Sukses

Seorang Cewek Nekat Menerobos Jalur Busway hingga Motornya Mogok, Jangan Ditiru daripada Apes dan Kena Hukuman Berat

Otosia.com, Jakarta Transjakarta atau busway menjadi moda transportasi andalan di ibu kota. Bus yang beroperasi memiliki jalur tersendiri yang terpisah dengan pengendara lainnya.

Sayangnya masih banyak pengendara yang nekat menerobosnya. Salah satunya seperti yang dilakukan cewek pengendara motor dalam video unggahan akun TikTok @.morangppd0416 pada 26 Mei 2023 lalu.

Awalnya bus Transjakarta tengah melaju pelan di jalurnya. Kala itu sopir tak bisa melaju kencang karena di depannya ada pengendara motor yang menerobos.

Video Terpopuler yang Wajib Kamu Tonton

Apes

Namun kala itu cewek yang menerobos jalur busway ketiban apes, motornya mogok. Beruntung ada seorang pria yang mau memberi bantuan.

Pria itu membantu mendorong motor tersebut dengan cara berlari. Sedangkan si cewek berlari di belakangnya mengikuti.

Karena berlari cukup jauh, si cewek terlihat kelelahan dan hampir terjatuh. Ia pun sempat berhenti dan berjalan sambil memegangi halte Transjakarta.

"Maaf ya mbak sampe oleng karna lari2 buat mass nya udh bantuin mass luarbiasa," tulisnya.

Aturan

Aksi cewek yang nekat menerobos jalur busway tak bisa dibenarkan. Melihat Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan ANgkutan Jalan, pengendara yang menerobos akan dikenai sanksi kurungan atau denda. Paling lama kurungan selama dua bulan, sedangkan sanksi denda mencapai Rp500 ribu.

Aturan terkait juga tercantum dalam pasal 2 ayat (7) Perda DKI Jakarta Nomor 8 Tahun 2007. Dalam pasal tersebut disebutkan bahwa kendaraan bermotor roda dua atau lebih dilarang untuk memasuki jalur TransJakarta.

"Kendaraan bermotor roda dua atau lebih dilarang memasuki busway."

Selanjutnya, pasal 61 ayat (3) Perda DKI Jakarta Nomor 8 Tahun 2007. Hukuman bagi pelanggar terdapat pada pasal 2 ayat (7).

Disebutkan bahwa pelanggar dapat dikenakan ancaman pidana kurungan paling lama 180 hari, serta denda paling sedikit Rp 5.000.000 atau paling banyak Rp 50.000.000.

Komentar Netizen

Video yang telah disukai lebih dari 1,6 ribu kali ini mendapatkan beragam komentar netizen. Banyak dari mereka yang kasihan tapi juga geram dengan si cewek.

"bisa bisa nya dirawamangun masuk jalur busway, padahal ga pernah macet macet bgt," tulis netizen

"kenapa ngak di naikan ke trotoar dulu sambil berhenti istirahat sambil nungu busway udah lewat baru turunkan lagi motornya," komentar Siapa Namaku

"cape nggak seberapa tapi malunya udah gitu ada cctv di belakang perih perih," ungkap arifortuna

"kasihan Emba nya 😂," jelas Hendara Wirawan

"kasian banget ceweknya," tulis jamur crispy

Video

@.morangppd0416 Motor mbak nya mogok di jalur busway #fyp #idolatiktok #busway #transjakartabusway ♬ suara asli - ᔄₐₙdá”ąâ‚™â‚â‚œâ‚ â‚›á”ąâ‚œá”€â‚˜â‚’á”Łâ‚â‚™g - Cap Jempol

 

Loading