Sukses

Motor Listrik Makin Banyak yang Murah, Berikut Pilihannya di Bawah Rp 20 Juta

Otosia.com, Jakarta Kenaikan bahan bakar minyak (BBM) cukup dirasakan dampaknya bagi masyarakat menengah ke bawah yang mengandalkan sepeda motor sebagai alat transportasi.

Secara resmi Pertalite naik menjadi Rp 10.000 per liter dan Bio Solar kini dijual Rp 6.800 per liter, serta Pertamax dipasarkan Rp 14.500 per liter.

Di saat BBM naik beralih ke motor listrik menjadi pilihan menarik. Selain biaya pengisian listrik cenderung lebih murah, motor listrik juga lebih ramah lingkungan.

Saat ini motor listrik di Indonesia sudah tersedia dalam banyak pilihan, tergantung model dan harga. Berikut pilihan motor listrik dengan harga Rp 20 juta: 

Video Paling Dicari saat Ini

1.   Volta 401

Pertama adalah Volta 401. Motor listrik berukuran seperti Honda BeAT ini mempunyai tampilan simpel, bahkan lampu depan dan belakangnya pun belum menggunakan bohlam LED.

Namun di luar tampilannya yang sederhana, Volta 401 masih dibekali berbagai fitur-fitur menarik. Diantaranya speedometer sudah digital, lampu hazard, rem parkir, serta bisa mundur.

Motor ini dibenamkan electric motor berdaya 1.500 watt dengan baterai swappable berkapasitas 60V23Ah. Kecepatan maksimal tercatat di 60 km/jam dengan jarak tempuh mencapai 60 km dalam sekali pengecasan.

Volta 401 dijual dengan harga Rp 15.750.000.

2.   Smoot Tempur

Berikutnya adalah Smoot Tempur. Motor listrik ini mempunyai tampilan depan modern dengan fairing cukup lebar. Namun dimsensi motor ini terbilang kecil, bahkan ban bawaannya hanya berukuran 12 inci.

Smoot Tempur mempunyai beberapa keunggulan seperti, lampu depan sudah LED, speedometer LCD serta rem depan dan belakang sudah cakram.

Namun fitur unggulan utama motor ini adalah baterai swappable bawaannya. Smoot menyediakan sekitar 100 titik penukaran baterai disekitar Jakarta dan kondisi motor juga bisa dicek melalui aplikasi SWAP.

Secara spesifikasi, motor ini dilengkapi motor elektrik dengan daya 1.500 watt dan baterai berkapasitas 64V/22.5Ah. Smoot mengklaim motor ini bisa menjelajah hingga 60 km dengan kecepatan maksimal 60 km/jam.

Motor ini tersedia di berbagai situs e-commerce dengan harga sekitar Rp 16 jutaan.

 

3.   Davigo Space

Davigo Space punya desain khas model skutik Taiwan. Davigo Space memiliki teknologi Permanent Liquid Cooling System (pendingin internal), yang membuat umur pakai lebih lama karena suhu di dalam motor terjaga.

Davigo Space sanggup menjelajah sejauh 120 km dalam sekali pengisian daya penuh. Untuk mengecas baterai sampai penuh memakan waktu sampai 4 jam.

Jika dicas selama dua jam, motor ini dapat berjalan sejauh 60 km. Artinya, dalam kondisi baterai terisi penuh, skutik Davigo Space dapat menempuh perjalanan dari Jakarta ke Bogor pulang pergi.

Davigo Space memiliki spesifikasi 75V/550R/1200W 6X Liquid Cooling Motor. Kapasitas baterainya sebesar 72V/35AH. Kecepatan maksimal motor ini hanya 55 km/jam.

Untuk harga, Davigo Space dijual Rp 18,7 juta dalam status off the road.

 

4.   Selis E-Max

Keempat adalah Selis E-Max. Motor listrik kecil ini bisa dibilang lebih cocok untuk penggunaan dalam kota, lantaran kecepatan maksimalnya diklaim hanya mencapai 50 km/jam saja.

Selis E-Max dibekali dinamo berdaya 1.200 watt dengan baterai berkapastias 60V25Ah. Jarak tempuh diklaim bisa sejauh 60 km dalam sekali pengecasan dan mempunyai daya angkut maksimal seberat 225 kg.

Namun bagi yang membutuhkan jarak tempuh lebih jauh, Selis menyediakan versi dengan baterai ganda. Model ini bisa menjelajah sejauh 120 km.

Selis E-Max bisa dipinang dengan harga Rp 17 juta, sedangkan varian dengan baterai ganda lebih mahal yakni sekitar Rp 20 jutaan.

 

5.   Viar Q1

Terakhir adalah Viar Q1. Motor ini kerap ditemui di jalanan, terutama digunakan oleh pengemudi ojek online. Beberapa di antaranya dijumpai di pasar modern atau mall sebagai kendaraan sewa.

Meski digunakan sebagai kendaraan fleet salah satu aplikasi ojek online (Ojol) di Indonesia, Viar Q1 memiliki tampilan retro. Hal ini terlihat dari tampilan Viar Q1 yang minim lekukan garis tajam.

Sekutik listrik ini berdaya 800 watt dengan baterai Lithium-ion 60v 23Ah. Viar mengklaim Q1 bisa mencapai kecepatan maksimal 60 km/jam dengan jarak tempuh mencapai 60 km. Pengisian baterai membutuhkan waktu sekitar 4-5 jam.

Viar New Q1 bisa dipinang di berbagai situs e-commerce dengan harga sekitar Rp 21 jutaan.

Loading