Sukses

Motor Listrik Akan Disubsidi Rp6 Juta, Segini Perkiraan Harga Barunya

Otosia.com, Jakarta Industri otomotif di Indonesia sedang menuju era elektrifikasi. Banyak merek mobil maupun motor yang mulai memperkenalkan produk ramah lingkungan, mulai dari hybrid hingga full electric.

Khusus pasar roda dua, mayoritas motor listrik saat ini ditawarkan oleh merek-merek baru yang mempunyai paket penjualan menarik. Hal ini dilakukan untuk menarik daya minat konsumen agar lebih cepat bertransformasi.

Kendati demikian harga motor listrik saat ini masih cukup mahal, membuatnya kalah menarik dibanding motor konvensional. Apalagi bila dirunutkan dengan ekosistem kendaraan listrik yang belum cukup mumpuni di Indonesia.

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini

 

 

 

 

 

Subsidi Rp 6 juta

Untuk meningkatkan angka penjualan motor listrik di Indonesia, pemerintah akan menerapkan sistem subsidi atau insentif. Dengan demikian harga motor listrik bisa ditekan dan  menjadi pilihan yang menarik bagi masyarakat.

Menteri Koordinator Bidang Kementrian dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa subsidi untuk motor listrik saat ini masih dalam proses finalisasi. Angka subsidi harga yang ditetapkan bisa mencapai 6-6,5 juta.

“(Subsidi) sepeda motor kita sedang finalisasi, berapa juta kita mau kasih subsidi. Di Thailand mungkin 7 juta, kita mungkin di 6-6,5 juta. Kira-kira sekitar segitu,” tukas Luhut, seperti dikutip dari akun YouTube PermataBank, Kamis (1/12/2022).

 

Harga turun

Dengan adanya diskon harga sebesar Rp 6 juta, membeli motor listrik bisa menjadi pilihan yang lebih menarik.

Beberapa motor yang sebelumnya hampir menyentuh harga Rp 30 jutaan dan bersaing dengan Honda Vario 160, bisa turun menjadi Rp 24 jutaan atau kurang. Dengan demikian motor listrik tersebut kini bersaing dengan Honda Vario 125.

Berikut perkiraan harga motor listrik baru bila benar-benar mendapatkan potongan harga sampai Rp 6 juta:

1. Gesits

Gesits bisa dibilang sebagai salah satu motor listrik yang cukup populer di Indonesia. Motor dengan tampilan mirip Honda Vario ini mempunyai banyak keunggulan, seperti speedometer digital adaptive, rem cakram di depan-belakang dan lainnya.

Motor ini memiliki daya 6.7 hp dan torsi 30 Nm, serta bisa melaju hingga 70 km/jam dengan klaim jarak tempuh sejauh 50 km atau 100 km jika menggunakan dua baterai. Lama pengecasan sekitar 3-4 jam.

Mayoritas Gesits yang dijual di berbagai situs e-commerce menawarkan harga Rp 28-30 jutaan. Dengan adanya potongan harga Rp 6 juta, Gesits bisa dipinang dengan harga Rp 22-24 jutaan saja.

 

2. Davigo Space

Berikutnya adalah Davigo Space. Motor ini mempunyai desain khas model skutik Taiwan dengan teknologi pendingin internal Permanent Liquid Cooling System. Peranti ini diklaim membuat umur pakai lebih lama karena suhu motor terjaga.

Davigo Space sanggup menjelajah sejauh 120 km dalam sekali pengisian daya penuh. Jika dicas selama dua jam, motor ini dapat berjalan sejauh 60 km. Kecepatan maksimalnya mencapai 55 km/jam.

Motor ini dijual dalam status off the road seharga Rp 18,7 juta. Dengan adanya subsidi dari pemerintah, maka motor ini bisa dijual harga Rp 14 jutaan.

3. Polytron Fox-R

Merek elektronik rumah tangga Polytron juga ikut serta menjual motor listrik di Indonesia. Salah satu produk unggulannya adalah Polytron Fox-R yang ditampilkan pada gelaran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022 kemarin.

Fox-R dibekali berbagai fitur modern, seperti desain sporti, digital panel meter, dual disc brakes, posisi berkendara yang nyaman, bisa berjalan mundur, mempunyai jarak tempuh 130 km dan kecepatan maksimal 90 km/jam.

Skutik mirip Yamaha NMAX ini ditawarkan dengan harga Rp 18 juta. Artinya Polytron Fox-R bisa dijual dengan harga Rp 12 jutaan, setelah menerima subsidi harga dari pemerintah.

4. Alva One

Terakhir adalah Alva One. Motor listrik bergaya modern ini debut perdana pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Motor ini mempunyai banyak keunggulan, seperti adanya smart key, dual disc brakes, bisa berjalan mundur dan lainnya.

Alva One mengusung motor listrik dengan daya pacu sebesar 5.4 PS dan torsi puncak 46.5 Nm. Skutik bongsor ini diklaim bisa mencapai kecepatan maksimal 90 km/jam, dengan jarak tempuh sejauh 70 km dalam sekali pengecasan.

Motor listrik ini dijual dengan harga on the road Rp 34.990.000 untuk wilayah Jabodetabek. Harga tersebut bisa turun menjadi Rp 28 jutaan dengan adanya subsidi dari pemerintah.

Loading