Sukses

Mau Beli Mobil Bekas, Jangan Lupa Cek Keaslian BPKB Biar Tak Tertipu

Otosia.com, Jakarta Kini pasar mobil bekas begitu gemuk dan tentunya banyak peminat. Alasan membeli mobil bekas ketimbang baru pun beragam, salah satunya karena duit yang dimiliki belum cukup.

Membeli mobil bekas tentu sah-sah saja, namun harus memerhatikan beberapa hal penting. Calon pembeli harus mengecek keaslian Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Lantas bagaimana cara mengecek keasliannya? Dilansir dari video unggahan akun Instagram @jktnewss pada Selasa (23/5/2023), berikut ulasan lengkapnya!

Huruf Kecil

Cara pertama, buka salah satu lembar BPKB dan perhatikan ujung kiri bawah. Usahakan untuk memperbesarnya dengan kamera HP agar detail sudut semakin jelas.

Apabila ditemukan garis pada sudut lembar BPKB, maka dipastikan palsu. Jika ditemukan huruf kecil, maka sebaliknya alias asli.

"Zoom pakai kamera HP, garis atau huruf kecil, kalau kecil itu asli ya gais," tulisnya.

Logo Samsat

Kemudian cek salah satu lembar BPKB dengan senter. Perhatian bagian sisi tengah bagian kanan lembar dokumen kendaraan tersebut.

Ketika disorot dengan lampu senter dan muncul logo samsat, maka BPKB tersebut asli. "Senter kertas BPKB, itu akan muncul logo samsat gais," tulisnya.

Scan Barcode

Terakhir keaslian BPKB juga bisa dicek lewat barcode yang ada. Di lembar BPKB terdapat barcode dan ketika discan maka yang muncul nantinya adalah nomor BPKB.

"BPKB asli harus memenuhi semua syarat yg ada di video ini ya gais," tulisnya.

Reaksi Netizen

Video yang telah disukai lebih dari 1 ribu kali ini mendapatkan beragam komentar netizen. Banyak dari mereka yang terima kasih dengan informasi penting yang telah diberikan.

"Sedih bet.. Bpkb stnk kunci ada.. Motornya yang ngga ada 😒😒," tulis renitafitriyani11

"Bpkb nya asli, tp motornya no rangka sama no mesin di ketok ulang kwkwkw," jelas rizaltama_

"terimakasih informasinya...sangat bermanfaat min," ungkap haryngemeng

"Wah baru tau ada Bpkb palsu," komentar sumardiyoga

"Keren nih informasi nya, sangat membantu. Terima kasih @jktnewss πŸ™πŸΎπŸ™πŸΎ," tulis hadiiiabdat

Video

Β 
Β 
Β 
View this post on Instagram

A post shared by JAKARTA NEWS (@jktnewss)

Β 

Loading