HOME » OTOSELEB » BOCORAN INFO, BAKAL BANYAK SUV KECIL BARU DARI MITSUBISHI-RENAULT-NISSAN

Bocoran Info, Bakal Banyak SUV Kecil Baru dari Mitsubishi-Renault-Nissan

Aliansi Mitsubishi-Renault-Nissan akan meluncurkan mobil baru, lebih tepatnya jenis mini-SUV

Kamis, 24 Oktober 2019 15:45 Editor : Ahmad Muzaki
Bocoran Info, Bakal Banyak SUV Kecil Baru dari Mitsubishi-Renault-Nissan
MI-TECH CONCEPT (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Mitsubishi-Renault-Nissan sebagai aliansi akan bergerak menelurkan berbagai jenis kendaraan baru bersama-sama. Satu bocoran yang diutarakan adalah SUV.

Lebih tepatnya adalah mini-SUV, apalagi Mitsubishi sebagai brand Jepang sudah merasakan bagaimana tingginya serapan kendaraan kecil perkotaan alias kei car di negerinya sendiri dan sejumlah negara seperti juga di Indonesia.

Tak ayal, kei car berdaya listrik atau memanfaatkan listrik sebagai sumber daya yang murah atau setidaknya lebih murah dari bahan bakar minyak menjadi menarik di pasaran otomotif.

"Industri mengalami perubahan revolusioner yang tidak pernah terjadi sebelumnya. Kami merespon perubahan itu dengan memanfaatkan aliansi Mitsubishi-Renault-Nissan. Satu dari kekuatan kami adalah keahlian dalam mengembangkan kendaraan-kendaraan listrik termasuk kendaraan listrik plugin hybrid atau PHEV, " kata COO Mitsubishi Motors Corporation (MMC) Ashwani Gupta.

1 dari 2 Halaman

Mobil PHEV Mitsubishi

Bocoran Info, Bakal Banyak SUV Kecil Baru dari Mitsubishi-Renault-NissanMobil PHEV Mitsubishi

Saat ini sendiri, Outlander PHEV memcatat angka penjualan tertinggi di dunia untuk kendaraan SUV plugin hybrid.

"Outlander PHEV adalah yang terlaris di dunia untuk segmen SUV. Kami telah menjual total kumulatif sekitar 220.000 unit di lebih dari 60 negara, dan ini adalah mobil terlaris nomor satu di 18 negara termasuk Jepang untuk kategori SUV," lanjutnya.

Outlander PHEV berada dalam penjualan teratas di kategori hybrid plug-in di seluruh Eropa selama empat tahun berturut-turut sejak 2015 dan No. 1 di Inggris, Norwegia dan Spanyol.

"Secara khusus selain teknologi PHEV, kita akan memanfaatkan berbagai teknologi elektrifikasi seperti baterai EV dan sistem hibrida pengembangan aliansi. Lebih khusus lagi, kami berencana untuk memperkenalkan SUV ukuran menengah dan SUV kompak baru yang menggunakan salah satu dari teknologi ini pada tahun 2022 dan juga mobil Kei dalam waktu dekat," ujarnya.

2 dari 2 Halaman

Keseriusan Pengembangan

Bocoran Info, Bakal Banyak SUV Kecil Baru dari Mitsubishi-Renault-NissanKeseriusan Pengembangan

Otosia yang berkesempatan mengunjungi Jepang dalam gelaran Tokyo Motor Show 2019 melihat sendiri keseriusan Mitsubishi dalam rencana tersebut.

Mereka memperkenalkan konsep small-size PHEV SUV dengan alasan bahwa segmen small hingga compact, all elektric atau baterai dinilai paling ideal sebagai alat transportasi kota yang memang untuk menempuh jarak terbatas.

"Meski begitu, dengan berkembangnya pemahaman soal isu lingkungan, pengembangan PHEV mendapat tantangan karena beberapa komponen yang memmang tak bisa diperkecil termasuk dari layoutnya," tambahnya.

Hal ini yang membuat mereka berkesempatan mengembangkan mobil konsep dengan model PHEV yang lebih ringan dan mesin lebih compact.

Contoh menarik yang dipamerkan adalah MI-TECH CONCEPT. Ini merupakan kendaraan SUV plug-in kecil dengan sebuah generator turbin gas yang ringan.

Turbin gas ini dapat berjalan tidak hanya dengan bensin, tetapi juga dengan beberapa bahan bakar seperti solar, minyak tanah, dan alkohol, yang dapat dipilih tergantung daerahnya.

BERI KOMENTAR