Sukses

Begini Cara Sales Toyota di Medan Tipu Pelanggan, Patut Diwaspadai!

Otosia.com, Jakarta Kasus penipuan jual beli mobil kembali terjadi. Kali ini dilakukan oleh seorang sales dealer mobil ternama yang berada di Jalan Gatot Subroto, Medan.

Dalam kasus penipuan tersebut, pelaku berinisial MHY sudah memakan puluhan korban yang hendak membeli mobil darinya.

Dikutip dari caption akun Instagram tkpmedan, Minggu (15/1), Kabid Humas Polda Sumatera Utara, Kombes Pol Hadi Wahyudi membenarkan ada tindakan penahanan karena kasus dugaan penipuan dengan modus jual beli mobil.

Video Terpopuler yang Kamu Cari

Tidak Sesuai Kesepakatan

Salah satu modus yang terungkap dalam aksi MHY dalam menipu para pembelinya yaitu menjanjikan sistem pembayaran tunai bertahap.

"Awalnya saya tukar tambah mobil dengan seorang sales dealer resmi di Jalan Gatot Subroto. Dalam jual belinya dijanjikan sistem pembayaran cash bertahap. Saya menyetor Rp350 juta rupiah," ucap HS. Sinaga yang merupakan anggota DPRD Kabupaten Simalungun.

Saat HS. Sinaga sudah menyetor uangnya ke MHY, korban justru dihadapkan dengan tagihan cicilan mobil yang sudah dinyatakan menunggak. Bahkan korban harus berhadapan dengan leasing, padahal tidak ada perjanjian kredit dengan leasing.

"Namun kenyataannya dalam beberapa bulan pihak leasing menelepon saya dan sudah menunggak pembayaran cicilan mobil. Ini yang membuat saya bertanya-tanya, padahal di awal tidak ada perjanjiannya," katanya.

Proses Hukum Sedang Berjalan

Setelah banyaknya laporan kasus penipuan yang dilakukan oleh MHY, pihak kepolisian pun langsung menangkapnya. Penangkapannya sendiri terjadi di kantor pelaku pada Rabu (11/1/2023) malam.

"Proses hukumnya sedang berjalan, untuk tersangka sudah ditahan dan laporan masyarakat masih dalam tahap penelitian," ungkap Kombes Pol Hadi.

Beberapa korban yang hendak membeli mobil melalui MHY telah melaporkan kasus tersebut. Salah satu korbannya bernama Radius Ginting, warga Jalan Bunga Sedap Malam 3, Medan Tuntungan yang sudah melaporkan kasus penipuan itu ke Polda Sumatra Utara.

Penulis: Adrian Juliano

Sumber: Merdeka.com

Loading