Sukses

Benarkah Daihatsu Ayla Terbaru Akan Segera Meluncur?

Otosia.com, Jakarta Tahun 2023 mulai diramaikan oleh beragam desas-desus kehadiran mobil baru. Banyak orang memprediksi bahwa beberapa mobil akan berganti model tahun ini.

Salah satunya adalah Low Cost Green Car (LCGC) andalan PT Astra Daihatsu Motor (ADM), yakni Daihatsu Ayla. Hatchback kecil ini sudah selayaknya mendapatkan model baru, mengingat platform yang digunakan tidak berubah sejak debutnya di tahun 2013.

Dari beragam informasi yang beredar di internet, All New Daihatsu Ayla bisa jadi menggunakan platform baru dari Daihatsu New Global Architecture (DNGA) dan bahkan bermesin turbo. 

 

Video Paling Dicari saat Ini

Tanggal debut

Melansir situs funtasticko.net, Kamis (19/1/2023), Ayla terbaru disebut dengan kode nama “D74A”, berbeda dengan model saat ini yang berkode “B100”.

Kehadiran Ayla terbaru akan lebih dulu muncul di Malaysia melalaui Perodua Axia. Kembaran dari negeri jiran itu dikabarkan akan debut bulan depan, lebih tepatnya pada hari Valentine tanggal 14 Februari 2023 mendatang.

Sementara Daihatsu Ayla, sekaligus Toyota Agya, kemungkinan akan diperkenalkan juga pada bulan yang sama, di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. Acara tersebut beralngsung pada tanggal 16-26 Februari 2023, di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Platform baru

Model terbaru ini tercatat mempunyai banyak perubahan spesifikasi. Paling utama adalah penggunaan platform baru dari Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Platoform modular ini sudah digunakan pada beragam mobil Daihatsu dan Toyota di Indonesia, seperti Daihatsu Rocky dan Toyota Raize, Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza, serta Toyota Vios terbaru.

Penggunaan sasis DNGA meningkatkan efisiensi dan mengurangi bobot kendaraan. Platform ini juga dibangun untuk bisa mengadopsi teknologi elektrifikasi dan peranti keselamatan terkini.

Mesin Rocky

Sementara pilihan mesin Ayla terbaru kemungkinan berkaitan dengan Daihatsu Rocky. Mengutip situs paultan.org, LCGC itu akan dibenamkan mesin 1.000cc turbo atau 1.200cc naturally aspirated.

Lebih tepatnya mesin 1.000cc turbo berkode 1KR-VET DOHC tiga silinder dengan semburan tenaga 98 PS dan torsi 140 Nm. Sedangakan mesin 1.200cc naturally aspirated berkode WA-VE menghasilkan output 88 PS dan torsi 112 Nm.

Penggunaan mesin Rocky juga mengubah transmisi yang digunakan. Ayla terbaru boleh jadi disematkan transmisi manual 5 percepatan atau girboks matic berbasis D-CVT. Hal ini berbeda dengan model sekarang yang masih mengandalkan girboks matic konvensional dengan 4 percepatan.

Tanggapan Daihatsu

Informasi terkait Daihatsu Ayla terbaru kemudian ditanyakan langsung kepada Sri Agung Handayani, Marketing Director dan Corporate Planning Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Ia enggan berkomentar terkait kehadiran All New Daihatsu Ayla di Indonesia dalam waktu dekat. Agung juga tidak menampik maupun mengamini bahwa LCGC tersebut akan mengusung mesin turbo atau tidak.

“Saya tidak bisa jawab apakah turbo atau apapun, karena kabar tersebut bukan dari saya. Nanti ditunggu saja,” tukas Agung saat ditemui di Jakarta Pusat, Selasa (17/1/2023).

Loading