuju ASEAN dengan mengandalkan kekuatan teknis serta komitmen dalam mengembangkan teknologi yang mutakhir dan produk-produk yang cerdas untuk konsumen Indonesia.

Selain untuk memenuhi kebutuhan pasar Indonesia, Chery juga mempersiapkan Indonesia sebagai basis ekspor ke negara ASEAN lainnya.

Chery tidak sebatas comeback ke pasar otomotif Indonesia. Brand asal Tiongkok ini sudah ambil ancang-ancang untuk menggelontorkan investasi sebesar Rp 15 triliun di tanah air.

Sebagai langkah awal, Chery memanfaatkan momentum Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2022 untuk memperkenalkan kembali brand yang dulu sudah sempat dikenal di Indonesia.

Bukan MPV, segmen paling gemuk di Indonesia, namun Chery menjagokan SUV Premium 5 dan 7 penumpang, yakni Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro. Kedua SUV ini telah resmi diluncurkan ke pasar otomotif Indonesia pada akhir November 2022 lalu.

2. Subaru

Kedua adalah Subaru. Brand otomotif asal Jepang ini resmi kembali beroperasi dan berjualan mobil di Indonesia mulai Mei 2022 lalu. Hal ini dilakukan melalui peluncuran dua model Subaru Forester dan diler resmi 3S yang berlokasi di Alam Sutera, Plaza Subaru, Banten, Ketika itu.

Merek ini hengkang cukup lama di Indonesia, lantaran Subaru sempat terjerat kasus impor mobil menjelang akhir tahun 2013 silam. Untuk itu Plaza Subaru, sebagai Agen Pemegang Merek terbaru, berkomitmen untuk membenarkan sekaligus mengikuti peraturan dari pemerintah.

"Ini merupakan suatu bentuk atau suatu kegiatan nyata atau komitmen nyata kami bahwa kami ini ingin memperbaiki kesalahan APM sebelumnya di masa lalu. Kami ingin sejalan dengan peraturan pemerintah Indonesia," ujar Arie Christopher, Chief Operating Officer (COO) PT Plaza Auto Mega (Subaru Indonesia) beberapa waktu lalu.

 

 

Diler 3S Pertama

Salah satu upaya yang telah direalisasikan adalah peresmian dan pembukaan diler 3S Plaza Subaru. Hal ini diawali dengan membuka service center untuk menarik kembali para konsumen Subaru di Indonesia, sekaligus mempelajari pasar.

Sementara diler resmi 3S Subaru kini beroperasi secara penuh, mulai dari kegiatan servis, penjualan dan suku cadang. "Hari ini kami menandakan dengan dimulainya Subaru Indonesia dan Plaza Subaru beroperasi secara penuh (dari) sales, service dan spare part," tambahnya.

Dalam lima tahun kedepan, merek asal Jepang ini ditargetkan untuk membuka sekitar 10 cabang di dalam mau pun luar kota Jakarta.

Luncurkan 2 Model Baru

Setelah hengkang 2013 lalu, Subaru Indonesia untuk pertama kalinya mengikuti GIIAS 2022 lalu. Di ajang ini Subaru turut memperkenalkan dua model terbarunya, yakni The all-new Subaru XV dan The all-new Subaru BRZ.

Subaru XV hadir dengan desain yang kokoh dan sporty. Desain pada generasi kedua ini mencerminkan filosofi desain "Dynamic x Solid".

Subaru XV mengusung mesun BOXERS 4 silinder 2.0 liter. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 150 ps dan torsi 196 Nm. Performa ini sendiri disalutkan melalui transmisi Lineartronic® CVT 7-percepatan yang tersambung dengan sistem S-AWD den X-MODE terbaru.

Sementara Subaru BRZ generasi ke-2 sangat berbeda jika dibandingkan generasi sebelumnya. Dengan power, torsi, dan akselerasi yang lebih baik, Subaru BRZ memberikan handling, keseimbangan, dan pengalaman berkendara yang menyenangkan, murni, khas sebuah sports car.

Desainnya pun sarat dengan dinamisme mobil sport. Grill hexagonal dengan posisi rendah dan lebih lebar, menandakan titik gravitasi Subaru BRZ yang rendah.

Mobil ini dibekali jantung pacu BOXERS 2.4 liter naturally aspirated. Mesin ini mampu menghasilan tenaga 237 ps pada 7,000 rpm dan torsi puncak hingga 250Nm pada 3.700 rpm.

3. Citroen

Salah satu merek legendaris Perancis, Citroen, telah mengumumkan kehadirannya secara resmi di Indonesia pada Oktober 2022.  Citroen di Indonesia akan bernaung dibawah Indomobil Group.

Citroen resmi kembali ke Indonesia. Peresmian ini dilakukan pada hari Selasa (4/10/2022), di Hutan Kota by Plataran, Jakarta.

"Tahun 2022 ini akan menjadi tonggak baru kehadiran Citroën di Indonesia. Sebagai brand yang kuat, Citroën akan menjalin kerja sama dengan perusahaan otomotif ternama di Indonesia yaitu Indomobil Group," tulis pihak Citroen Indonesia.

Pada acara persemiannya di Hutan Kota by Plataran, Jakarta, Citroen memboyong tiga mobil unggulannya. Pertama adalah Citroen C3 yang akan diluncurkan tahun depan, lalu SUV premium Citroen C5 dan Citroen e-C4 untuk memikat konsumen yang mengincar mobil listrik.

 

 

Jaringan Diler

Untuk memulai perjalanan barunya di tanah air, Citroen akan mengawali dengan menyiapkan diler terlebih dahulu. Secara total ada 7 diler yang dibuat tahun ini dan naik menjadi 15 diler tahun depan.

Meski demikian Citroen tidak mengungkapkan lebih detail di mana diler-diler terbaru ini akan dibuat. Yang pasti jejeran diler baru ini akan dibuka di kota-kota besar, dengan jumlah populasi yang banyak.

“Jaringan diler untuk tahun pertama akan dimulai dengan tujuh diler. Lalu di tahun berikutnya akan ditambah menjadi 15 diler,” papar Andrew Nasuri, Head of Business Development Indomobil Group, pada acara peresmian Citroen di Indonesia.

Luncurkan 3 Model

PT Indomobil Wahana Trada anak perusahaan Indomobil Group dipastikan meluncurkan tiga model Citroen, satu di antaranya merupakan mobil listrik.

Berdasarkan undangan yang diterima redaksi Otosia.com, ketiga mobil yang diluncurkan pada Rabu, 7 Desember 2022 di salah satu mall di Jakarta Selatan tersebut adalah Citroen C3, C5, dan e-C4.

Khusus Citroen C3, mobil bergaya funky ini diposisikan sebagai entry level SUV sebagai rival dari Renault Kiger dan Nissan Magnite di negeri Bollywood. Nantinya Citroen C3 bakal bersaing dengan Daihatsu Rocky dan Toyota Raize di tanah air.

Yang menarik, Citroen C3 bukan satu-satunya produk yang akan dijual dengan harga di bawah Rp 300 juta. Citroen akan menyiapkan dua model lagi, yang nantinya akan dijual pada rentang harga yang sama di Indonesia.

Sementara Citroen C5 dan mobil listrik Citroen e-C4 akan diperkenalkan sebagai top of the line model untuk segmen menengah ke atas.

Yang menarik, Citroen C3 bukan satu-satunya produk yang akan dijual dengan harga di bawah Rp 300 juta. Vincent menjelaskan bahwa Citroen akan menyiapkan dua model lagi, yang nantinya akan dijual pada rentang harga yang sama di Indonesia.

Loading