Sukses

Viral Jukir Patok Parkir Motor Liar Rp10 Ribu, Sikapnya Arogan Sampai Nekat Usir Pengendara

Otosia.com, Jakarta Baru-baru ini seorang pria yang merupakan juru parkir (jukir) liar membuat geram netizen. Pasalnya ia bertingkah arogan kepada pengendara yang parkir di Family Mart, seberang Senayan City, Jakarta.

Video yang memerlihatkan aksi arogan tersebut diunggah oleh akun TikTok @rapapa_vid pada Selasa (13/6/2023). "Tukang parkir preman di depan Family Mart, sebrang Senayan City," tulis pemilik akun.

Perekam video pun begitu kesal kepada jukir bertopi itu. Pasalnya satu motor dikenai tarif Rp10 ribu, meskipun hanya parkir sebentar di tempat tersebut.

Video Terpopuler yang Wajib Kamu Tonton

Diusir

Sikapnya pun tergolong arogan kepada perekam video. Karena tak mau membayar tarif yang dibebankan, jukir tadi pun mengambalikan uang Rp5 ribu dan langsung mengusir.

"Viral Jukir Patok Parkir Motor Liar Rp10 Ribu, Kalau Tak Mau Bayar Langsung Diusir," tulis pemilik akun.

Seorang ibu yang merekam video memarahi jukir liar tersebut. "Jangan bikin aturan sembarangan, semua ada aturannya. Jangan pungli ya, jangan meres, semua orang berhak parkir, selama tempatnya betul, boleh," katanya.

Namun jukir tadi malah semakin tak terima. Ia terlihat membela diri, hanya saja perkataannya tak terlalu terdengar jelas. Pastinya ia mengusir ibu dan pria yang merekam video.

"Sudah salah jangan ngeyel," katanya.

"Jelas ada pelanggaran Pergub Prov. DKI tentang perparkiran. Pengusiran pengunjung yg protes tarif parkir Rp10.000 sdh tidak bisa ditoleransi. Sudah banyaj korbannya ternyata, tapi baru kali ini ada yg memvideokan aksi yg bersangkutan dan anak buahnya," tulis pemilik akun.

Ditangkap Polisi

Usai video ini viral, berdasarkan informasi polisi telah bergerak cepat dengan mengamankan jukir tersebut.

"Baru saja kita amankan (juru parkir) AM (39) ya. Saat ini sudah di polsek," kata Kapolsek Metro Tanah Abang Kompol Patar Mula Bona saat dikonfirmasi, Selasa 13 Juni 2023 dikutip dari Merdeka.com.

Saat ini, pria berinisial AM itu tengah dimintai keterangan polisi terkait viral tarif parkir di media sosial. Termasuk persoalan pihak yang mengelola parkir tersebut.

"Sendiri, untuk pengurus di lokasi sedang kita minta untuk datang memberikan keterangan," kata Patar.

Kepada masyarakat, polisi mengimbau agar tidak segan melaporkan apabila ada dugaan pemerasan seperti kasus parkir liar viral di media sosial.

"Masyarakat diharapkan agar melaporkan ke polisi jika ada hal tersebut terjadi lagi," ujar dia.

Komentar Netizen

Video viral yang telah disukai lebih dari 21 ribu kali ini mendapatkan beragam komentar netizen. Banyak dari mereka yang geram dan menceritakan pengalaman serupa saat dipalak jukir ilegal.

"mo jd sultan 10rb per motor πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚," tulis kamu lucu

"Tapi emang kaco sih parkiran di jakarta sekarang, diblok m parkir 20ribu😭😭😭," jelas MaminyaLecy

"udah lamaaaa ituuuuuuuuu itu emang , Kayanyw dari jamannya sebelom sevel dah.. tapi karna ga pernah ada yg up ajaaa," komentar prilli novandramart

"gw beli mkan diwarteg pdhal bntr doang di bungkus, pas selesai di minta parkir, bsok udh aja parkir di tukang fotokopi jadi gk bayarπŸ˜‚ dia ngliatin gw," ungkap langit

"1 motor 10k 😳😳 gaji PNS kalah 😌😌," tulis Phe-Dhe

Video

@rapapa_vid

Tukang parkir di area parkir Family Mart, sebrang Senayan City, memaksakan tarif Rp10.000 utk 1 motor. Meskipun parkir cuma sebentar. Sikapnya arogan, uang Rp5000 dikembalikan dgn lagak meremehkan. Wajahnya berubah cengengesan setelah tau direkam video. Tapi tetao saja dia mengusir dan suruh cari parkir motor di tempat lain. Aksi premanisme dgn memaksa bayar tarif parkir seenaknya sendiri, bersikap seolah sbg pemilik lahan parkir, dan mengusir pengunjung Utk cari tempat parkir lain, tdk boleh dibiarkan. Jelas ada pelanggaran Pergub Prov. DKI tentang perparkiran. Pengusiran pengunjung yg protes tarif parkir Rp10.000 sdh tidak bisa ditoleransi. Sudah banyaj korbannya ternyata, tapi baru kali ini ada yg memvideokan aksi yg bersangkutan dan anak buahnya.

♬ original sound - Rapapa

Β 

Loading