HOME » OTOSELEB » CARA AMAN MENGGUNAKAN FITUR CRUISE CONTROL

Cara Aman Menggunakan Fitur Cruise Control

Fungsi utama cruise control, menjaga laju kendaraan dalam kecepatan yang diinginkan, tanpa perlu menekan pedal gas.

Senin, 17 Juni 2019 22:15 Editor : Ahmad Muzaki
Klik tombol < > untuk halaman berikutnya
   
Cara Aman Menggunakan Fitur Cruise Control
Fitur cruise control (Oto.com)

OTOSIA.COM - Fitur cruise control sekarang sudah bukan barang mewah. Sudah banyak mobil Rp200 jutaan yang telah dilengkapi dengan fitur ini seperti, Xpander Ultimate dan Honda Jazz RS. Bisa saja teknologi ini akan disematkan ke mobil-mobil murah. Hal ini lantaran cukup pentingnya cruise control untuk berpergian jauh.

Fungsi utama cruise control, menjaga laju kendaraan dalam kecepatan yang diinginkan, tanpa perlu menekan pedal gas. ECU memiliki fungsi tambahan untuk terus memonitor dan mengatur kecepatan, sesuai keinginan pengemudi. Kecepatan pun menyesuaikan kontur jalan. Bila ditetapkan 100 km/jam, baik dalam keadaan menanjak atau menurun, dijaga agar kecepatannya konstan.

Namun, banyak pengemudi awam tidak mengetahui cara kerja atau cara mengaktifkan fitur ini. Pasti ada juga pemilik mobil ber-cruise control belum pernah menggunakannya sama sekali. Padahal, jika Anda paham kegunaannya, niscaya rasa nyaman berkendara bakal bertambah. Khususnya saat perjalanan jauh lewat tol Trans Jawa dan Trans Sumatra. Kaki Anda dapat terbebas dari rasa lelah. Asalkan, tahu langkah tepat serta aman mengoperasikannya.

(kpl/ahm)

BERI KOMENTAR