Sukses

Komunitas Usulkan Moge Boleh Lewat Jalan Tol, Begini Tanggapan Polisi

Otosia.com, Jakarta Salah satu anggota klub Harley-Davidson mengusulkan agar jalan tol bisa dilewati oleh para pengguna motor gede (moge). Icha Big Bike sapaan akrabnya turut kampanyekan hal ini di media sosial dan akhirnya viral.

Saat itu, Icha sedang berdialog dengan sesama biker. Ada harapan yang disampaikan dari mereka yakni memperbolehkan pengguna sepeda motor gede (moge) bisa menggunakan jalan tol.

"Sebenarnya poin yang saya tangkap sesuatu yang baik buat pengguna semua jalan," ujar dia kepada wartawan, Rabu (24/8).

Video Paling Dicari saat Ini

Alasan

Bukan tanpa alasan, Icha menyampaikan Moge kendaraan secara ukuran volume mesin atau cc terbilang besar, dan bersuara berisik. Apalagi, saat ini beberapa negara sudah membolehkan moge masuk jalan tol.

"Namanya moge motornya pasti gede dan berat. Saya bisa ngebayangin bagaimana kendarain moge di jalanan umum pasti tidak bisa pelan dan bunyi knalpotnya berisik dan pengendara lain akan merasa terganggu karena suara knalpotnya yang berisik. Karena itu juga perlu bagi keamanan dan kenyamanan pengguna jalan," ujar dia.

Terkait hal ini, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman angkat bicara. Menurut Latif, Larangan sepeda motor melintas di jalan tol, tertuang pada Peraturan Pemerintah (PP) No 44 tahun 2009 tentang perubahan atas PP No 15 tahun 2005 tentang jalan tol.

Hanya Kendaraan Roda Empat

Dijelaskan bahwa jalan tol hanya diperuntukkan untuk jenis kendaraan roda empat atau lebih.

"Roda dua enggak boleh kan sudah ada ketentuannya, memang aturannya enggak boleh, dan memang ketentuan dan safety di jalan tol enggak boleh. Memang ketentuannya untuk roda 4 kecuali petugas yang bisa roda dua dengan cc yang besar," ujar dia.

Latif mengatakan, pengguna sepeda motor gede seharusnya telah memahami aturan berlalu lintas. "Tidak ada (wacana audiensi) dan mereka seharusnya sudah tahu aturan," tandas dia.

Reporter: Ady Anugrahadi

Sumber: Liputan6.com

Loading