Sukses

Suzuki Siapkan Motor Baru Tahun Ini, Tantang NMAX dan PCX?

Otosia.com, Jakarta PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pernah memajang skutik Burgman Street 125 di event tahunan Jakarta Fair Kemayoran (JFK) tahun 2019 lalu. Ketika itu kehadiran Burgman Street 125 CC untuk alasan keperluan survei pasar.

Jika motor Suzuki Burgman Street 125 hadir di Indonesia, maka pasar otomotif motor akan semakin menarik. Hal ini karena Suzuki Burgman Street 125 akan menyaingi motor skuter maxi lainnya, seperti Yamaha NMAX dan Honda PCX.

Suzuki Burgman Street 125 dikatakan bisa bersaing di banyak segmen. Karena dengan mesin 125cc dan bodi gambot Suzuki Burgman Street 125 dapat menjadi lawan bagi Yamaha Lexi dan Honda Vario.

Video Paling Dicari saat Ini

Bukan Burgman 125 tapi Avenis

Sebenarnya selepas Burgman Street 125 dipamerkan di JFK 2019, SIS pernah beberapa kali menyinggung soal Burgman yang akan menjadi pesaing Yamaha NMAX dan Honda PCX. Namun hingga tiga tahun berselang, Suzuki Burgman tidak pernah kunjung mendarat di Indonesia.

Alih-alih merilis Suzuki Burgman bermesin kecil, Suzuki Indonesia malah menyodorkan sekutik baru Avenis 125 yang dirilis Oktober tahun lalu dan dijual Rp 29 jutaan.

Untuk performa, Avenis 125 dipersenjatai teknologi mesin SEP (Suzuki Eco Performance) dengan kapasitas 125cc SOHC (Single Over Head Camshaft), 1 silinder – 2 katup, Fuel injection dan berpendingin udara yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 8,7 PS/6.750 rpm dan torsi sebesar 10 NM/5.500 rpm.

Motor Baru Suzuki 2023

Rupanya Suzuki sudah memberi kode akan ada motor baru di tahun 2023 setelah V-Strom SX 250 resmi diluncurkan dan dipasarkan. Suzuki V-Strom SX 250 sendiri pernah ditampilkan pada Indonesia Motorcycle Show (IMOS) pada November tahun lalu di JCC, Senayan, Jakarta.

Kabar adanya motor baru disampaikan Teuku Agha, 2W Sales & Marketing Department Head SIS. Menurut dia, motor baru tersebut akan dirilis setelah V-Strom SX 250 resmi dipasarkan. Namun Ia tidak menjawab ketika ditanya produk baru tersebut adalah Burgman 125. Teuku hanya mengatakan bahwa motor tersebut adalah produk global.

Suzuki Burgman? “Suzuki memiliki rencana dan mengusahakan untuk bisa memasarkan produk sepeda motor Suzuki yang masuk dalam model global agar menambah kelengkapan line-up produk global di Indonesia,” kata Teuku Agha.

“Momennya setelah V-Strom SX250 dipasarkan atau dijual tahun ini,” lanjutnya.

Suzuki Burgman 150

Sejauh ini di India hanya satu model Burgman bermesin 125cc. Namun pada pertengahan Juli tahun lalu, sketsa paten Burgman 150 sempet muncul di China  secara online. Megutip carblogindia.com. motor berkode HJ150T-28 dipatenkan dan sekaligus dibuat oleh Haojue Holdings Co., Ltd. (Haojue Holdings), China.

Sketsa tersebut memperlihatkan bahwa motor tersebut menbgambil gaya skuter Maxi Eropa. Seperti halnya Brugman, Namun bagian depan terlihat sangat mirip dengan Honda PCX 150.

Secara tampilan motor ini bisa menjadi peaing Honda PCX dan Yamaga NMAX. Desain lampu utama sudah single lamp dengan pencahayaan LED. Sementara ukuran sein terlihat minimalis.

Motor ini dilengkapi fitur engine start stop (ESS) dan rem cakram depan-belakang dengan system Antilock Braking System (ABS). Untuk suspensi, menggunakan garpu teleskopik di depan dan peredam kejut ganda di belakang.

Spesifikasi mesin masih belum diketahui. Kemungkinan besar adalah jantung pacu 150cc berpendingin udara yang menghasilkan tenaga 9,5 BHP dan torsi puncak 10,5 Nm. Untuk pasar India, kemungkinan Suzuki Burgman 150 menggunakan mesin 155cc turunan Gixxer.

Di India, mesin Gixxer mampu menghasilkan tenaga 14,8 BHP dan torsi puncak 14 Nm. Untuk menjaga efisiensi bahan bakar yang baik, angka tenaga dan torsi mungkin akan sedikit diturunkan.

Haojue

Sementara itu Haojue Holdings Co., Ltd. (Haojue Holdings) adalah perusahaan yang mengkhususkan diri dalam pembuatan sepeda motor di China.

Perusahaan ini mengoperasikan fasilitas manufaktur di Jiangmen di Provinsi Guangdong dan Changzhou di Provinsi Jiangsu.

Haojue dan Suzuki, dua merek sepeda motor yang dikembangkan oleh Haojue Holdings, telah mengalami pertumbuhan penjualan yang kuat di Cina dan diekspor ke lebih dari 80 negara, termasuk mengirim Suzuki Inazuma 250 ke Indonesia.

Loading