Sukses

Viral Pengendara Mercy Pelat RF Acungkan Pistol saat di Jalan Tol, Pahami Aturannya Biar Tak Lagi Arogan

Otosia.com, Jakarta Tindakan arogan di jalan berulang kali terjadi. Kejadian serupa pun kembali terulang baru-baru ini yang dilakukan oleh seorang pria pengendara mobil mewah merek Mercedes-Benz.

Bahkan pria tersebut sampai menodongkan pistol ke beberapa orang yang berseteru dengannya. Video yang memerlihatkan kejadian viral ini sendiri diunggah oleh akun Instagram @fakta.jakarta pada Jumat (20/1/2023).

Berdasarkan keterangan di postingan, kejadian ini bermula saat pria itu terlibat cekcok dengan petugas di tepi jalan tol pada Kamis (19/1/2023). Dari video yang diunggah pun terlihat jelas bahwa ia cekcok dengan beberapa pria.

"Aksi koboi jalanan yang meresahkan kembali terjadi. Seorang pria yang mengenakan baju berwarna hitam mengeluarkan senjata diduga sejenis pistol saat cek cok dengan petugas di tepi jalan tol, pada Kamis 19 Januari 202," tulis akun tersebut.

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini

Todongkan Pistol

Akan tetapi tanpa diduga pria itu mengeluarkan pistol dari balik kaosnya. Seketika beberapa pria tadi langsung mundur tak berani mendekatinya.

Kemudian pria arogan tersebut kembali memasukkan pistol ke dalam celananya dan masuk ke mobil Mercy. Ketika ia berada di dalam mobil dengan nopol B 2458 RFS beberapa pria langsung mendekatinya.

Mereka berusaha merebut sesuatu dari pria arogan tersebut. Hanya saja ia segera mengendarai mobilnya meninggalkan lokasi.

Beberapa pria pun terus mengejarnya, apalagi kondisi jalan memang cukup padat.

Hingga berita ini ditulis belum diketahui secara pasti kronologi kejadian dan akhir dari kejadian tersebut.

Pelat RF

Pada dasarnya pelat RF hanya bisa diberikan kepada orang-orang tertentu, seperti anggota kepolisian hingga pejabat negara. Meski begitu tak ada keistimewaan dari pelat ini, mereka bukanlah kendaraan prioritas yang bisa meminta jalan seenaknya.

Berdasarkan Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) Pasal 134, ada tujuh kendaraan yang memeroleh prioritas jalan raya. Pertama adalah kendaraan pemadam kebakaran (damkar) yang sedang melaksanakan tugas, lalu kedua adalah ambulans yang mengangkut orang sakit.

Ketiga adalah kendaraan untuk memberikan pertolongan pada kecelakaan lalu lintas, keempat adalah kendaraan pimpinan lembaga Negara Republik Indonesia, kelima adalah kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara.

Keenam adalah iring-iringan pengantar jenazah dan terkahir ketujuh adalah konvoi dan kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Tidak Perlu mengalah

Lebih lanjut, Komisioner Kompolnas Pudji Hartanto Iskandar pernah menyinggung mobil pelat RF menyalakan rotator dan sirine. Dikutip dari Liputan6.com, masyarakat tidak perlu memberikan jalan.

Dengan kata lain mobil dengan pelat nomor RF sekalipun mendapatkan wewenang yang sama seperti masyarakat biasa di jalan raya.

“Kendaraan berkode RF tidak memiliki keistimewaan untuk didahulukan meski dengan lampu rotator. Tidak ada prioritas dibanding pengguna jalan lainnya," kata Pudji.

Komentar Netizen

Video yang telah disukai lebih dari 17 ribu kali ini mendapatkan beragam komentar netizen. Banyak dari mereka yang geram dengan tindakan arogan pengendara Mercy.

"Platnya Jelas RFS.. yg jadi pertanyaan apakah dia benar org pemerintahan?? Atau hanya plat nya buat gaya gayaan ?," tulis deryadrian05

"Lha plat nya RFS (Rekan Ferdi Sambo)," jelas nurani_alrain

"Haaalaaaah RFS lagi, paling jual nama sodara atau udah viral baru deh minta maaf😒," ungkap banglenang

"Orang gini gk perlu klarifikasi, langsung tangkap dan pidana. Karena udah meresahkan," komentar ridwan_khoolik

"Selama ga ada tindakan dan sanksi tegas ya pasti terus seperti itu," tulis ramdhansyamz

Video

 

Loading