Sukses

Harga Toyota Corolla Cross Hybrid, SUV Super Hemat BBM

Otosia.com, Jakarta Tren otomotif di Indonesia terus berubah tiap tahunnya. Memasuki tahun 2023, ada dua tren mobil yang terbilang sedang naik daun, gemar diincar oleh masyarakat.

Kedua tren tersebut adalah mobil SUV dan elektrifikasi. Banyak konsumen yang mencari mobil SUV karena tampilannya yang gagah, ground clearance tinggi, hingga posisi duduk yang commanding.

Sementara ketertarikan terhadap elektrifiaksi kian meningkat, lantaran mobil listrik dapat mengurangi emisi gas buang, sekaligus cenderung lebih irit dibanding mobil konvensional.

Video Paling Dicari saat Ini

 

 

 

 

 

Toyota Corolla Cross

Bagi konsumen yang tertarik meminang mobil SUV dengan teknologi elektrifikasi, Toyota Corolla Cross bisa menjadi pilihan menarik. Mobil ini pertama kali mengaspal di Indonesia pada tahun 2020 dengan dua pilihan varian, yakni bensin dan hybrid.

Namun dengan lebih tingginya permintaan versi hybrid, PT Toyota Astra Motor (TAM) menyuntik mati Corolla Cross bensin di awal tahun 2022. Kejadian yang sama juga berlaku pada Toyota C-HR.

Kini Toyota Corolla Cross Hybrid menjadi salah satu pilihan di antara lima mobil hybrid Toyota lainnya, mulai dari Corolla Altis, Camry, C-HR dan yang terbaru Kijang Innova Zenix.

Tampilan

Toyota Corolla Cross mengusung basis platform yang sama dengan Toyota C-HR, yakni Toyota New Global Architecture (TNGA) tipe C.

Meski demikian tampilan kedua mobil ini berbeda total. Desain Corolla Cross lebih gagah dan tangguh, layaknya mobil SUV pada umumnya. Sedangkan C-HR terlihat unik dengan banyaknya tarikan garis di bodinya.

SUV ini cukup lengkap dari sisi fitur yang disematkan, seperti sunroof, lampu-lampu LED, pelek two tone, keyless entry dan pintu bagasi otomatis. Tipe hybrid juga mendapatkan aksen warna biru di lampu depan dan logonya.

Interior

Lantaran berbasis dari lini produk Corolla, interior mobil ini mempunyai kesamaan dengan Corolla Altis. Lebih tepatnya pada bagian dasbor, panel AC, hingga posisi head unit-nya.

Yang berbeda adalah speedometernya, di mana Corolla Altis mendapatkan speedometer dengan layar 7 inci, sedangkan Corolla Cross masih menggunakan speedometer analog dengan MID.

Toyota Corolla Cross juga lebih tinggi dan praktis, mengingat bentuk bodinya sebagai SUV. Bentuk bodi yang lebih besar juga membuat bagasi mobil ini sebesar 440 liter, cukup lapang dibanding para rivalnya.

Keselamatan

Paket safety Corolla Cross terbilang mumpuni, namun bisa dibuat lebih baik. Untuk harganya, mobil ini disematkan fitur seperti Vehicle Stability Control, Emergency Brake Signal, Hill Start Assist dan enam airbags.

Namun Corolla Cross belum disematkan peranti keselamatan aktif seperti Toyota Safety Sense (TSS). Artinya fitur seperti Lane Keep Assist, Collision Braking System, hingga Adaptive Cruise Control masih absen di mobil ini.

Performa

Toyota Corolla Cross hybrid memboyong mesin bensin 1.800cc 2ZR-FXE dengan semburan tenaga 98 PS dan torsi 142 Nm. Mesin tersebut dikawinkan dengan motor listrik dengan daya pacu 72 PS dan torsi 162 Nm.

Seluruh tenaga mesin disalurkan ke roda depan (FWD) melalui transmisi Continuously Variable Transmission (CVT).

Toyota Corolla Cross hybrid dilego pada angka Rp 540,9 juta. Sedangkan harga bekasnya sekitar Rp 430-470 jutaan untuk mobil dengan tahun produksi 2021 dan sebelumnya.

Loading