Sukses

Pengakuan Jujur Builder Kawakan Ngegas Motor Listrik Kastem, Rasanya seperti Naik Sepeda

Otosia.com, Jakarta Motor custom identik dengan mesin-mesin kubikasi besar berbahan bakar fosil. Namun, dalam gelaran Kustomfest yang menjadi ajang untuk custom motor-motor tersebut justru menunjukkan    kelas khusus bernama Exhibition Electric Bike.

Bahkan, sebuah motor Chopper Electric Bike dibuat dan dijadikan sebagai lucky draw untuk pengunjung Kustomfest 2022 dengan membeli tiket masuk seharga Rp 100.000.

Video Terpopuler saat Ini

 

 

 

 

Seperti Naik Sepeda

Walau demikian, motor elektrik tetaplah terasa berbeda, dan ini pula yang dijawab oleh Lulut selaku Direktur Kustomfest yang juga builder motor Chopper Electric Bike hadiah tersebut.

"Sesuatu yang berbeda, ini beda tetap tidak bisa dibandingkan karena beda benar. Aku naik ini kayak naik sepeda tetapi tidak gerakkan kaki. Aku ngomong jujur," ujarnya.

Dia sendiri berpandangan, mereka yang sudah akrab dengan sepeda motor berbahan bakar fosil miliknya atau menjadikan motor tersebut sebagai kesayangan tetap akan mempertahankannya sekalipun tren beralih ke motor listrik.

"Jadi, naik electric vehicle dibandingkan mesin bahan bakar fosil, mungkin orang akan tetap keep motor dia yang berbahan bakar fosil. Barulah saat daily, dia naik ini (motor listrik) atas nama simpel, ramah lingkungan, efisiensi pengeluaran," ujarnya.

Motor listrik juga jauh lebih simpel jika bicara kenikmatan terhadap motor berbahan bakar fosil, khususnya jika bicara motor custom.

"Brebet tidak perlu setting-setting, buang saja dinamonya ganti dinamo baru. Aki drop, buang akinya ganti baru. Control unit bermasalah, buang lalu beli baru. Riding bawa tiga komponen selesai. Saya misalnya jalan ke Bali, ya cuma bawa tiga itu," ujarnya.

Hadiah Utama Motor Listrik

Hajatan custom culture Kustomfest kembali digelar secara offline di Jogja Expo Center, Yogyakarta pada 1 dan 2 Oktober 2022. Yang menarik, jika sebelumnya hadiah yang dinberikan kepada pengunjung adalah motor custom berbasis mesin konvensional, pada tahun ini lucky draw Kustomfest berupa Chopper listrik.

Motor listrik sebagai hadiah utama merupakan pengalaman pertama bagi tim Retro Classic Cycles (RCC) selama membuat sebuah karya kastem dengan menggunakan tenaga listrik sekaligus menjadi trigger buat pegiat motor kastem lainnya dalam membangun motor custom electric.

“Tidak ada yang tidak bisa dilakukan, kami juga banyak belajar soal teori dari para akademisi serta beberapa pihak lain soal elektrifikasi ini. Karena selama ini kita main dengan mesin combustion atau bahan bakar fossil dari mulai jenis V-twin, Boxer hingga mesin pesawat,” ungkap Lulut.

Kalau soal frame, suspensi springer, penggerak itu sudah menjadi makanan sehari-hari di RCC untuk membangun sebuah motor kastem. “Setelah adanya motor ini, bisa jadi muncul versi-versi lainnya dengan berbagai temuan inovasi dari kita nanti,” lanjutnya. 

 

Chopper Electric Bike

Chopper Electric Bike yang diberi nama Kawah Condrodimuko ini ditenagai motor drive Mid Drive V3 serta baterai 72V 24AH Dual yang bisa menempuh jarak sejauh 200 Km dengan tiga mode riding. Soal gaya chopper, Lulut menambahkan bahwa style ini menjadi representasi gaya dari kreasi RCC selama 20 tahun berkarya.

“Ini karya pertama motor kastem kita dengan penggerak listrik, kita maunya ada taste berupa chopper Frisco di motor ini sesuai dengan ciri khas bengkel RCC,” paparnya.

Lulut mengaku bahwa proses pengerjaan motor kastem elektrik ini memakan waktu 1,5 bulan, dimulai dengan konsep hingga uji coba beberapa part elektriknya. 

 

Corat-coret

Dari proses corat-coret desain pada perjalanannya banyak berubah, apalagi motor listrik belum pernah RCC kerjakan sebelumnya. “Jadi trialnya kita kalkulasi semuanya sampai sekarang,” tukasnya.

Menurut Lulut, paling sulit adalah soal baterai, karena sudah menyiapkan tempat khusus untuk pembuatannya, tapi pada akhirnya RCC pakai yang sudah ada mengingat waktu.

Meski demikian Lulut menambahkan bahwa dia terus memikirkan dampak lain dari penggunaan motor listrik terutama dari sampah limbah baterai.

“Pengunjung yang membeli tiket Kustomfest 2022 ini bisa mendapatkan kesempatan membawa pulang motor ini dan menjadi sejarah lahirnya motor chopper bertenaga listrik karya RCC,” terangnya.

 
Loading