Sukses

Selain Wave 125i, Honda Siapkan Astrea Grand Baru?

Otosia.com, Jakarta Honda baru-baru ini terciduk mendaftarkan motor bebek baru di Indonesia. Motor ini terdaftarkan pada pada situs Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham.

Lebih tepatnya di Berita Resmi Desain Industri No. 32/DI/2022 yang diterbitkan pada tanggal 25 Oktober 2022. Pada nomor permohonan A00202203319, terlihat sebuah bentuk motor bebek misterius tanpa nama.

Motor bebek misterius itu diduga kuat sebagai Honda Wave 125i terbaru yang diluncurkan di Thailand beberapa waktu lalu.

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini

Bebek Klasik

Pada Berita Resmi Desain Industri yang sama, ditemukan satu lagi motor misterius dari Honda. Tepat di bawah paten Wave 125i, ada motor bebek bergaya klasik mirip seperti Honda Astrea lawas.

Motor ini didaftarkan dengan nomor permohonan A00202203320 dan diajukan oleh Honda Motor Co. Ltd. Paten tersebut menunjukkan berbagai bagian motor, mulai dari tampak depan hingga belakang.

Motor ini diduga kuat sebagai Honda Dream 125 yang saat ini masih dijual di Kamboja, dipasarkan oleh NCX Honda.

Honda Dream 125

Honda Dream 125 tampil khas mirip Astrea Grand lawas atau Kirana. Motor ini terbilang simpel dari setiap sisi, mulai dari segi desain hingga fitur-fitur yang disematkan.

Lampu depan motor ini menyatu di batok motor, berbeda dengan desain saat ini di mana lampu sein dan lampu senja berada di area fairing. Lalu di atas spakbor depan terlihat ada kerangka eksternal serba guna, bisa jadi untuk dipasangkan keranjang.

Sisi samping dan ke belakang cukup sederhana, layaknya motor bebek tahun 1990-an, di mana bentuk jok masih minimalis, pegangan tangan pipih dengan warna krom dan lampu belakang kecil yang menyatu dengan lampu sein.

Minim Fitur

Desain klasik ini juga terlihat dari daftar fitur yang ditawarkan. Sebagai contoh speedometer motor ini masih serba membulat, berbeda dengan motor-motor ‘zaman now’ dengan desain serba sporti.

Sementara bentuk knalpotnya serba memanjang lurus dengan warna krom, sok belakang belum mempunyai per keong, belum tersedia gantungan barang di depan dan masih mempunyai kick starter.

Honda Dream 125 juga hanya bisa dipinang dengan pelek spoke, tidak tersedia opsi cast wheel sama sekali. Motor ini tersedia dalam tiga pilihan warna, yakni merah, putih atau hitam. Semuanya menggunakan stiker emas dengan motif yang sama.

Performa

Rona jadul ini juga berlanjut ke sektor performanya. Dream 125 mengandalkan mesin 124.85cc OHC aircooled dengan karburator. Honda tidak mengungkapkan berapa tenaga yang dihasilkan.

Mesin paling mendekati spesifikasi motor ini adalah Honda Supra X 125 tahun 2011 yang juga masih menggunakan karburator. Jeroan motor ini berkapasitas 124.8cc dengan muntahan tenaga 9.1 hp dan torsi 9.3 Nm.

Transmisi manual yang digunakan mempunyai empat percepatan dan kapasitas tangki Honda Dream 125 sebesar 4 liter.

NCX Honda Kamboja juga tidak memasang harga untuk Dream 125. Namun beberapa sumber mengatakan bahwa motor bebek bergaya klasik ini dibanderol sekitar 90.000 Baht atau sekitar Rp 37 juta (dengan kurs 1 Baht = Rp 411,57).

 

https://www.newshub.id/interactive2/3791

 

Loading