Sukses

Harga Mobil BMW i4: Spesifikasi, Fitur, Kelebihan dan Kekurangannya Terupdate Mei 2023

Otosia.com, Jakarta Sebuah sedan mewah telah diluncurkan pada saat itu di acara otomotif tahunan Gaikindo Indonesia International Autoshow 2022 (GIIAS 2022). Ia juga sudah menggunakan mesin listrik sehingga lebih ramah lingkungan. Soal harga, ia dibanderol dengan harga mobil yang selangit. Dialah BMW i4.

Dengan harga mobil yang selangit, BMW i4 ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih untuk menunjang kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Kehadiran suspensi udara pun juga semakin membuat perjalanan dengannya menjadi lebih nyaman.

Dengan harga mobil yang sangat mahal, apa saja sih yang bisa ditawarkan oleh BMW i4? Dan seperti apa spesifikasi yang dimiliki oleh sedan listrik mewah ini? Simak pembahasannya!

Video Terpopuler yang Wajib Kamu Tonton

Interior BMW i4

Interior i4 eDrive40 tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan i4 M50, keduanya dilengkapi dengan sistem infotainment yang mendominasi dashboard dan telah mendukung fitur Apple CarPlay dan Android Auto. Perbedaannya terletak pada pilihan trim dan kombinasi warna. i4 eDrive40 memiliki model jok standar, sementara i4 M50 menggunakan jok yang sama seperti yang digunakan pada M3 dan M4.

Di dalam kabin, BMW telah menyematkan sistem infotainment dengan layar besar berukuran 12,3 inci, serta layar 14,9 inci untuk panel instrumen, yang terintegrasi dalam satu frame. Desain ini mirip dengan pendekatan yang diadopsi oleh Mercedes-Benz.

Desain inilah yang membedakan i4 dari Seri 4 dengan mesin konvensional. Selain itu, interior i4 hampir sama dengan Seri 4, hanya terdapat aksen warna biru pada beberapa bagian interior. 

Eksterior BMW i4

BMW menawarkan dua varian untuk i4, yakni i4 M50 yang lebih mahal dan i4 eDrive40 sebagai varian entry-level. Kedua varian ini menawarkan karakter dan performa yang berbeda sesuai dengan kebutuhan konsumen yang unik. Versi konsep dari i4 telah diperkenalkan oleh BMW tahun lalu dan menuai kontroversi karena desain grille depannya.

Varian i4 M50 menjadi pilihan bagi konsumen yang menginginkan performa agresif dari sebuah sedan BMW yang bertenaga listrik dengan sentuhan ala M Sport. Eksterior mobil ini memiliki tampilan yang kuat dan agresif, mirip dengan M440i.

Mulai dari fascia depan, side skirt, desain spion, velg, hingga fascia belakang, semuanya mengusung karakteristik khas M Sport. Perbedaannya terletak pada grille depan yang besar dan sepenuhnya tertutup, hal ini karena tidak adanya mesin di balik bonnet dan untuk meningkatkan efisiensi aerodinamika.

Harga Mobil BMW i4

Mewah, nyaman dan ramah lingkungan, itulah kata-kata yang bisa mendeskripsikan sebuah BMW i4. Sedan listrik ini memiliki interior mewah yang pastinya dapat membuat penumpangnya merasakan kenyamanan yang teramat sangat. Belum lagi dengan layar besar berukuran 12,3 inci, serta layar 14,9 inci untuk panel instrumen canggih, yang terintegrasi dalam satu frame semakin membuatnya setara dengan harga mobil nya yang mahal.

Belum lagi sedan dengan harga mobil yang selangit ini juga sudah dilengkapi dengan kaki-kaki yang semakin membuat nyaman dengan adanya suspensi udara. Kecanggihannya semakin ditambah dengan hadirnya fitur Dynamic Stability Control yang membuatnya semakin canggih.

Sebelum beralih pembahasan menuju spesifikasi yang dimiliki beserta kelebihan dan kekurangan BMW i4, kira-kira berapa sih harga mobil ini? perlu diketahui untuk saat ini hanya BMW i4 hanya tersedia varian i4 eDrive40 M Sport di Indonesia. Jika penasaran, yuk cek harganya!

Berikut harga mobil BMW i4 terupdate 2023.

MODEL MOBIL VARIAN HARGA
BMW i4 i4 eDrive40 M Sport Rp2,108 Miliar
 

Kelebihan dan Kekurangan BMW i4

BMW i4 menawarkan teknologi canggih dengan berbagai sistem bantuan pengemudi, baik yang standar maupun opsional. Secara keseluruhan, i4 memiliki kemampuan otonom Level 2. Fitur-fitur unggulannya meliputi Active Cruise Control with Stop & Go function, Speed Limit Assist, dan Driving Assistance Professional yang menggunakan kamera depan, radar depan, dan radar samping untuk mendukung Steering and Lane Control Assistant.

Untuk kenyamanan, i4 dilengkapi dengan kaki-kaki yang didukung oleh lift-related shock absorber, suspensi udara di bagian belakang, electromechanical steering with Servotronic, dan Dynamic Stability Control yang lebih canggih. Semua sistem ini dirancang untuk menonjolkan keunggulan penggerak roda belakang khas BMW pada mobil listrik.

Namun, satu kekurangan dari mobil ini adalah harganya yang tinggi. Sebagai sedan mewah dengan mesin listrik, BMW i4 memiliki banderol harga mobil yang mahal.

Spesifikasi BMW i4

BMW i4 memiliki dimensi 4783mm x 2073mm x 1446mm dengan wheelbase sepanjang 2856mm. Mobil ini menggunakan motor listrik 340 Hp yang dipasangkan dengan penggerak roda belakang konvensional. Dalam hal performa, mobil listrik ini dapat mencapai percepatan 0-100 kpj dalam waktu 5,7 detik. Jangkauan baterainya mencapai 580 km. Output puncak dari dua unit motor listriknya mencapai 536 hp untuk tenaga dan torsi 794 Nm, atau hampir mencapai 800 Nm. Motor listrik depan menghasilkan 255 hp, sementara motor listrik belakang menghasilkan 308 hp, keduanya dipadukan dengan transmisi satu percepatan. Output maksimum dapat digunakan saat mode Super Boost diaktifkan.

Menurut BMW, i4 M50 dapat mencapai akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 3,9 detik, dan 5,7 detik untuk mencapai 200 km/jam. Jika dibandingkan dengan BMW M3, percepatan M4 dari 0-100 km/jam adalah 4,1 detik, dan 3,8 detik untuk M3 Competition. i4 dilengkapi dengan velg Alloy berukuran 17 inci, dengan ban depan berukuran 225/55 R17 dan ban belakang berukuran 225/55 R17. Sistem pengeremannya menggunakan Ventilated Disc.

Fitur lainnya meliputi layar besar berukuran 12,3 inci dan layar 14,9 inci untuk panel instrumen, yang terintegrasi dalam satu frame. Suspensinya didukung oleh lift-related shock absorber, air suspension di bagian belakang, electromechanical steering with Servotronic, dan Dynamic Stability Control yang lebih canggih. Semua sistem ini dirancang untuk menonjolkan keunggulan penggerak roda belakang khas BMW pada mobil listrik.

 
Loading