Sukses

Honda Luncurkan Skuter Listrik EM1 e di EICMA, Dijual di Indonesia Tahun Depan?

Otosia.com, Jakarta Honda meluncurkan skuter listrik EM1 e pada pemeran EICMA 2022 di Milan, Italia. Skuter  ini menjadi salah satu dari 10 motor listrik global yang akan diperkenalkan Honda pada 2025 mendatang. Huruf EM sendiri adalah adalah singkatan dari Electric Moped.

Bentuknya yang kompak dan simple, Honda EM1 e membidik anak muda yang membutuhkan kendaraan yang mudah dikendarai dan menyenangkan untuk area perkotaan. Motor ini juga dapat menemani aktivitas ke kampus atau ke kantor.

EM1 e menjadi sepeda motor listrik pertama Honda yang akan dijual di Eropa. Efisien, tenang, dan bersih saat berkendara di kota menjadi konsep utama skuter mengikuti gaya hidup masa kini.

Video Terpopuler saat Ini

Jarak Tempuh dan Baterai

Mengutip rideapart.com, skuter EM1 e dapat dibesut hingga kecepatan maksimal 45km/jam dan sanggup menempuh jarak 40 km dengan sekali pengisian daya. Cukup untuk dikendarai di area perkotaan.

Untuk daya dorong, EM1 e dibekali baterai Honda Mobile Power Pack e (MPP) yang dapat diganti. Dengan demikian tidak perlu lagi melakukan pengecasan. Pengendara cukup menukarnya dengan baterai lain yang sudah terisi penuh.

Honda mengklaim MPP dibuat agar dapat tahan terhadap tingkat kelembaban atau suhu, benturan, dan termasuk getaran yang berbeda.

Honda belum membocorkan soal sumber tenaga listrik yang digunakannya. Namun skuter EM1 e terlihat dipasangkan roda belakang 10 inci. Sementara roda depan menggunakan ukuran 12 inci dengan rem cakram serta garpu teleskopik. 

Siluet di IMOS

Yang menarik, siluet skuter EM1 e sempat dimunculkan pada Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022 lalu di JCC Senayan, Jakarta. Gambar tersebut diperlihatkan saat PT Astra Honda Motor (AHM) mengumumkan akan memperkenalkan jajaran motor listriknya tahun depan.

Hal tersebut Sebagai bentuk komitmen mendukung realisasi netralitas karbon, AHM akan memasarkan sejumlah kendaraan listrik sebagai bagian dari Honda e:Technology berupa moped listrik dan sepeda motor listrik Honda hingga tahun 2030 untuk pecinta sepeda motor di Indonesia.

President Director AHM Keiichi Yasuda mengatakan peluncuran 7 kendaraan listrik Honda berupa moped listrik dan sepeda motor listrik dilakukan secara bertahap hingga tahun 2030 dengan target penjualan 1 juta unit dalam setahun.  

Target ini akan terus berkembang seiring dengan tren pasar dan penerimaan masyarakat terhadap kehadiran sepeda motor listrik Honda di Indonesia.

Masuk Indonesia

Berkaca pada keterangan AHM dan siluet yang ditampilkan, boleh jadi Honda EM1 e akan dijual di Indonesia tahun depan. Hal ini pun ditanyakan ke pihak AHM yang mneyebutkan bahwa siluet yang mirip EM1 e tersebut sebagai representasi moped listrik Honda yang dirilis tahun 2023.

“Siluet motor listrik yang kami tampilkan merupakan referensi ilustrasi untuk motor listrik yang akan luncurkan tahun depan. Namun kami belum dapat sampaikan detailnya. Untuk pastinya nanti bisa kita sama-sama saksikan saat kami rilis tahun depan ya,” kata Ahmad Muhibbuddin, General Manager Corporate Communication AHM kepada Otosia.com, Jumat (11/11/2022).

AHM sudah menyatakan, sepeda motor listrik Honda dikembangkan dengan mengutamakan produk berkualitas dan durabilitas yang tinggi seperti produk sepeda motor Honda yang telah dipercaya masyarakat selama ini.

Dua Motor Listrik Luncur Tahun 2023

Setelah meluncurkan PCX Electric pada tahun 2019, AHM akan melanjutkan pengenalan sepeda motorlistrik Honda lainnya pada tahun depan sebanyak 2 model. Upaya ini akan dilanjutkan pada tahun 2024 sebanyak 2 model dan terus berlanjut hingga tahun 2030 dengan meluncurkan kembali 3 model sepeda motor listrik lainnya.

Produk sepeda motor listrik yang akan dipasarkan AHM memiliki pilihan pengisian daya ulang langsung melalui listrik (direct charging) maupun melalui baterai yang dapat ditukar (swapping battery).

Executive Vice President Director AHM Johannes Loman mengatakan tren kendaraan ramah lingkungan berbasis listrik di Indonesia membuat perusahaan semakin memperkuat strategi terbaik untuk konsumen setia di Indonesia.  Karena itu, AHM memperkuat kompetensi putra putri bangsa yang akan memproduksi sepeda motor listrik Honda dengan kompetensi mumpuni, serta berkolaborasi kuat dengan pemasok komponen lokal dan UMKM manufaktur.

“Kami juga akan menyiapkan jaringan penjualan dan purna jual yang terbaik, serta ekosistem kendaraan listrik yang mendukung konsumen beraktivitas dan meraih impiannya,” ujar Loman.

Loading