Sukses

Meluncur di IIMS 2023, All New Suzuki Grand Vitara Sudah Bisa Dipesan

Otosia.com, Jakarta PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akan meluncurkan produk baru di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 mendatang, lebih tepatnya tanggal 16 Februari 2023 mendatang.

Kehadiran mobil misterius ini ditampilkan pada akun Instagram resminya @suzuki_id, di mana salah satu postingan terbarunya menampilkan teaser sebuah mobil SUV serba gelap, tanpa nama resminya.

Mobil tersebut diduga kuat sebagai All New Suzuki Grand Vitara yang tahun lalu debut di India. SUV ini akan bersaing dengan Hyundai Creta dan Honda HR-V di Indonesia, berbeda dengan Grand Vitara sebelumnya yang sekelas Honda CR-V dan Nissan X-Trail. 

 

 

 

 

Video Terpopuler yang Kamu Cari

Bisa dipesan

Meski belum diluncurkan secara resmi, Suzuki Grand Vitara ternyata sudah bisa dipesan. Beberapa diler Suzuki tercatat mulai membuka keran pemesanan mobil tersebut, baik secara cash maupun kredit.

Bagi konsumen yang tertarik untuk membeli Grand Vitara terbaru, tanda jadinya sebesar Rp 5 juta. Jumlah stok unit juga terbilang cukup terbatas.

“Kalau sekarang open inden dulu paling Rp 5 juta. Nanti kalau harga sudah keluar baru dihitung lagi dan sudah dipotong dari inden itu. Unitnya pasti terbatas,” kata salah satu tenaga penjual Suzuki yang berlokasi di Jawa Barat, Jumat (27/1/2023).

Perkiraan harga

Yang menarik adalah prediksi harganya. Kendati belum dikonfirmasi, Suzuki Grand Vitara diperkirakan akan dibanderol dengan harga sekitar Rp 300-350 jutaan. “Perkiraan harga Rp 300-350an,” tukas tenaga penjual tersebut.

Harga tersebut terbilang kompetitif, mengingat Hyundai Creta dijual Rp 291,3 juta hingga Rp 408,3 juta. Sedangkan Honda HR-V dilego mulai dari Rp 375,9 juta hingga tipe termahal HR-V RS mencapai Rp 529,9 juta.

Spesifikasi

Hal yang masih menjadi misteri adalah spesifikasinya. Belum diketahui apakah Grand Vitara yang dijual di Indonesia akan mempunyai spek yang sama seperti di Negeri Bollywood.

Sebagai patokan, Suzuki Grand Vitara terbaru mempunyai bodi lebih kompak dibanding model sebelumnya. Lalu pada sektor buritan sudah tidak ada lagi ban cadangan bergaya “konde”.

Beberapa keunggulan fitur mobil ini termasuk panoramic sunroof, kamera 360, 6 airbags, head unit baru serba canggih, head up display, ventilated seats, head unit canggih dan masih banyak lagi.

Performa

Tersedia dua pilihan mesin. Pertama adalah jeroan 1.500cc K15C mild hybrid andalan Suzuki yang menyemburkan tenaga sebesar 103 hp dan torsi puncak sekitar 138 Nm. Mesin ini kurang lebih mirip seperti kepunyaan Ertiga hybrid di Indonesia.

Seluruh tenaga mesin disalurkan ke roda depan (FWD) melalui girboks manual 5 percepatan atau otomatis 6 percepatan. Sedangkan opsi penggerak roda empat (4WD) yang hanya tersedia dengan girboks manual.

Opsi lainnya adalah mesin 1.500cc tiga silinder Atkinson cycle buatan Toyota dengan semburan tenaga 79 hp dan torsi 141 Nm. Mesin ini kemudian dikawinkan dengan motor listrik yang menghasilkan output 115 hp dan menyalurkan tenaga lewat girboks e-CVT.

Loading