Sukses

Kawasaki Siapkan Peluncuran Motor 400 cc, Salah Satunya Digosipkan ZX-4R

Otosia.com, Jakarta Kawasaki Amerika meluncurkan gambar motor-motor berselubung. Dalam teaser tersebut, terlihat bahwa mereka akan meluncurkan setidaknya enam produk baru, mungkinkah salah satunya New ZX4R?

New Ninja ZX-4R memang sedang menjadi berita panas belakangan ini karena bocoran demi bocoran terkait motor tersebut semakin beredar. Bahkan disebut-sebut, motor itu tak ubahnya Ninja ZX-25R yang sudah luncur di Indonesia dan merupakan basis produksi untuk versi 400 cc-nya.

Bocoran-bocoran meyakinkan ini bermula dari sejumah media massa yang membahas informasi terbaru dari Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS bahwa Kawasaki akan memperkenalkan model Ninja ZX-4R 399cc Inline-Four untuk tahun 2023.

 

Video Terpopuler saat Ini

Fairing Mengadopsi Ninja ZX-25R

Salah satu informasi datang dari motorcycle.com, menemukan paten Kawasaki terbaru untuk desain fairing yang diadopsi dari Ninja ZX-25R.

"Paten tersebut menjelaskan bagaimana intake yang terpasang pada fairing akan mengalihkan udara ke mesin untuk pendinginan tambahan. Sementara desainnya digunakan pada ZX-25R, paten menggambarkan penemuan itu sebagai 'lebih disukai diterapkan pada kendaraan yang memiliki mesin 400 cc empat silinder'," tulis situs tersebut.

Ilustrasi paten menunjukkan fairing dengan saluran masuk udara yang menyerupai desain Ninja ZX-25R. Teks paten, bagaimanapun, menjelaskan penggunaan yang dimaksudkan sebagai untuk mesin 400cc empat silinder.

"Berkat dekoder VIN, kita sekarang tahu bahwa ZX-4R tidak hanya ada, tetapi juga akan ditawarkan di AS pada tahun 2023. Dekoder Kawasaki VIN 2023 bertanggal 22 Maret dan merupakan pembaruan dari versi sebelumnya yang diterbitkan Desember lalu," tambah mereka.

ZX-400 berbeda dengan Ninja 400

Perubahan termasuk daftar dengan kode ZX400PP dan ZX400SP. Berdasarkan struktur kode model Kawasaki, kode ZX menunjukkan model sportbike performa tinggi seperti ZX-10R, ZX-6R, dan Ninja H2.

Angka 400 menunjukkan perkiraan perpindahan mesin, dengan huruf yang menunjukkan varian model tertentu. "P" di akhir, sesuai standar industri, mewakili model tahun 2023. Nama "Ninja ZX-4R" sebenarnya tidak muncul di dekoder VIN, tetapi kode mesinnya meninggalkan sedikit keraguan untuk nama komersialnya.

"ZX-400 berbeda dengan Ninja 400, yang juga disertakan pada dekoder VIN di bawah kode model EX400GP untuk versi ABS, dan EX400HP untuk non-ABS. Dekoder VIN lengkap memberikan detail yang lebih spesifik," sebut motorcycle.com.

Kawasaki mengumumkan sejumlah model 2023. Namun untuk model supersportnya, hanya ZX-6R yang telah dikonfirmasi sejauh ini.

https://www.newshub.id/interactive2/3791

 

Loading