HOME » OTOSELEB » DERETAN MOBIL TERBAIK DI KELASNYA VERSI EURO NCAP, CUMA ADA SATU MEREK JEPANG

Deretan Mobil Terbaik di Kelasnya Versi Euro NCAP, Cuma Ada Satu Merek Jepang

Euro NCAP merilis daftar mobil terbaik di kelasnya. Mobil dengan predikat Best in Class itu didapatkan dari hasil pengujian.

Rabu, 08 Januari 2020 20:15 Editor : Dini Arining Tyas
Deretan Mobil Terbaik di Kelasnya Versi Euro NCAP, Cuma Ada Satu Merek Jepang
Uji tabrak BMW 3-Series (Euro NCAP)

OTOSIA.COM - Euro New Car Assessment Programme (NCAP) sudah menguji 55 mobil baru yang masuk ke Eropa sepanjang 2019. Sebanyak 41 mobil diantaranya mendapatkan rating bagus.

Capaian pada tahun 2019 ini menjadi rekor tersendiri bagi Euro NCAP, sejak memulai pengujian keselamatan mobil di pasar Eropa.

Mobil-mobil yang diuji oleh Euro NCAP mendaptkan rating berupa bintang. Kategori bintang itu mulai 1-bintang hingga 5-bintang, dengan prinsip semakin banyak bintang maka akan semakin aman.

Puluhan mobil itu dikategorikan sesuai dengan segmen mereka. Mulai dari mobil konvensional, hybrid, hingga listrik. Hari ini, Rabu (8/1/2020), Euro NCAP merilis deretan mobil terbaik sepanjang tahun 2019 di masing-masing segmen.

Mobil dengan predikat Best in Class itu ditentukan berdasarkan total skor dari hasil pengujian, Seperti perlindungan penumpang, perlindungan pejalan kaki, dan safety assist. Berikut daftarnya:

1 dari 6 Halaman

Large Family Car

Deretan Mobil Terbaik di Kelasnya Versi Euro NCAP, Cuma Ada Satu Merek JepangLarge Family Car

Tesla Model 3 dan BMW 3-Series menjadi mobil terbaik di kelas ini. Seperti diketahui, kehadiran Tesla memang sangat impresif pada 2019. Kedua mobil ini mendaptka rating 5-bintang.

BMW sendiri mendapatkan poin terbaik untuk perlindungan pejalan kaki. Sedangkan Tesla menang pada sisi Safety Assist.

2 dari 6 Halaman

Large Off-Road

Deretan Mobil Terbaik di Kelasnya Versi Euro NCAP, Cuma Ada Satu Merek JepangLarge Off-Road

Pada kelas ini, Tesla Model X menjadi juaranya. Tesla Model X mendapatkan rating 5-bintang dengan perlindungan penumpang dewaasa 98 persen, penumpang anak-anak 81 persen, perlindungan pejalan kaki 72 persen, dan safety assist 92 persen.

3 dari 6 Halaman

Small Family Car

Deretan Mobil Terbaik di Kelasnya Versi Euro NCAP, Cuma Ada Satu Merek JepangSmall Family Car

Mercedes-Benz CLA dengan rating 5-bintang menjadi yang terbaik di kelas Small Family Car. Nilai sempurna itu didapatkan dari hasil perlindungan penumpang dewasa 96 persen, penumpang anak-anak 91 persen, pejalan kaki 91 persen, dan safety assist 75 persen.

4 dari 6 Halaman

Small Off-Road/MPV

Deretan Mobil Terbaik di Kelasnya Versi Euro NCAP, Cuma Ada Satu Merek JepangSmall Off-Road/MPV

Kali ini merek Jepang juga bisa bersaing dengan merek-merek Eropa yang merupakan tuan rumah. Subaru Forester menjadi yang terbaik di segmen ini dengan ratin 5-bintang.

Perlindungan penumpang dewasa 97 persen, penumpang anak-anak 91 persen, perlindungan pejalan kaki 80 persen, dan safety assist 78 persen.

5 dari 6 Halaman

Supermini

Deretan Mobil Terbaik di Kelasnya Versi Euro NCAP, Cuma Ada Satu Merek JepangSupermini

Pada segmen supermini, Renault Clio menjadi yang terbaik dengan ratin 5-bintang. Mobil ini memberikan perlindungan penumpang dewasa 96 persen, penumpang anak-anak 89 persen, perlindungan pejalan kaki 72 peren, dan safety assist 75 persen.

Selain Renault clio, Audi A1 juga menjadi yang terbaik di segmen supermini dengan rating 5-bintang. Audi A1 memberikan perlindungan penumpang dewasa 95 peren, perlindugan penumpang anak-anak 85 persen, perlindungan pejalan kaki 73 persen, dan safety assist 80 persen.

6 dari 6 Halaman

Hybrid & Electric

Deretan Mobil Terbaik di Kelasnya Versi Euro NCAP, Cuma Ada Satu Merek JepangHybrid & Electric

Nama Tesla sebagai produsen mobil listrik tampaknya tak perlu diragukan dari sisi keselamatan. Tesla Model 3, selain menjadi yang terbaik di kelas Large Family Car, juga menjadi yang terbaik di segmen Hybrid & Electric.

Tesla Model 3 memberikan perlindungan penumpang dewasa 96 persen, perlindungan penumpang anak-anak 86 persen, perlindungan pejalan kaki 74 persen, dan safety assist 94 persen.

BERI KOMENTAR