Sukses

Cari Mobil Keluarga Murah Rp 100 Juta, Toyota Avanza Bekas Bisa Jadi Pilihan

Otosia.com, Jakarta Mencari mobil bekas dengan harga terjangkau jangan terburu nafsu. Banyak hal-hal yang harus dipertimbangkan. Harga yang rendah bisa berarti mobil bermasalah, seperti surat-surat tidak lengkap atau mengalami beberapa kerusakan di beberapa bagian.

Karena itu memilih mobil bekas harus lebih teliti. Bagi yang mnemiliki dana Rp 100 juta, pilihan yang ideal adalah mobil yang mudah dirawat dan terkenal handal.

Sebagai contoh adalah Toyota Avanza. LMPV populer di tahun 2000-an ini menjadi pilihan menarik bagi konsumen yang mencari mobil keluarga bekas terjangkau, namun tetap bisa diandalkan dengan stok suku cadang berlimpah.

Video Paling Dicari saat Ini

Eksterior

Toyota Avanza generasi pertama mempunyai bentuk khas nan familiar, lantaran bentuk dasarnya tetap digunakan hingga generasi keduanya. Mobil ini kerap dikenal dengan istilah “mobil sejuta umat”, lantaran populasinya begitu besar di Indonesia.

Avanza cenderung ramping untuk ukuran mobil saat ini. Lebar bodi sekitar 1.640 mm membuat mobil ini cocok untuk jalan perkotaan, terutama untuk melewati gang sempit. Bahkan lebar mobil ini sama seperti Daihatsu Sigra di angka 1.655 mm.

Layaknya mobil era 2000-an, fitur-fitur kemewahan mempunyai standar yang berbeda. Tambahan aksesori seperti krom, bodykit dan bahkan lampu kabut seperti pada Avanza varian S terbilang sebagai barang mewah kala itu.

Interior

Toyota Avanza generasi pertama mempunyai interior serba simpel, mirip mobil-mobil di zamannya. Tipe S menjadi paling premium dengan adanya defogger kaca, radio single DIN dengan CD player, speaker twitter, armrest depan dan transmisi matic mendapatkan MID digital.

Sementara tipe G lebih sederhana dengan radio masih kaset (terutama untuk model keluaran awal), power windows, kursi baris ketiga dan fitur penting AC double blower, cocok untuk udara Indonesia.

Sisanya relatif sama, seperti AC kenob putar, kursi baris kedua belum bisa dilipat one touch tumble dan kursi baris ketiga harus dilipat bersamaan, Bahkan beberapa model di bawahnya belum tersedia dengan radio maupun AC double blower.

Keselamatan

Deretan fitur keselamatan Toyota Avanza generasi pertama terbilang minim. Varian S mendapatkan fitur pengereman ABS dan sensor parkir belakang, namun belum dilengkapi airbags untuk pengemudi maupun penumpang baris pertama.

Jika model tertinggi sekalipun belum disematkan airbags. Fitur keselamatan Avanza tipe G dan lainnya masih terbilang minim. Secara standar tersedia sabuk pengaman tiga titik dengan senderan kepala tersedia untuk kursi baris pertama dan dua kursi baris kedua.

Mesin

Berbeda dengan kembarannya Daihatsu Xenia, Toyota Avanza tidak tersedia dengan mesin 1.000cc. Artinya konsumen kala itu hanya memilih antara dua pilihan mesin, yakni 1.300cc atau 1.500cc.

Jeroan 1.300cc berkode K3-VE menghasilkan output sekitar 86 PS, di mana model dengan teknologi VVT-i lebih bertenaga di angka 92 PS. Avanza bermesin 1.500cc 3SZ-VE menyemburkan tenaga 109 PS.

Seluruh tenaga mesin disalurkan ke roda belakang (RWD) melalui pilihan transmisi manual 5 percepatan atau girboks otomatis 4 percepatan.

Loading