Sukses

Honda CR-X Lawas Masih Menggoda, Bikin Civic Kalah Istimewa

Otosia.com, Jakarta Merek Honda terkenal dengan berbagai produk dengan tampilan menggoda dan mempunyai handling serba asyik. Hal ini kental terlihat dari deretan produk sports yang diperkenalkan pada era 1990an.

Sebagai contoh pada era tersebut Honda menerbitkan mobil seperti Honda NSX sebagai halo car berupa sports car bermesin tengah (MR) dan pengenalan Honda Civic Type R yang menjadi salah satu hatchback paling sporti di masanya.

Masih terkait dengan Civic, Honda sebenarnya sempat memperkenalkan “kembaran” yang diberi nama dengan “CR-X”. Mobil ini mempunyai basis yang sama dengan Civic, namun terbilang lebih istimewa karena statusnya lebih eksklusif.

Video Paling Dicari saat Ini

Honda CR-X generasi pertama

Melansir hotcars.com, Senin (23/1/2023), Honda CR-X pertama kali diperkenalkan pada tahun 1983. Generasi ini mempunyai desain mengotak yang cantik, bahkan inspirasi bentuk bodi CR-X generasi pertama diambil dari Alfa Romeo GT Junior Zagato.

Meski mencomot bentuk dari sports car asal Italia, kesan Civicnya masih kental. Lebih tepatnya fascia depan dan belakang mempunyai banyak kemiripan dengan Civic Wonder era 1980an di masanya.

Soal performa, CR-X genrasi pertama dengan mesin 1.300cc serba irit dengan konsumsi BBM diklaim mencapai 35 km/l, meski tenaganya hanya sekitar 60 hp. Sedangkan varian mesin 1.600cc berkode D16A1 menyemburkan tenaga 135-140 hp, disalurkan ke roda depan (FWD) melalui transmisi manual 5 percepatan.

Honda CR-X generasi kedua

Honda CR-X generasi kedua diperkenalkan pada tahun 1987 dan diproduksi hingga tahun 1991. Versi ini mempertahankan bentuk hatchback-coupe dari CR-X generasi pertama, namun mengusung tampilan Civic Nouva.

Generasi kedua juga menerima upgrade dari sisi performa, terutama untuk tipe tertingginya. Versi Eropa disematkan mesin B16A yang menghasilkan output 150 PS, sedangkan CR-X JDM mengusng mesin B16A1 dengan tenaga 160 PS.

Keistimewaan CR-X generasi pertama dan kedua berada di stylingnya. Kombinasi antara bentuk sederhana dari Civic dan atap hatchback-coupe unik tersebut, terbilang membuat mobil ini lebih istimewa dibanding Civic di masanya.

Honda CR-X generasi ketiga

Perjalanan Honda CR-X berhenti di generasi ketiganya. Versi ini mengusung nama utama del Sol dan meninggalkan bentuk khas CR-X dari model sebelumnya. Model ini juga disebut sebagai CR-X del Sol atau Civic del Sol di berbagai pasar.

Meski masih mengandalkan basis dari Civic dan mempunyai build quality yang lebih bagus dibanding model-model sebelumnya, del Sol kalah pamor dibanding para rivalnya. Alhasil CR-X secara resmi disuntik mati pada generasi ini.

Alasan utamanya adalah bentuk bodi barunya. Bodi del Sol cenderung lebih lembut dan imut, dibanding CR-X. Begitu juga dengan desain mirip sports car, membuat del Sol diposisikan sebagai rival dari Mazda Miata MX-5 dan Toyota MR2.

Honda CR-Z

Honda sempat memperkenalkan sebuah mobil hatchback cantik yang mengambil inspirasi dari CR-X. Mobil tersebut adalah Honda CR-Z dan sempat dipasarkan di Indonesia, mulai dari tahun 2012 hingga 2015 silam.

Kesamaan dengan CR-X terlihat dari bentuk bodi coupe-hatchback yang membuat tampilan mobil makin khas. Kehadiran CR-Z bisa diibaratkan sama seperti Toyota memperkenalkan GT86 sebagai “penerus” dari Corolla AE86.

Yang berbeda, CR-Z lebih diutamakan sebagai mobil ramah lingkungan dan irit bahan bakar. Mobil ini mengandalkan mesin 1.500cc hybrid yang menghasilkan tenaga 121 hp dan torsi 174 Nm. Mayoritas CR-Z yang dijual di Indonesia menggunakan girboks CVT.

Loading