Sukses

Hino Luncurkan Truk Baru untuk Angkutan Bahan Berbahaya, Sistem Keselamatannya Komplet

Otosia.com, Jakarta PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) meluncurkan 6 model Hino500 Series Ultimate Safety untuk pengangkutan Bahan Berbahaya Beracun (B3). Keenam truk tersebut adalah FG 260 JK ABS, SG 280 TH ABS, FL 260 JN ABS, FL 260 JW ABS, FM 280 JD ABS, dan FM 340TH ABS.

Truk terbaru Hino tersebut sudah dilengkapi sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) yang mencegah ban terkunci ketika dilakukan pengereman secara mendadak dan berfungsi menjaga traksi atau daya cengkram ban.

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini

 

 

 

 

Rem ABS dan LED

Rem ABS sendiri merupakan salah satu persyaratan bagi perusahaan pendistribusian bahan bakar minyak.

"Perusahaan distribusi BBM mewajibkan kendaraan penggangkut memiliki pengereman ABS. Untuk itu, Hino Ultimate Safety hadir dengan ABS yang langsung bawaan dari pabrik, sehingga tidak perlu repot lagi untuk penambahan perangkat ABS atau modifikasi yang memakan biaya besar. Dengan warna kabin Merah, membuat unit ini sudah siap bekerja,” ujar Masato Uchida, Presiden Direktur HMSI

Hino500 Series Ultimate Safety Model telah menggunakan lampu Daytime Running Light (DRL) LED untuk meningkatkan visibilitas truk agar mudah terlihat oleh pengendara lain dalam mendeteksi keberadaan truk. Dengan adanya lampu DRL, maka kecelakaan bisa dihindari dan pengguna jalan lain bisa selamat dalam berkendara.

 

Cabin Tilt Safety

Hino500 Series Ultimate Safety memiliki On Road Cabin, yang membuat tampilannya lebih modern dipadu desain grill lebar, sehingga meningkatkan aerodinamis lebih baik.

Untuk keamanan pengemudi, disematkan Cabin Tilt Safety demi memastikan kabin sudah terkunci dengan baik dan benar. Serta sistem pengaman Door Lock untuk mengunci atau membuka pintu secara bersamaan.

Dari sisi kenyamanan pengemudi Hino500 Series Ultimate Safety Model sudah dilengkapi Air Conditioner (AC) serta Power window sehingga pengemudi atau penumpang lebih nyaman saat kendaraan beroperasi. Sedangkan dalam meminimalkan biaya operasional terdapat Strainer yang dapat menghancurkan gel dari bahan bakar nabati, sehingga lifetime fuel filter lebih lama dan biaya perawatan kendaraan lebih efisien.

Penjualan Hino

Dalam kesempatan tersebut HMSI menjelaskan, sepanjang tahun 2022 kemarin Hino mampu melepas ke pasaran sebanyak 29.880 unit. Hasil penjualan tahun 2022 juga mencatatkan prestasi yang gemilang, di mana lebih baik jika dibanding tahun sebelumnya yang tercatat sebanyak 19.793 unit atau naik 51%.

“Pasar kendaraan komersial recovery dan tumbuh seperti ketika tahun 2019 sebelum Pandemi. Untuk itu kami pun cukup puas dengan raihan penjualan di 2022 yang naik tinggi. Hasil ini juga memantapkan posisi Hino sebagai market leader atau penguasa medium duty truck selama 23 tahun terakhir dengan raihan 59% market share,” ungkap Santiko Wardoyo, COO-Director HMSI.

Medium duty truck Hino500 Series memberikan sumbangsih penjualan sebanyak 16.411 unit. Penjualan medium duty truck ini naik 78% jika dibanding tahun sebelumnya yang membukukan 9.242 unit.

Sedangkan untuk kategori truk ringan atau light duty truck, Hino Dutro berhasil mencapai penjualan sebanyak 13.122 unit atau meningkat 26% jika dibandingkan dengan penjualan tahun sebelumnya. Hal ini juga berdampak pada market share Hino Dutro yang meningkat dari 18.9% menjadi 20.3%.

Kompetisi Hino

Sementara itu dalam peluncuran Hino500 terbaru, HMSI turut juga menggelar pengumuman pemenang kegiatan kompetisi Hino Dutro Bisnis Proposal Competition dan kompetisi Hino Telematic Safety Driving Competition (HTSDC) batch 2.

HTSDC batch 2 sendiri dibuka saat GIIAS tahun lalu, diikuti oleh 5.204 unit kendaraan yang terbagi dalam 7 kategori.

Dengan jumlah peserta yang menembus lebih dari 5.000 peserta membuat Hino meraih penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia sebagai Kompetisi Keselamatan Berkendara Melalui Aplikasi Telematic Safety Driving Terbanyak.

Loading