Sukses

Kapok! Sopir Truk Nekat Buang Tinja di Dukuh Atas, Kena Denda Rp5 Juta

Otosia.com, Jakarta Sopir truk tinja dengan nomor polisi B 9458 SP diduga telah membuang limbah di gorong-gorong drainase depan halte Dukuh Atas, Jakarta Pusat. Atas hal itu Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta memberikan sanksi denda sebesar Rp5 juta.

“Pengemudi tersebut diberikan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku, yaitu denda administratif berupa uang paksa sebesar Rp5 juta,” kata Kepala Seksi Humas DLH DKI Jakarta Yogi Ikhwan dalam keterangannya, dikutip Rabu (11/1).

Yogi mengatakan, pemberian sanksi dilakukan setelah pihaknya melakukan pemeriksaan dan pembuatan Berita Acara terhadap pengemudi mobil tersebut.

“Dinas LH Provinsi DKI Jakarta melalui Bidang Pengawasan dan Penataan Hukum (PPH) dan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) melakukan pemeriksaan dan pembuatan Berita Acara terhadap pengemudi truk tinja tersebut yang berinisial D,” tambah Yogi.

Yogi menjelaskan bahwa pihaknya mendapatkan laporan dari masyarakat melalui Instagram terkait pembuangan limbah tinja di sekitar Dukuh Atas, Jakarta Pusat, pada Senin (9/1). Keeseokan harinya, Selasa (10/1), Bidang PPH berkoordinasi dengan Satuan Pelaksana Tugas Lingkungan Hidup (Satpel LH).

“Pada Selasa, 10 Januari 2023, Bidang PPH berkoordinasi dengan Satpel LH Kecamatan Tebet terkait truk tinja tersebut. Kemudian, setelah melakukan verifikasi lapangan, ke lokasi pool truk tinja di sekitar wilayah Jakarta Selatan, truk tinja tersebut ditemukan di sekitar Jl. Tebet Raya,” ujar Yogi.

Dipergoki Warga

Sebelumnya, sopir truk tinja kedapatan membuang limbah kotoran dari tangki kendaraannya secara sembarangan di depan Halte Dukuh Atas, Jakarta Pusat pada Senin 9 Januari 2023. Aksi itu, dipergoki warga yang kemudian merekam dan mengunggahnya di akun media sosial Instagram @jakarta.terkini.

"Sebuah mobil tinja kepergok warganet diduga gorong-gorong drainase membuang tinja di yang berlokasi di depan halte Dukuh atas," tulis @jakarta.terkini, dikutip Rabu (11/1).

Ketika sopir truk dipergoki warga dan ada yang mengambil foto dan video, ia langsung tancap gas meninggalkan lokasi kejadian.

"Sopir buang tinja di jalan ya, alasannya kepenuhan. Dipergokin kabur, nih. Buang tinja di jalan," kata perekam dalam video tersebut.

Penulis: Lydia Fransisca

Sumber: Merdeka.com

Loading