Sukses

Ini Penyebab Knalpot Motor Nembak Saat Melepas Gas

Otosia.com, Jakarta Knalpot merupakan komponen pada kendaraan yang digunakan sebagai saluran pembuangan dari hasil pembakaran. Ada beberapa fungsi dari knalpot yang masih belum banyak diketahui oleh orang sehingga menyebutkan sebagai sumber kebisingan.

Terkait saluran pembuangan, kita sering mendengar bunyi knalpot seperti suara petasan di jalan. Mungkin sebagian premotor pernah mendengar atau mengalami knalpot “nembak”, bikin panik memang. Terkadang pemilik motor dibuat bingung, apa penyebab sebenarnya.

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini

Busi

Gejala suara nembak dari knalpot ini biasanya terjadi setelah gas motor dilepas. Performa motor jadi terasa kurang akibat gejala nembak ini

Mengutip dari postingan akun Instagram @suzukimotorku, Rabu (18/1/2023), sebenarnya ada beberapa sebab knalpot nembak. Bisa juga disebabkan oleh knalpot itu sendiri, seperti bocor atau leher dan slider berkarat.

Namun bisa juga karena faktor busi yang menyebabkan knalpot nembak. Hal ini terjadi karena busi sudah tidak normal lagi. Umumnya bisa karena busi dalam keadaan tidak normal atau busi setengah mati, sehingga pengapian tidak normal.

Mengenai penyebab knalpot nembak, situs suzuki.co.id mengulasnya cukup lengkap. Situs tersebut menyebut beberapa penyebabnya, seperti:

Lupa Menutup Tutup Choke

Penyebab pertama mengapa knalpot nembak ketika melepas gas adalah karena bagian choke yang belum tertutup. Sebenarnya hal yang satu ini sangat sepele tetapi sering dilewatkan.

Ketika Anda membuka choke, jangan lupa untuk langsung menutupnya agar tidak mengalami masalah.

Saat tidak menutup choke, maka hal yang akan terjadi adalah knalpotnya berbunyi seperti terkena ledakan. Hal ini juga akan menyebabkan munculnya aliran deras dari bahan bakar sehingga menyebabkan keborosan.

Saluran Mesin Kendaraan dan Campuran Bahan Bakar

Sedangkan untuk penyebab lain mengapa knalpot nembak adalah karena terjadinya masalah pada bagian saluran mesin.

Hal ini biasa terjadi pada bagian selang udara. Jika normal maka tidak akan memunculkan suara berisik.  Saluran mesin ini sangat diperlukan saat proses pembakaran sehingga bisa menahan suara bising yang muncul.

Ada bagian lain yang juga harus dirawat kondisinya yaitu karburator agar performanya tetap baik. Jika tidak maka akan mengganggu kinerja dari komponen yang lainnya.

Selain itu factor lainnya, adalah adanya banyak campuran pada bahan bakar. Biasanya jumlah udara lebih banyak dibandingkan dengan bahan bakar.

Solusi Mengatasi Knalpot Nembak

Untuk mencegah knalpot nembak, sebaiknya mengecek kondisi knalpot. dan mengatur ulang bagian karburator dan pilot screw. Anda bisa menyesuaikannya dengan standar pada kendaraan.

Kedua adalah mengecek bagian busi motor apakah mengalami masalah atau tidak. Jika pada bagian busi mengalami masalah, bisa langsung diganti dengan busi yang baru.

Jika kedua cara di atas tidak bisa, maka Anda dapat menggunakan cara yang terakhir ini yaitu dengan melakukan penggantian filter udara.

Loading