Sukses

Terjual Lebih dari 300 Ribu Unit, Toyota Kuasai Pasar Mobil di Indonesia

Otosia.com, Jakarta Toyota menjadi brand roda empat yang paling banyak menjual unitnya di Indonesia. Sepanjang tahun 2022 kemarin, Toyota menjual sebanyak 331.410 unit secara wholesales, atau naik 12,1% dari tahun 2021 yang terjual 295.000 ribu unit. Hasil tersebut menempatkan Toyota meraih pangsa pasar 31,6%.

“Kami berharap, tren ini akan terus berjalan kearah yang positif sehingga Toyota dapat turut berkontribusi meningkatkan perekonomian, sekaligus memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan yang beragam,” kata Henry Tanoto, Vice President PT Toyota-Astra Motor (TAM).

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini

Komposisi

Secara komposisi, penjualan Toyota di tahun 2022 masih di dominasi oleh segmen MPV yang berkontribusi sebesar 57,6%. Beberapa line up MPV dan SUV Toyota seperti Avanza, Kijang Innova & Kijang Innova Zenix, serta Rush menjadi mobil Toyota terlaris,

Penjualan Avanza pada tahun 2022 berhasil mencapai 60.619 unit, meningkat 49% dibandingkan periode yang sama pada tahun 2021 sebesar 40.777 unit. Jika digabung dengan Veloz, angka penjualan Avanza & Veloz mencapai 92.641 unit.

Selain itu, Kijang Innova yang baru saja upgrade generasi menjadi Kijang Innova Zenix, berhasil mencatatkan penjualan total 46.933 unit. Jika digabung, total penjualan segmen MPV Toyota menguasai lebih dari 52% market MPV nasional.

"Penjualan Toyota tahun ini masih didominasi oleh model-model MPV yang menyumbang lebih dari 50% total penjualan 2022 sebanyak 191.010 unit, naik 21% dari tahun 2021. Angka penjualan Toyota sepanjang 2022 cukup merefleksikan kultur masyarakat Indonesia yang mengarah kesana ya,” ujar Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director TAM.

Kendaraan Listrik

Sedangkan di segmen kendaraan listrik, total penjualannya secara whole sales telah melebihi 4.463 unit, atau naik 130% dari tahun 2021 yang ditutup pada level 1.935 unit.

Pencapaian ini didukung lewat hadirnya kendaraan Battery EV pertama, Toyota bZ4X dan kendaraan Hybrid EV yang diproduksi lokal pertama Kijang Innova Zenix.

Untuk model dari brand GAZOO Racing, komposisi penjualannya secara rata-rata mencapai hampir 72%. Hal ini menjadi sebuah bekal penting bagi Toyota dalam melakukan pengembangan GAZOO Racing yang tidak hanya mencakup data dari keadaan balap, namun juga tetap mengakomodir feedbacks dari para pelanggan.

Program 2023

Menyambut pasar otomotif tahun ini, TAM telah menyiapkan berbagai sales program untuk kuartal pertama 2023.  Misalnya, konsumen yang melakukan pembelian Avanza, Veloz, Rush, dan Kijang Innova Zenix memiliki opsi menggunakan Toyota Spektakuler Package dan berhak mendapatkan gratis asuransi 2 tahun senilai 16 juta dan low rate package dengan bunga hingga 0%.

Bagi yang tertarik untuk membeli Kijang Innova Zenix varian bensin akan mendapatkan program spesial low rate dengan bunga hanya 2.77%.

“Hadirnya beragam sales program ini merupakan salah satu upaya Toyota dalam mempermudah akses masyarakat luas kepada produk-produk Toyota,” terang Anton Jimmi.

Program T-CARE

Toyota juga menghadirkan program layanan after sales terbarunya, T-CARE. Berlaku efektif sejak 1 Juli 2022, pelanggan yang membeli mobil baru untuk model-model tertentu akan mendapatkan bebas biaya sevis dan suku candang sampai maksimal 60.000 km, serta Extended Warranty selama 1 tahun / 20.000 km.

Program T-CARE merupakan manfaat tambahan yang diberikan kepada pelanggan saat pembelian kendaraan baru dan digabungkan ke dalam sales program yang ditetapkan oleh Toyota pada model kendaraan tertentu.

Pelanggan Toyota yang membeli kendaraan baru mulai Juli 2022 dengan kode produksi 2022, akan tercakup ke dalam program T-CARE. Model-modelnya antara lain Corolla Cross & Corolla Cross Hybrid, C-HR Hybrid, Fortuner, LC-300, Raize, Rush, Alphard, Vellfire, Avanza, Veloz, Innova, Sienta, Voxy, Camry & Camry Hybrid, Corolla Altis & Corolla Altis Hybrid, Supra*, GR 86, Vios, Yaris, Hilux, Hi-Ace Premio & Commuter.

Loading