Sukses

Toyota Innova Zenix Listrik, Seperti Inikah Wujudnya?

Otosia.com, Jakarta Tahun ini PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan beberapa produk terbaru. Salah satunya adalah MPV andalan Toyota, Innova, yang mendapatkan perubahan total, berbeda jauh dengan model-model sebelumnya.

Misalnya Toyota Innova Zenix yang hadir dengan penggerak roda depan (FWD) dan bersasis monocoque. MPV ini tersedia dalam pilihan mesin bensin dan hybrid.

Namun seperti apa jadinya jika Innova Zenix hadir dengan daya pacu listrik murni?

Video Paling Dicari saat Ini

Render

Lantaran Toyota belum memberi informasi resmi terkait adanya versi Electric Vehicle (EV) dari Innova Zenix, banyak orang mencoba menebak seperti apa bentuknya kelak.

Salah satunya adalah akun Instagram @dam.s_studio. Akun ini mengunggah render digital menunjukkan Innova Zenix EV Concept. Innova Zenix listrik ini banyak mengambil inspirasi dari Innova EV Concept yang tampil di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022.

Dari foto yang diunggah, Innova Zenix berkelir putih ini mempunyai fascia depan dengan banyak rongga ditutup rapat, guna meningkatkan aerodinamika. Lalu di area grill, lampu depan dan sisi samping, terlihat berbagai aksen berwarna biru.

Desas-desus Innova Zenix EV

Yang menarik, kabarnya Kijang Innova Zenix EV akan diwujudkan. Pasalnya keberadaan keberadaan Innova Zenix EV berkaitan dengan Innova EV Concept.

Informasi Innova Zenix versi EV didiskusikan pada sebuah forum di situs serayamotor.com. Akun bernama sherryandkez mengatakan bahwa salah satu Toyota Kijang Innova EV Concept di Thailand akan menjadi basis dari Innova Zenix EV.

Tentunya informasi ini masih sebatas diskusi dan rumor dalam sebuah forum otomotif. Namun demikian pemilik akun tersebut menjadi salah satu orang yang berkesempatan menjajal langsung Kijang Innova EV Concept, bahkan membagikan beberapa foto detail terkait mobil tersebut.

Innova Zenix Diesel Dihapus

Hadirnya mesin hybrid di Innova Zenix menggantikan posisi varian diesel sebagai pilihan premium. Hideki Mizuma, Chief Engineer All New Kijang Innova Zenix, menjelaskan bahwa Innova Zenix terbaru harus mempunyai mesin yang lebih ramah lingkungan.

Menurut dia mesin bensin hybrid yang lebih efisien dengan emisi karbon yang lebih rendah dibandingkan tipe diesel sebelumnya.

“Satu target yang saya bikin adalah menurunkan emisi untuk meningkatkan lingkungan hidup. Oleh karena itu Innova baru ini ada jenis hybrid-nya,” beber Hideki saat peluncuran Innova terbaru beberapa waktu lalu.

Khusus Pasar Fleet

Bagi yang masih ingin meminang varian diesel, Toyota masih menjual Kijang Innova reborn. Model lawas ini tersedia dalam pilihan mesin bensin atau diesel dengan transmisi manual atau otomatis.

Meski demikian Toyota tidak menjual seluruh line-up dari Innova reborn, melainkan sebatas model termurah Innova G.

Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director TAM, mengatakan bahwa model ini dikhususkan untuk memenuhi permintaan dari pasar fleet yang masih tetap tinggi.

“Khusus konsumen fleet masih membutuhkan model yang lama. Jadi kita masih menjual model yang lama tipe G, baik yang bensin maupun diesel,” tukas Anton.

Loading