Sukses

SWAP Gandeng ABC Percepat Ketersediaan Baterai untuk Motor Listrik

Otosia.com, Jakarta Di tengah isu lingkungan hidup dan pemanasan global, kendaraan listrik kini sudah mulai menjadi tren di dunia meski secara volume masih jauh dibawah populasi internal combustion engine (ICE)

Selain harga, salah satu yang masih menjadi kendala adalah soal keterbatasan jarak tempuh, pengisian daya yang memakan waktu, dan kurangnya fasilitas stasiun pengisian kendaraan listrik umum. Inilah yang membuat masyarakat masih enggan untuk menggunakan kendaraan listrik.

Terkait dengan hal tersebut,  SWAP Energi Indonesia berkolaborasi dengan PT International Chemical Industry (Baterai ABC Lithium) untuk mempercepat penyediaan baterai untuk para pengguna motor listrik.

SWAP Energi Indonesia menyadari bahwa Baterai ABC memiliki peranan penting dalam mendukung transisi penggunaan kendaraan listrik di Indonesia.

Saat ini ABC merupakan merek baterai yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia. Dengan elektrifikasi pada motor listrik yang semakin ramai, Baterai ABC ikut berpartisipasi dengan mulai membuat baterai, baik berupa cell cylindrical maupun dalam bentuk pack.

Produksi baterai

Hermawan Wijaya selaku Marketing Director PT International Chemical Industry mengatakan pihaknya sudah mulai membuat baterai motor listrik sejak tahun 2019. Ia menyebutkan pandemi menjadi salah satu tantangan pihaknya memproduksi baterai motor listrik. Hingga akhirnya di awal tahun 2022, ABC sudah mulai dapat memproduksi baterai.

SWAP Energi Indonesia yakin bahwa sinergi dengan Baterai ABC Lithium dapat menciptakan solusi bagi aktivitas pengendara motor listrik di Indonesia dan menjadi bagian dari pengembangan Infrastruktur Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) roda dua.

"Kerjasama antara SWAP Energi dan PT International Chemical Industry akan mempercepat produksi dan penyediaan baterai yang berkualitas untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi pengendara motor listrik di Indonesia," ujar Irwan Tjahaja, founder PT SWAP Energi Indonesia.

Bahan baterai dan top up kuota

Lebih jauh dijelaskan Hermawan,  untuk bahan yang digunakan dalam pembuatan baterai motor listrik ABC adalah Lithium Ferro Phosphate. Material ini dipilih oleh ABC karena memiliki bahan yang tidak mudah terbakar serta memiliki daya tahan yang lebih lama, sehingga diklaim sangat cocok untuk penggunaan motor listrik.

Menariknya, penukaran SWAP baterai sendiri gratis dan pengendara motor listrik tak perlu khawatir soal baterai karena terdapat garansi baterai seumur hidup. Pengendara juga dapat lebih hemat biaya karena hanya membayar apa yang mereka pakai.

"Dengan melakukan top up kuota perjalanan berbasis kilometer, pengendara dapat menikmati kemudahan menukar baterai berkali-kali dalam sehari tanpa dikenakan biaya. Hanya dengan 9 detik, pengendara sudah mendapatkan baterai yang penuh untuk melanjutkan perjalanan kembali dengan motor listrik," paparnya.

SWAPPoin

Selain itu, SWAP juga telah menyediakan lebih dari 400 titik SWAPPoin yang tersebar melalui jaringan Alfamidi, Alfamart, dan Shell di Jabodetabek dan Bali/ Puluhan SWAPPoin telah tersebar di berbagai titik strategis jaringan Circle-K.

SWAPPoin bisa ditemukan melalui Aplikasi SWAP Energi. Selain untuk menemukan SWAPPoin terdekat, Aplikasi SWAP Energi yang juga memiliki berbagai fitur, seperti cek kondisi motor, booking baterai, hingga dapat mematikan motor dari jarak jauh sebagai salah satu sistem keamanan.

"SWAP Energi juga akan menggunakan momen ini untuk memperluas jaringan SWAPPoin dengan menambahkan semakin banyak lagi titik penukaran baterai untuk pengguna Smoot Motor Listrik. Hal ini dilakukan demi mendukung Indonesia lebih cepat menuju target emisi nol bersih," jelas Irwan.

 

 

Sebelum GIIAS 2022
Loading