Sukses

Siap Meluncur, Suzuki Baleno Berganti Wujud Jadi SUV

Otosia.com, Jakarta Suzuki diisukan bakal menyiapkan beberapa model baru untuk tahun 2023. Deretan mobil yang akan diluncurkan cukup bervariatif, mulai dari model kembaran dari Toyota Kijang Innova Zenix hingga Suzuki Jimny 5 pintu.

Di antara berbagai model paling anyar yang siap ditampilkan ke publik, versi crossover dari Baleno hatchback adalah kabar yang menarik. Mobil misterius ini terakhir ditemukan sedang tes jalan di India, mengenakan warna kamuflase.

Mobil ini akan diluncurkan di India pada gelaran otomotif Auto Expo 2023 yang akan diselenggarakan pada tanggal 12-15 Januari 2023 mendatang.

Video Terpopuler yang Kamu Cari

Mulai Terungkap

Sosok kendaraan yang diberi penyamaran tersebut sudah mulai terungkap. Mengutip motorbeam.com, Rabu (3/1/2022) bentuk resmi Suzuki Baleno Cross mulai tersebar di internet.

Gambar yang ditunjukkan memiliki beberapa kesamaan dengan Baleno hatchback, terutama pada bagian atap, pintu samping hingga peleknya. Namun mobil ini mempunyai fascia depan berbeda dan ground clearance lebih tinggi.

Tampilan Tangguh

Ada beberapa perbedaan desain untuk Baleno Cross dibanding Baleno hatchback. Crossover ini mengusung lampu depan terpisah, di mana lampu utamanya berada di bawah dan DRL LED diletakkan lebih dekat ke area kap mesin.

Lalu grill depannya lebih besar dibanding Baleno biasa, sesuai dengan image barunya sebagai mobil SUV. Lalu sisi sampingnya disematkan body cladding berwarna hitam dan ground clearance menjadi lebih tinggi, lebih ideal untuk melintasi berbagai macam jalan.

Secara keseluruhan Baleno Cross yang ditampilkan kurang lebih seperti mengambil fascia depan dari salah satu SUV terbaru Suzuki, yakni Gran Vitara yang debut tahun lalu.

Spesifkasi

Suzuki Baleno SUV digadang-gadang mengusung platform Heartect dan dibenamkan salah satu mesin Booster Jet dengan tambahan turbo.

Belum diketahui lebih jelas mesin apa yang dimaksud, namun Suzuki Baleno RS sempat mengusung mesin 998cc BoosterJet turbo dengan semburan tenaga 105 PS dan torsi sekitar 150 Nm.

Kemungkinan lain, Baleno Cross dipasangkan mesin mild hybrid. Boleh jadi menggunakan sistem tambahan Integrated Starter Generator (ISG) dan baterai Lithium-ion untuk meningkatkan efisiensi.

Baleno terbaru dikabarkan akan ditampilkan menjelang Delhi Auto Show tahun depan, dengan peluncuran resmi di bulan berikutnya.

Posisi dan Rival

Suzuki Baleno Cross menjadi mobil pertama Maruti Suzuki yang mengambil basis dari mobil hatchback dan diracik menjadi SUV. Lantaran berbasis Baleno, mobil ini diposisikan lebih rendah dari Grand Vitara.

Dengan demikian posisi Baleno Cross cukup unik, di mana mobil ini menjadi pesaing Honda WR-V, Nissan Magnite, Renault Kiger, Citroen C3 dan Tata Nexon di India. Sebagai komparasi, mobil yang sama di Indonesia termasuk Toyota Raize, Daihatsu Rocky dan KIA Sonet.

Sementara Suzuki Grand Vitara bersaing di kelas compact SUV, layaknya Honda HR-V, Hyundai Creta, KIA Seltos dan Nissan Kicks.

Loading