Sukses

Sudah Terjual Berapa Unit Wuling Air EV di Indonesia? Begini Bocorannya

Otosia.com, Jakarta Wuling Air EV merupakan mobil listrik mungil yang sedang jadi tren di masyarakat. Bisa dikatakan, mobil ini adalah salah satu bentuk keseriusan brand asal China tersebut akan produk-produk kendaraan listrik mereka di Indonesia.

Pertama diluncurkan di Indonesia dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show 2022 (GIIAS 2022), kepopuleran ditunjang antara lain karena ukurannya.

Bentuknya mungil karena secara konsep memiliki daya tampung dua orang dewasa dengan tambahan bangku untuk anak-anak di belakang.

Harga mobil yang terjangkau juga menjadi satu faktor lainnya. Untuk ukuran mobil listrik, Wuling Air EV dipasarkan mulai dari Rp 200 jutaan pada saat mobil-mobil listrik minimal dijual dua kali dari harga tersebut.

Kemunculan Wuling Air EV yang salah satunya menjadi kendaraan favorit para ibu, mahasiswa khususnya mahasiswi, ini diimbangi pula oleh regulasi di Indonesia.

 

 

 

Membuka Peluang

Pasar kendaraan listrik sendiri memang dibangun antara lain dengan peratuan pemerintah. Berdasarkan ketentuannya, diskon kendaraan listrik diberikan yakni pada nominal untuk pajak, yakni PPnBM.

"Kalau kita lihat market EV di Indonesia dari 2021-2022 ke 2023 sudah 10.000 persen lebihdengan ada insentif mendorong masyarakat transisi ke EV," ujar Dian Asmahani selaku Brand & Marketing Director Wuling Motors.

Dengan hadirnya Wuling Air EV bersama mobil-mobil listrik lainnya, hal tersebut membuka peluang bagi kendaraan listrik lainnya.

"Peluang ke depan pasti akan ada banyak bukan cuma Wuling. Brand lain akan keluarkan model baru EV dari energi terbarukan ini. Kita lihat itu membuka peluang," ujarnya.

Penjualan Wuling Air EV

Wuling Air EV sendiri di Indonesia dijual dengan dua pilihan berdasarkan daya tempuh dari baterai yang terpasang.

Yang pertama adalah Wuling Air EV Long Range sebagai yang termahal dengan harga Rp299,5 juta. Sementara itu, di bawahnya adalah Standar Range yang dibanderol Rp243 juta.

Wuling Air EV dengan pembagian ini memiliki jarak tempuh antara 200 km hingga 300 km. Untuk varian Long Range Wuling Air EV membutuhkan waktu pengisian baterai dapat mencapai 11 jam. Sedangkan untuk Wuling Air EV Standar Range membutuhkan waktu pengisian penuh selama 8,5 jam.

Dengan catatan di atas termasuk harga, Wuling Air EV tidak luput mengambil peran sebagai volume maker di jajaran mobil listrik Indonesia untuk saat ini.

"Sekarang sudah 9.000 lebih dari sejak masa launching Agustus 2022 lalu," beber Dian soal raihan penjualan Wuling Air EV.

Perjalanan Wuling Air Ev

Perjalanan Wuling Air Ev di Indonesia, dimulai dari perkenalan tampilan eksteriornya pada Juni 2022. Kemudian, Wuling membuka pemesanan pada bulan Juli 2022 bertepatan dengan perayaan hari jadinya yang kelima. Pada Agustus 2022 Air Ev resmi diluncurkan secara global sebagai kendaraan listrik pertama Wuling di tanah air. 

Wuling Air Ev menawarkan solusi bagi mobilitas modern serta berbagai kemudahan yang dapat dirasakan bagi pengemudi maupun penumpang, dimulai dari pengisian daya yang dilakukan di rumah, keamanan baterai yang teruji dan bersertifikasi IP67, rangka kokoh yang tersematkan, serta dual airbag pada bangku baris pertama untuk memastikan keamanan selama perjalanan. Mobil ini juga menyematkan fitur cerdas, seperti Wuling Remote Control App via Internet of Vehicle (IoV) serta satu-satunya perintah suara pintar berbahasa Indonesia, Wuling Indonesian Command (WIND).

Air Ev juga memiliki tampilan eksterior future-tech dengan memadukan teknologi yang futuristic melalui fitur modern yang inovatif, seperti adanya Intelligent Tech-Dashboard, Multifunction Steering Wheel, Integrated Floating Widescreen, serta Futuristic Center Console. Melihat sisi interior, Wuling Air ev mengedepankan kenyamanan pada kabin yang roomy melalui konfigurasi 4-seater dengan pengaturan 50:50 pada bangku baris kedua untuk memberikan akses lebih pengguna.

Loading