Sukses

Biaya Servis Berkala Wuling Air ev Bikin Pemiliknya Tersenyum

Otosia.com, Jakarta Wuling Air ev, si mobil listrik mungil makin viral setelah akhirnya makin banyak mengaspal di jalanan. Selain murah untuk biaya pemakaian harian karena murni listrik dan tanpa bensin, biaya perawatan bulanannya pun cukup mencengangkan.

Jika dihitung-hitung, biaya perawatannya yang sudah mengeliminasi kebutuhan ala mesin pembakaran dalam bisa separuh biaya perawatan sebuah LCGC.

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini

 

 

 

 

Suku Cadang Murah

Biaya untuk spare part atau suku cadang bisa dibilang juara. Setidaknya dalam pemakaian dari 5.000 hingga 100.000 km, biaya untuk spare part saja rata-rata Rp 160 ribuan, bahkan ada yang hanya Rp80.000.

Dengan tidak adanya oli mesin, Wuling Air ev tetap butuh penggantian secara rutin berupa oli gardan. Penggantian ditetapkan setiap 20.000 km kecuali untuk 5.000 km pertama.

Harga untuk oli gardan sendiri satu-satunya kebutuhan fast moving yang termahal di antara kebutuhan lainnya, yakni Rp165.000.

Biaya Servis

Biaya spare part lainnya hanyalah minyak rem dan filter AC. Penggantian minyak rem sendiri dilakukan tiap 30.000 km kecuali di awal (20.000 km) dengan biaya Rp 134.000.

Untuk biaya lainnya adalah filter AC yang dipatok di Rp80.000. Masa penggantiannya adalah per 20.000 km.

Satu komponen biaya perawatan lainnya hanyalah jasa. Biaya jasanya sendiri Rp180.000 di 5.000 km pertama. Lalu sisanya bervariasi, yakni Rp160.000, Rp240.000, dan Rp260.000.

Totalnya? Mobil yang sedang promo DP 36 juta (OTR Jakarta) dengan cicilan Rp 5 juta (OTR Jakarta) ini memakan biaya servis Rp240.000 hingga yang tertinggi Rp559.000 dan hanya terjadi dua kali dalam perawatan selama pemakaian 100.000 km.

Jarak Tempuh 300 km

Mobil yang kompak karena panjangnya tidak sampai 3 meter ini utamaya disuguhkan bagi penggunaan dalam kota. Namun penggunaan yang dimaksud pun diperhitungkan berdasarkan jarak tempuh rata-rata masyarakat di perkotaan.

"Untuk Indonesia Wuling EV ditawarkan dengan jarak tempuh 200 km dan 300 km untuk sekali pengisian baterai penuh," kata Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors. 

Untuk sebuah kendaraan listrik, Wuling Air EV bisa dibilang bahkan bisa dipakai hingga ke kota terdekat.

Fitur-Fitur Modern di Kabin

Untuk sebuah kendaraan dengan panjang 2.974 mm, lebar 1.505 mm, dan tinggi 1.631 mm, Wuling Air ev membawa budaya Wuling belakangan ini sebagai kendaraan dengan fitur modern nan nyaman.

Nyaman lebih ke tenang didukung fitur-fitur yang bahkan untuk sebuah mobil kecil, dia diberi kamera mundur. Jadi mungkin bagi para ibu-ibu akan dimudahkan dengan fitur tersebut saat parkir.

Bicara keamanan pada khususnya, dia juga dibuat aman saat tanjakan karena akan rem otomatis jika ada gejala meluncur.

Fungsi tersebut didukung oleh automatic vehicle holding, yang disertai Hill Hold Control untuk start lagi di tanjakan. Sementara itu, rem-nya pun cukup tarik dengan satu jari karena merupakan electric parking brake. 

Fitur Keamanan dan keselamatan

Ban kempes juga terhindarkan karena ada monitor tekanan angin ban, lalu ada pengingat suara jika ada penyeberang jalan yang dinilai membahayakan. Fungsi ini didukung fitur Sound Module for pedestrian warning.

Itu baru soal keamanan yang juga mencakup airbag, rem ABS dan EBD bahkan Electronic Stability Control.

Bicara soal koneksi dengan gadget, Wuling terkenal dengan perintah suara bahasa Indonesia "Halo Wuling" yang diikuti dengan perintah terhadap fitur yang ingin diaktifkan.

"Putar radio" misalnya, bukan navigasi, telepon, kecilkan-besarkan volume, bukan jendela hingga fungsi AC yang bisa sespesifik "saya kepanasan" atau "saya kedinginan", didukung fungsi layar sentuh ukuran 10,25 inci.

Loading