Sukses

Beda Rp 5 Jutaan, Pilih Yamaha Grand Filano atau Honda Scoopy?

Otosia.com, Jakarta PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) baru saja memanaskan segmen skutik di kelas 125cc dengan menghadirkan keluarga baru Classy Yamaha, Grand Filano Hybrid Connected. Motor ini hadir dalam dua varian, Neo yang dibanderol Rp 27 juta dan Lux Rp 27.5 juta. Sederet fitur dibenamkan pada skutik bergaya klasik ini.

Yamaha mencoba membanjiri skutik entry level dengan mesin 125cc. Melirik desainnya, Grand Filano sama dengan model yang lebih dulu ditawarkan pasar Thailand. Dengan embel-embel Hybrid-Connected bisa menjadi pilihan alternatif bagi peminat Fazzio yang sama-sama mengusung desain retro.

Yamaha Grand Filano bisa dikatakan mencoba merecoki kue manis yang tengah dinikmati Honda Scoopy. Dari sisi harga Scoopy masih lebih murah dibanding Grand Filano yang baru lahir.

Diabndingkan Grand Filano, Honda Scoopy lebih kaya pilihan. Untuk Scoopy Fashion dijual Rp 21.653.000, Scoopy Sporty Rp 21.653,000, Scoopy Prestige Rp 22.415.000, dan Scoopy Stylish Rp 22.415.000

Meski Yamaha punya Fino, tidak ada salahnya membandingkan Grand Filano dengan Honda Scoopy yang sama-sama bewajah klasik.

Video Paling Dicari saat Ini

Fitur

Dari sisi fitur, keduanya sudah dibekali kunci model keyless yang sama-sama dilengkapi fitur Answer Back System untuk memberikan sinyal agar motor tidak “tersesat” di parkiran.

Poket bagasi Scoopy punya dua kompartemen sedangkan Grand Filano hanya satu dengan desain mirip Fazzio. Keduanya dibekali colokan buat ngecas gadget. Untuk mengisi bensin, Scoopy perlu membuka jok, sedangkan Grand Filano pengisian bahan bakar terletak di kompartemen depan sebelah kiri.

Desain bodi kedua skutik ini sama-sama membulat. Dari depan, Grand Filano terlihat mirip Fazzio atau sekilas seperti model dari Vespa. Sedangkan Scoopy masih mepertahankan DNA model lama.

Tenaga

Lampu utama Grand Filano mengikuti arah setang berbelok. Sedangkan Scoopy head lamp Scoopy model pencahayaan statis. Spedometer Grand Filano sudah modern, sajian informasinya semua digital TFT, sementara Scoopy masih mepertahankan model analohg berpadu kluster berisi petunjuk model digital. Model stang Scoopy terbuka, sebaliknya Grand Filano tertutup, seperti punya Fazzio.

Mesin Scoopy mengandalkan teknologi esp dan Grand Filano menerapkan teknologi Blue Core. Masing- masing punya kelebihan mesin halus saat distarter. Hanya saja, Scoopy ditambahkan kick starter, tidak untuk Grand Fulano. Keduanya masih mengandalkan pendingin kipas dan udara untuk ssstem pendinginan.

Untuk performa, Grand Filano memiliki power 6,1 kW/6.500rpm dan torsi 10,4/5.000rpm dengan komposisi diameter dan langkah piston 52,4 x 52,9 mm. Sementara Scoopy menerapkan kombinasi diameter dan Langkah 47 x 63,1 mm, yang sanggup menghasilkan daya maksimum 6,6 kW (9 PS)/7.500 rpm dan torsi Maksimum 9,3 Nm (0,95 kgf.m) /5.500 rpm. Artinya, dari segi tenaga Scoopy unggul.

Konsumsi BBM

Konsumsi BBM Scoopy bisa mencapi 59 Km/liter. Bagaimana dengan Grand Filano? Sejauh ini belum diketahui seberapa irit Grand Filano. Namun lantaran mengambis basis mesin yang sama dengan Fazzio, bisa jadi konsumsi bahan bakarnya tidak jauh berbeda.

Sebagai gambaran, konsumsi BBM Fazzio bisa mencapai 58 km/liter. Namun bisa jadi Grand Filano lebih boros mengingat bobotnya lebih berat ketimbang Fazzio.

Selain itu kapasitas bagasi Grand Filano sebesar 27 liter dan Honda Scoopy 15,4 liter.  Wajar volume bagasi Yamaha Grand Filano lebih luas karena penempatan tangka BBMn di di bawah floordeck. berbeda dengan Honda Scoopy yang masih bersebelahan dengan bagasi.

Selisih Harga

Kedua skutik ini menggunakan pelek ukuran 12 inci. Namun untuk ban depan-belakang, Grand Filano menggunakan ukuran 110/70 dan Scoopy 100/90 di depan serta 110/90 untuk belakang.

Untuk pengereman, Scoopy sudah dilengkapi sistem combi brake, dan Grand Filano hanya smart lock system.

Walaupun bertampang retro dan cocok sebagai kendaraan harian, dari segi harga jelas Scoopy lebih murah. Untuk varian tertinggi Honda Scoopy dengan tipe teratas Grand Filano selisihnya Rp 5.085.000.

Lalu tipe termurah Honda Scoopy dan varian terbawah Grand Filano, perbedaannya lebih besar, yakni Rp 5.347.000. Jadi Yamaha Grand Filano lebih mahal Rp 5 jutaan dari Honda Scoopy. Untuk harian, mana yang paling sreg?

Loading