Sukses

Lama Tanpa Perubahan, Beginikah Wujud Baru Honda Brio?

Otosia.com, Jakarta Memasuki tahun 2023 beberapa merek mobil mulai ancang-ancang menelurkan produk baru. Sebagai contoh adalah PT Honda Prospect Motor (HPM) yang akan meluncurkan dua mobil hybrid tahun ini.

Namun di luar janji tersebut, ada beberapa mobil yang sudah selayaknya berganti model. Salah satunya adalah Honda Brio. Mobil LCGC dan city car ini minim menerima perubahan sejak debut di tahun 2018 silam.

Honda Brio tercatat terakhir menerima minor change di bulan April 2022, khusus untuk model termahal RS Urbanite. Varian lainnya tetap dijual dengan spesifikasi yang sama hingga saat ini.

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini

Render

Lantaran Honda Indonesia belum memberi indikasi kapan Brio akan berganti model, beberapa orang mencoba merekayasa wujud barunya.

Salah satunya adalah akun Instagram @rafimuamar40. Akun tersebut baru-baru ini mengunggah sebuah karya render digital, menunjukkan spekulasi seperti apa wujud Honda Brio apabila berganti model.

Akun tersebut menampilkan tampilan depan, samping dan belakang mobil. Inspirasi konsep gambar datang dari berbagai model Honda lainnya, mulai dari Honda Fit generasi keempat hingga mobil listrik Honda e.

Ada tiga model yang dibuat, yakni Brio RS e:HEV, Brio e:HEV dan Brio Satya.

Tampilan Retro Futurstis

Honda Brio yang ditampilkan mengusung tampilan serba retro dan futuristis. Fascia depan cenderung lebih soft, terlihat dari desain bumper, grill sederhana dan lampu berbentuk oval. Sisi samping cenderung lebih sederhana, di mana hanya terlihat sepasang garis simpel.

Sektor buritan dibuat lebih menarik, lantaran mengingatkan dengan Honda Brio generasi pertama. Lebih tepatnya bentuk lampu belakang dengan housing segitiga dan pintu bagasi menyatu dengan kaca belakang.

Tipe RS menjadi lebih istimewa dan sporti. Akun tersebut menyematkan bodykit khusus, lengkap dengan bumper depan, belakang dan sideskirts yang berbeda. Sebagai pelengkap versi RS menggunakan pelek, spion dan spoiler berwarna hitam.

Mesin Hybrid

Selain mendisain tampilan luarnya, sang pemilik akun mencoba berspekulasi bahwa Brio terbaru akan mengandalkan jantung pacu ramah lingkungan dengan teknologi hybrid. Hal ini terlihat dari adanya emblem e:HEV di beberapa model.

Alasan utama dari prediksi ini adalah melihat tren mobil baru yang lebih mengarah ke elektrifikasi. Begitu juga dengan semakin terjangkaunya mobil listrik, terutama dengan adanya insentif harga dari pemerintah.

Spesifikasi

Lantaran masih sebatas render, spesifikasi dari Brio ini hanya sekadar imajinasi seseorang. Namun jika boleh menebak, mesin paling mendekati adalah 1.500cc e:HEV yang sudah digunakan di berbagai model Honda, mulai dari Honda City sedan/hatchback hingga Honda Fit terbaru.

Mesin tersebut mempunyai motor listrik tunggal di roda depan yang menghasilkan tenaga 109 PS dan torsi 253 Nm. Motor listrik ini bersanding dengan mesin 1.500cc Atkinson cycle dengan output 98 PS dan torsi 127 Nm.

Fungsi utama mesin ini adalah untuk sumber daya motor listrik bawaannya dan bisa digunakan sebagai mesin utama di kecepatan tinggi.

Loading