Sukses

Skutik Baru Yamaha Luncur Besok, New Grand Filano Hybrid?

Otosia.com, Jakarta PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dipastikan meluncurkan motor baru pada Selasa besok (17/1/2023) di Jakarta. Motor baru tersebut diduga kuat adalah matic bergaya klasik, Yamaha Filano.

Indikasi matic baru tersebut adalah Filano lantaran New Grand Filano 125 kabarnya sudah muai didistribusikan ke diler-diler resmi Yamaha sejak beberapa hari lalu, dan sempat terciduk sedang diangkut truk dari pbarik YIMM di Karawang.

Skutik bergaya retro ini sebenarnya sempat dipamerkan pada Jakarta Fair Kemayoran (JFK) tahun 2018 lalu.

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini

Meluncur dengan Unit Terbatas

Grand Filano sendiri pernah meluncur di event yang sama bulan Juni tahun 2015 lalu. Ketika itu unit CBU ini dijual terbatas 350 unit di Indonesia dan dibanderol dengan harga Rp 28 juta. Grand Filano mengusung teknologi Blue Core berkapasitas 125cc.

Saat itu Filano menawarkan warna new white, black mat titan, serta vivid red metallic. Namun di JFK hanya terlihat warna merah.

Filano meluncur pertama kali di Thailand di tahun 2014. Di tahun yang sama pun Nozza Grande yang merupakan motor tipe yang sama dengan Grand Filano (hanya berbeda nama saja), hadir di Vietnam.

Skutik bergaya elegan retro Eropa, diklaim irit BBM, eco friendly, bodinya lebih lebar dan riding position elegan enjoyable, dengan kapasitas bagasi 27 liter, serta dipasangkan model ban tubeless di depan dan belakang ukuran 110/70-12.

New Grand Filano Hybrid

Pada tahun 2021 lalu, Yamaha Thailand meluncurkan skuter matik terlaris mereka, New Grand Filano 2021. Motor matik yang memiliki garis desain mirip Vespa itu menggunakan powertrain hybrid.

New grand Filano Hybrid 2021 disebut akan menjadi motor Automatic Style Modern Classic yang akan booming. Sebab, lebih dari 10 tahun mengaspal di negeri Gajah Putih, Yamah sudah menjual lebih dari 500.000 unit Filano.

New Yamaha Grand Filano Hybrid 2021 menggunakan mesin Blue Core 125cc injeksi. Mesin ini dibekali dengan sistem pendingin yang lebih baik.

Selain itu, skutik hybrid ini juga dibekali dengan fitur kekinian. Seperti sistem one push start dengan mesin senyap saat awal dinyalakan.

Layar Warna TFT

Konsumsi bahan bakar yang lebih efisien dengan mesin Blue Core Hybrid. Sistem hybrid pada Filano baru ini memberikan dorongan pada saat awal motor dinyalakan.

Sistem pencahayaannya diklaim lebih terang dan lebih jernih dengan penggunaan lampu LED depan dan belakang. Kluster instrumen digital menggunakan layar warna TFT seperti yang dipakai pada mobil.

Filano hybrid juga dibekali dengan soket untuk pengisian daya handphone. Seperti Yamaha FreeGo yang dijual di Indonesia, tangki bahan bakar Filano juga ada di depan sehingga memudahkan saat pengisian.

Harga

Joknya lebih besar dengan kapasitas penyimpanan ruang bagasi yang lebih besar yakni 27 liter dilengkapi dengan lampu LED. Footboard juga lebar sehingga membuat nyaman pengendara.

Ada uda tipe Filano Hybrid yang dipasarkan di Thailand. Tipe ABS yang dibandrol seharga THB 63.100 atau setara dengan Rp 28 jutaan (Kurs THB 1 = Rp 444). Sedangkan tipe Standar dibandrol seharga THB 58.600 atau Rp 26 jutaan.

Bagaimana dengan harga di Indonesia? Diprediksi motor yang mengambil basis dari mesin Yamaha Fazzio ini kemungkinan besar dijual Rp 29-30 juta.

Loading