Sukses

Setelah e-C4, Citroen Beri Kode Mobil Listrik Lainnya

Otosia.com, Jakarta Setelah resmi kembali meramaikan pasar otomotif Indonesia, Citroen resmi memperkenalkan produk terbarunya, Rabu (7/12/2022). Secara total ada tiga model yang diperkenalkan, mulai dari Citroen C3, Citroen C5 Aircross dan Citroen e-C4.

Model yang terakhir merupakan mobil listrik murni pertama Citroen yang diperkenalkan di Indonesia. Citroen e-C4 hadir sebagai pilihan EV menarik, dengan desain bodi menarik dan deretan fitur yang mumpuni.

Selain e-C4, Citroen kemungkinan juga akan menghadirkan mobil berbasis elektrik lainnya.

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini

Sedang disiapkan

Meski belum membocorkan waktu peluncurannya, Citroen berkomitmen untuk menghadirkan beragam mobil berbasis listrik di Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari kehadiran e-C4 sebagai salah satu produk pertamanya di pasar tanah air.

“Kami berkomitmen untuk menghadirkan mobil listrik di Indonesia secepat mungkin dan sebanyak mungkin. Dari ketiga mobil yang dihadirkan Citroen, e-C4 merupakan mobil listrik.,” tutur Christophe Musy, Head of ASEAN and General Distributors of Stellantis, Rabu (7/12/2022).

“Hal ini menjadi testimoni Citroen untuk segera menghadirkan mobil berbasis listrik di tanah air,” lanjut pria yang kerap disapa Musy ini.

Prediksi mobil

Lantaran masih dalam tahap persiapan, belum diketahui model apa yang akan diperkenalkan. Namun demikian ada sejumlah mobil yang berpotensi sebagai mobil listrik terbaru Citroen kedepannya.

Pertama adalah Citroen AMI. Mobil listrik kecil ini diperkenalkan sebagai pengenalan sarana transportasi mudah diakses oleh banyak orang, praktis dan mudah bermanuver.

Namun, jika mobil ini masuk ke Indonesia, spesifikasinya perlu di-upgrade, lantaran motor listriknya hanya berdaya 8 hp dan hanya menjelajah sejauh 70 kilometer dalam sekali pengecasan.

C5 Aircross PHEV

Pilihan mobil berikutnya adalah varian Plug-in Hybrid (PHEV) dari Citroen C5 Aircross. Sepertinya model ini lebih punya kans besar masuk, mengingat Citroen lebih dulu memboyong C5 Aircross konvensional ke Indonesia.

SUV ini menggunakan mesin 1.600cc dan menghasilkan tenaga 180 hp, yang dikawinkan dengan motor listrik berdaya 110 hp. Total kombinasi output mesin dan motor listriknya mencapai 225 hp dan torsi puncak 360 Nm.

Citroen AMI dibanderol 7.995 GBP atau Rp 151,7 juta (dengan kurs 1 GBP = Rp 18.976,79). Sedangkan Citroen C5 Aircross PHEV dijual 35.370 GBP atau Rp 671.2 juta.

Produksi Lokal

Selain menghadirkan varian elektrik baru, Citroen juga berpotensi memproduksi mobilnya secara Completely Knocked Down (CKD). Saat ini seluruh mobil merek asal Perancis itu berstatus Completely Build Up (CBU).

Model yang paling mungkin adalah Citroen C3, mobil termurah Citroen saat ini. Dengan proses produksi CKD, mobil ini diharapkan mempunyai harga dan deretan fitur yang lebih kompetitif.

“Saat ini sudah dilakukan studi untuk mengkonfrimasi produksi lokalisasi. Proses ini diperkenalkan langkah demi langkah dan hari ini kita memperkenalkan mobilnya terlebih dahulu,” tukas Musy.

Loading