Sukses

Seperti Ini Wujud Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Terbaru

Otosia.com, Jakarta All New Daihatsu Ayla dan Toyota Agya kemungkinan dalam waktu dekat akan meluncur di Indonesia. Informasi model baru dari kedua LCGC ini terlihat dari bocoran spesifikasi dari kembarannya di Malaysia, yakni Perodua Axia.

Model teranyarnya dikabarkan mendapatkan banyak perubahan, baik dari segi tampilan hingga deretan fitur yang disematkan. Sebagai contoh adalah penggunaan sasis dari platform Daiahtsu New Global Architecture (DNGA) yang lebih modern.

Namun untuk tampilan barunya masih misterius, belum ada foto-foto bocoran terkait keberadaan mobil ini.

Video Terpopuler yang Kamu Cari

Wujud baru

Setelah beberapa waktu berselang, wujud All New Toyota Agya dan Daihatsu Ayla mulai terungkap. Mengutip situs paultan.org, Rabu (8/2/2023), bentuk barunya diperlihatkan ke publik di Malaysia melalui acara media preview Perodua Axia terbaru.

Foto-foto yang disebarkan menampilkan sejumlah All New Perodua Axia dengan setengah bagian bawah bodi masih ditutupi warna kamuflase. Sedangkan area atapnya sudah menggunakan warna resminya.

Situs tersebut juga memastikan bahwa Perodua Axia akan debut pada tanggal 14 Februari 2023 mendatang.

Ukuran membesar

Dari foto-foto yang disebar, All New kembaran dari Agya dan Ayla terbaru ini terlihat mempunyai ukuran lebih besar dibanding model sebelumnya.

Fascia depan memilki desain lampu serba pipih, dua buah grill depan dan DRL LED di bawah lampu utamanya. Lalu di sisi samping terlihat beberapa tarikan garis baru dan sideskirt, menunjukkan adanya bodykit khusus untuk mobil ini.

Lalu sektor buritan terlihat lebih lebar dan tidak mempunyai bentuk tegak seperti Ayla dan Agya yang dijual saat ini. Pilar C yang menekuk sekilas membuat bagian belakang mobil ini miirp dengan Honda Brio.

Sebagai pelengkap ada antena short pole, pintu gagang model tarik dan spoiler kecil di belakang.

Interior mirip Rocky-Raize

Interior LCGC ini juga menerima banyak perubahan. Desain kabin barunya mempunyai banyak kemiripan dengan Daihatsu Rocky dan Toyota Raize, terutama untuk bagian dasbornya.

Sebagai contoh setir, lokasi head unit, speedometer digital dan tuas transmisinya mempunyai banyak kemiripan dengan kedua SUV perkotaan tersebut. Yang berbeda adalah  bentuk lubang AC, adanya garis tegas di dasbor dan absennya aksen-aksen oranye di sekitar tempat penyimpanan dan ventilasi AC interior.

Sementara kursi depannya kini terlihat mempunyai bentuk lebih bentuk dan ukuran yang lebih besar, mempunyai beragam pengaturan posisi dan bagian senderan kepala terpisah. Hal ini berbeda dengan Agya dan Ayla saat ini yang masih menggunakan kursi depan model “pocong”, di mana headrestnya masih menyatu.

Harga

Perodua Axia terbaru juga dilengkapi paket keselamatan lengkap. Setiap model disematkan fitur Vehicle Stability Control (VSC) dan tipe tertingginya mendapatkan 6 airbags dan peranti Advanced Driver Assistance System (ADAS).

Mesin yang diandalkan adalah 1.000cc naturally aspirated 1KR-VE tiga silinder dengan tenaga 67 hp dan torsi 91 Nm dari model sebelumnya. Seluruh tenaga mesin disalurkan ke roda depan (FWD) melalui transmisi baru D-CVT.

Untuk harga, Perodua Axia diprediksi dipasarkan mulai dari RM 38.600 atau Rp 135,6 jutaan (dengan kurs RM 1 = Rp 3.514,42) hingga RM 49.500 atau Rp 173,9 jutaan untuk tipe termahalnya.

Apakah duet kembar Toyota Agya dan Daihatsu Ayla akan mempunyai tampilan dan spesifikasi yang sama? Menarik untuk ditunggu.

Loading