Sukses

Transaksi Penjualan Motor di IMOS Tahun Ini Tembus Rp 101,9 Miliar

Otosia.com, Jakarta Penyelenggaraan Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022 oleh Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI) pada 2-6 November 2022 lalu di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, menuai hasil yang positif.

Selama lima hari penyelenggaraan, IMOS 2022 mencatat angka penjualan sebanyak 2.961 unit sepeda motor dengan nilar sebesar Rp 101,9 miliar.

Angka unit sepeda motor yang terjual sepanjang IMOS 2022, mengalami kenaikan dua kali lipat dari angka penjualan pada IMOS 2018 yang tercatat sebesar 1.332 unit sepeda motor.

Video Terpopuler saat Ini

 

 

 

 

Penjualan Motor Listrik

Dari total unit yang terjual pada IMOS 2022, AISI mencatat sebanyak 18% di antaranya adalah penjualan sepeda motor listrik. Hal tersebut juga sejalan dengan upaya AISI untuk lebih memperkenalkan IMOS 2022 menjadi tuan rumah untuk total lebih dari 65 merek peserta, termasuk diantaranya merek sepeda motor listrik.

Dengan keberhasilannya di tahun ini AISI meyakini IMOS akan terus menjadi ajang yang menunjukkan perkembangan dan pencapaian industri sepeda motor Indonesia di masa mendatang.

“IMOS akan terus berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat dan juga para peserta, seperti yang dicapai IMOS tahun ini. Kami harap penyelenggaraan IMOS berikutnya akan lebih semarak dengan inovasi dari para peserta dari industri sepeda motor Indonesia,” ujar Sigit Kumala, Ketua Bidang Komersial AISI sekaligus ketua penyelenggara pameran IMOS 2022.

Jumlah Pengunjung

Penyelenggaraan pertama kali setelah pandemi COVID-19 berhasil menarik animo pengunjung dari beragam kalangan. Hingga ditutup pada Minggu (6/11/2022), tercatat IMOS 2022 dikunjungi 89.987 orang.

IMOS 2022 berhasil merepresentasikan perkembangan industri sepeda motor Indonesia dengan beragam inovasi produk dan teknologi sepeda motor, termasuk sepeda motor berbasis listrik. Antusiasme pelaku industri sepeda motor nasional terus tumbuh, berinovasi, memenuhi kebutuhan masyarakat pengendara motor tersaji pada IMOS 2022.

Johannes Loman, Ketua Umum AISI juga mengungkapkan industri sepeda motor memiliki tantangan besar untuk terus berkembang memenuhi kebutuhan masyarakat sekaligus memberikan kontribusi untuk negara. Pertumbuhan berkelanjutan industri sepeda motor ini, memicu setiap produsen untuk terus melakukan inovasi dan mengembangkan teknologi kendaraan yang semakin ramah lingkungan, termasuk kendaraan listrik berbasis baterai, seperti yang menjadi arahan dan concern pemerintah saat ini.

Merek Sepeda Motor

IMOS 2022 diikuti sejumlah merek ternama dan berbagai brand sepeda motor listrik. Dari merek anggota AISI, hadir PT Astra Honda Motor, PT Kawasaki Motor Indonesia, PT Suzuki Indomobil Sales, dan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Merek lainnya adalah Benelli, Husqvarna, Italjet, Keeway, KTM, Royal Alloy, Royal Enfield, serta termasuk juga sepeda motor listrik Davigo, Energica, ION Mobility, NIU, Polytron, dan Treeletrik. Sementara Smartby EV Centre memamerkan U-Winfly, Volta, ECGO, BF Goodrich, Sunrace, Bravo, Goda dan I Moto.  

Selain itu ada berbagai industri pendukung seperti ban, spareparts, pelumas mesin, aksesoris seperti helm dan apparel, dan berbagai peralatan berkendara pendukung lainnya.

Peluncuran 8 Motor Baru

Tahun ini IMOS menjadi sakti dari inovasi produk dan teknologi sepeda motor terbaru. Sebanyak 8 sepeda motor diperkenalkan dan diluncurkan, termasuk di antaranya 4 sepeda motor listrik, yang menjadi magnet kehadiran 89.987 orang pengujung sepanjang lima hari penyelennggaraan pameran.

Sigit Kumala, menyatakan AISI selaku penyelenggara merasa sangat bangga atas pencapaian IMOS 2022. “Kami bersyukur dan senang sekali karena kembalinya IMOS 2022 mendapat sambutan yang sangat baik dari masyarakat. Kehadiran berhasil mendorong capaian transaksi yang nilainya mencapai lebih dari 100 miliar rupiah,” katanya.

Dengan keberhasilannya di tahun ini AISI meyakini IMOS akan terus menjadi ajang yang menunjukkan perkembangan dan pencapaian industri sepeda motor Indonesia di masa mendatang.

“IMOS akan terus berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat dan juga para peserta, seperti yang dicapai IMOS tahun ini. Kami harap penyelenggaraan IMOS berikutnya akan lebih semarak dengan inovasi dari para peserta dari industri sepeda motor Indonesia,” tutup Sigit.

Loading