Sukses

Subaru Indonesia Umbar Teaser Mobil Baru, All New WRX Segera Meluncur?

Otosia.com, Jakarta Subaru Indonesia, melalui Agen Pemegang Merek (APM) Plaza Auto Mega, memulai perjalanan barunya di Indonesia tahun lalu. Setelah resmi balik kucing ke tanah air, merek asal Jepang ini langsung meluncurkan beberapa produk unggulannya.

Mobil pertama yang ditampilkan adalah Subaru Forester pada bulan Mei 2022 silam, bersamaan dengan peresmian dealer 3S pertamanya di Plaza Subaru Alam Sutera. Kemudian merek ini menghadirkan SUV XV dan BRZ di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Setelah tiga produk baru tersebut, rupanya Subaru Indonesia akan meluncurkan produk keempatnya di tanah air dalam waktu dekat.

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini

Teaser

Belum lama ini Subaru Indonesia mengunggah sebuah video singkat sebagai teaser mobil terbarunya. Video tersebut bisa dilihat pada akun Instagram @subaru.indonesia.

Postingan tersebut menunjukkan video sebuah mobil misterius sedang dikemudikan di dataran pasir. Meski hanya beberapa bagian yang terlihat, diduga kuat mobil ini merupakan sedan Subaru WRX.

Prediksi sebagai Subaru WRX makin kuat dengan caption yang ditulis, yakni “Coming Soon, #WorldRallyXperimental”. Penggunaan hashtag tersebut menjadi petunjuk utama, lantaran jika huruf besarnya disendirikan, timbul tulisan “WRX”.

Subaru WRX

Subaru WRX dibagi menjadi dua model. Pertama adalah WRX dengan basis dari sedan Subaru Impreza yang digunakan untuk mobil tahun 1992 hingga versi terakhirnya pada tahun 2014.

Sementara model tahun 2014 hingga saat ini sudah tidak menggunakan nama “Impreza” lagi, melainkan disebut langsung sebagai “Subaru WRX”. Meski mempunyai nama dan tampilan yang berbeda dengan Impreza, WRX masih menggunakan mengandalkan sasis dan basis mesin 2.500cc tubro EJ25 yang sama.

Sementara model yang digadang-gadang akan masuk ke tanah air adalah Subaru WRX generasi kedua. Mobil ini sekilas memiliki desain dasar yang sama dengan model sebelumnya, namun mobil ini menggunakan platform dan mesin yang berbeda.

Hasil “evolusi”

Subaru WRX generasi kedua terbilang sebagai hasil “evolusi” dari WRX generasi pertama. Walaupun sekilas memiliki bentuk dasar yang sama, WRX teranyar menjadi versi penyempurnaan dari mobil yang sama.

Model ini mengusung tampilan lebih agresif, di mana sebagian besar bodykit diberi warna hitam. Begitu juga dengan body cladding pada fender roda, memberikan nuansa mobil crossover yang tinggi.

Sisi interiornya terlihat premium dengan adanya head unit besar vertikal di dasbor, namun penggunaan speedometer masih analog membuat WRX kurang modern dibanding para rival di kelasnya.

Layaknya mobil terbaru Subaru, WRX tersedia dengan fitur keselamatan EyeSight Driver Assist Technology. Artinya sedan bertampilan sporti ini sudah memiliki fitur safety seperti Lane Keep Assist, Pre-Collision Braking hingga Adaptive Cruise Control. Peranti ini hanya tersedia dengan transmisi CVT.

Performa

Berbeda dengan model sebelumnya, Subaru WRX generasi kedua mengusung sasis Subaru Global Platform yang diklaim meningkatkan ketangguhan, rigidity dan pusat gravitasi yang lebih rendah.

WRX teranyar juga dibenamkan mesin baru, yaitu 2.400cc empat silinder turbo dengan kode FA24F. Jeroan dengan bentuk “BOXER” ini menghasilkan output 260 hp dan torsi 376 Nm. Seluruh tenaga mesin disalurkan ke setiap roda (4WD) melalui transmisi manual 6 percepatan atau girboks CVT.

Untuk harga, Subaru WRX di pasar Amerika Serikat dijajakan mulai dari 29.605 USD atau Rp 457,5 juta (dengan kurs 1 USD = Rp 15.453,65) untuk tipe termurah Base, sedangkan WRX GT dipasarkan 42.395 USD atau Rp 655,1 juta.

Loading